Menu Makan Enak Bareng 10 Orang dengan Bujet Rp 100 Ribu? Ada Kok!

3 menit
Menu Makan Enak

Cuma punya bujet Rp 100 ribu, tapi mau ngajak 10 orang buat makan enak? Bisa banget pastinya. Tapi bukan traktir di restoran ya.

Sebenarnya bisa sih traktir 10 orang dengan Rp 100 ribu kalau dibawa ke warteg. Tapi pilihan makannya tentu gak boleh lebih dari Rp 10 ribu per orang. Nah lho, mau makan apa coba? Paling cuma dapat dua pilihan sayur.

Tapi dengan membelanjakan Rp 100 ribu untuk bahan makanan di pasar dan masak sendiri, bakal muncul menu makan enak yang cukup buat 10 orang. Masak sih? Iya!

[Baca: Makan di Warteg Atau Bekal Makanan Rumah Lebih Murah Mana Ya]

Katakanlah untuk bumbu masak, kamu sudah punya stok lengkap di dapur, mulai dari cabai, gula, garam, sampai ketumbar. Nah, ini nih menu makan enak yang bisa kamu sulap dari duit Rp 100 ribu:

1. Beras putih dua liter

Kalau bujetnya cuma Rp 100 ribu, jangan beli beras organik ya, karena harganya sampai Rp 72 ribu. Beli saja beras biasa dua liter yang harganya Rp 25 ribu. Beras sebanyak itu masih bisa kok untuk makan 10 orang.

menu makan enak
Ingat ya, berasnya cukup dua liter saja, jangan satu gudang hehehe (Beras Putih / jabarekspres)

Harga: Rp 25 ribu

2. Telur 16 butir

Agar masakanmu jadi kaya protein, maka jangan lupa beli telur satu kilogram atau 16 butir. Harga telur satu kilogram di pasar per Oktober 2017 berada di angka Rp 22 ribu. Dengan bahan makanan yang satu ini, maka kamu bisa membuat variasi menu seperti:

a. Telur pindang balado

Menu telur yang pedas dan menggugah selera ini butuh tambahan cabai merah, satu buah tomat, dan beberapa siung bawang putih sebagai bumbunya. Rebus dulu telurnya, lalu kupas dari kulit. Kemudian, buat bumbunya, dan masukkan telur rebus disertai tambahan garam dan gula.

b. Semur telur

Kalau mau variasi yang manis, buat saja semur telur. Kamu butuh bawang putih, merah, kemiri, kecap, dan garam. Cara membuatnya pun hampir mirip dengan telur balado. Intinya harus direbus dulu dan dimasak dengan bumbunya.

c. Telur dadar

Nah ini yang paling sederhana dan paling mudah masaknya. Kamu juga bisa kreasikan telur dadar dengan tambahan cabai, keju, atau irisan tahu.

Harga: Rp 22.000

3. Tempe

Dengan uang Rp 7 ribu saja, kamu sudah bisa beli tempe mentah sepanjang 25 cm. Lumayan dong, tempe juga kaya akan protein dan bisa dimasak sesuai selera. Kamu bisa bikin varian tempe berikut ini:

menu makan enak
Siapa sih yang gak suka tempe, makanan khas Indonesia nih, wajib ada dong! (Tempe / liputan6)

a. Orek tempe pedas manis

Siapkan cabai merah, bawah putih, kecap, dan garam secukupnya. Potong tempenya dalam bentuk dadu, goreng setengah matang, dan angkat. Tumis dulu bumbunya, setelah itu masukkan tempe ke dalam bumbu, dan masak deh sampai matang.

b. Tempe goreng

Kalau gak mau repot-repot, potong saja tempenya, lalu siapkan bumbu dari bawang putih dan garam. Goreng sampai matang dan sajikan.

Harga: Rp 7 ribu

[Baca: Stop Borosin Uang untuk Jajan Makanan yang Gampang Dimasak Sendiri Ini Deh]

4. Wortel 500 gram, buncis setengah kilogram, dan kembang kol

Menu makan enak ga akan lengkap tanpa sayuran. Beli aja wortel, buncis, dan kembang kol. Wortel 500 gram harganya cuma Rp 5 ribu perak dan buncis setengah kilogram seharga Rp 19 ribu. Sedangkan, kembang kol satu pohon harganya Rp 7 ribu.

Dari dua sayuran ini kamu bisa bikin sayur sop. Dan sayur sop itu juga masih bisa ditambahkan variasi lain biar makin lezat. Mau tahu tambahannya? Silahkan baca poin selanjutnya.

Harga: Rp 22 ribu

5. Bakso

Gak usah beli banyak-banyak, beli aja bakso spesial sembilan butir yang harganya Rp 10 ribu. Bakso bakal jadi tambahan yang pas untuk sop buatanmu.

Harga: Rp 10 ribu

menu makan enak
Bakso bulat seperti bola ping pong, kalau lewat membuat perut kosong! (Bakso / tokomesin)

6. Dada ayam 250 gram

Dada ayam 250 gram bisa kamu dapat dengan harga Rp 10 ribu. Dada ayam juga bisa jadi pelengkap di sayur sop yang kamu buat. Potong dada ayam kecil-kecil dan campurkan dalam sop.

Harga: Rp 10 ribu

Itulah tadi bahan makan dan menu makan enak yang bisa kamu buat untuk 10 orang dengan uang Rp 100 ribu saja. Kalau ditotal, semuanya jadi Rp 96 ribu. Masih ada sisa Rp 4 ribu lagi, artinya masih ada sisa buat beli tambahan bahan makanan.

[Baca: Lebih Baik Masak Makanan Sendiri di Rumah atau Beli Mana yang Lebih Hemat]

Gak bingung lagi kan kalau mau ngajak makan enak dengan Rp 100 ribu? Intinya masak sendiri aja deh, gak usah beli-beli di luar. Repot dikit gak masalah dong demi acara makan-makan yang murah meriah.

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.