Nikmat dan Mudah, Ini 20 Menu Sahur Praktis untuk Sebulan Berpuasa!

6 menit
Menu sahur praktis untuk sebulan
20 menu sahur praktis untuk sebulan puasa (Shutterstock)

Membuat 20 menu sahur praktis untuk sebulan berpuasa bisa menjadi solusi saat bingung menyiapkan makanan untuk disantap saat sahur karena waktu yang terbatas.

Berikut, 20 menu-menunya yang dijamin akan membuat kamu ketagihan:

1. Rendang sapi

Menu sahur praktis untuk sebulan
Rendang sapi menu sahur praktis untuk sebulan (Shutterstock)

Menu sahur praktis untuk sebulan yang pertama adalah, rendang sapi. Rasanya yang kaya rempah dan gurih membuat rendang sapi sangat cocok kamu hidangkan sebagai menu sahur. Jangan lupa disantap bersama sambal ijo, dan nasi hangat.

Daya tahan makanan asal Padang ini terbilang cukup kuat untuk disimpan di kulkas. Jadi, kamu gak perlu takut makanannya bakal basi atau jamuran ya!

Baca juga: 20 Menu Buka Puasa dan Sahur yang Menggoyang Lidah di Bulan Ramadan

2. Nasi goreng ayam

Menu sahur praktis untuk sebulan
Nasi goreng ayam menu sahur praktis untuk sebulan (Shutterstock)

Siapa sih yang gak suka nasi goreng? Menu makanan paling sederhana dan lezat ini wajib kamu hidangkan di meja makan paling gak 1 kali dalam sebulan.  

Tambahkan suwiran daging dada ayam serta sedikit sayur untuk menambah gizi ke tubuh. Kalau lagi bosan, kamu bisa mengganti isian daging ayam dengan daging kambing atau sapi.

Baca juga: Susahnya Puasa di Negeri Orang, 6 Artis Ini Harus Tahan Lapar dan Haus Sampai 20 Jam!

3. Soto kudus

Menu sahur praktis untuk sebulan
Soto kudus menu sahur praktis untuk sebulan (Shutterstock)

Makanan selanjutnya yang bisa dicoba adalah, soto kudus. Sesuai namanya, makanan asal daerah Kudus, Jawa Tengah ini punya rasa yang khas ketika sampai di mulut.

Perpaduan kuah bening dan segarnya perasan jeruk nipis membuat menu yang satu ini bisa cocok jadi referensi menu sahur kamu.

Kandungan sayur seperti tauge, bawang putih dan daun seledri yang ada di dalamnya mampu membantu memenuhi nutrisi serta vitamin dalam tubuh seama berpuasa.

4.  Ayam goreng mentega

Menu sahur praktis untuk sebulan
Ayam goreng mentega menu sahur praktis untuk sebulan (Shutterstock)

Ayam goreng mentega jadi menu sahur praktis keempat selama sebulan berpuasa. Gak perlu setiap hari membuat makanan yang satu ini, cukup dua atau tiga kali selama sebulan. Pasalnya, kalau keseringan bisa bikin kantong jebol.

Baiknya imbangi makanan ini dengan menu sayur seperti brokoli atau bayam sebagai penetralisir kandungan lemak dalam mentega.

5.  Orek tempe

Menu sahur praktis untuk sebulan
Orek tempe menu sahur praktis untuk sebulan (Shutterstock)

Untuk menu kedelai bisa membuat orek tempe sebagai hidangan saat sahur. Tambahkan kol dan wortel ketika menumisnya, agar makin sehat menjalani ibadah puasa.

Sebetulnya sajian ini lebih cocok dikonsumsi sebagai menu pelengkap bersama menu utama lainnya seperti daging ayam atau sapi.

6.   Sayur bayam

Menu sahur praktis untuk sebulan
Sayur bayam menu sahur praktis untuk sebulan (Shutterstock)

Sayur bayam menjadi menu makanan paling umum ditemukan di mana pun berada. Kalau lagi malas bikin sendiri di rumah, malamnya beli dulu ke warteg terdekat. Tinggal dihangatin deh pas sahur!

7. Sop buntut

Menu sahur praktis untuk sebulan
Sop buntut menu sahur praktis untuk sebulan (Shutterstock)

Buat pencinta daging sapi, bisa mencoba sop buntut sebagai menu sahur praktis untuk sebulan ke depan. Yang suka mengonsumsinya bersama kerupuk emping sebaiknya batasi jumlahnya, karena kurang baik untuk kesehatan.

8. Sate ayam

Menu sahur praktis untuk sebulan
Sate ayam menu sahur praktis untuk sebulan (Shutterstock)

Kombinasi antara sate ayam dan bumbu kacang yang lezat bikin menu sahur kamu jadi gak boring lagi. Tinggal pilih mau dimakan bersama lontong atau nasi putih hangat.

Agar rasanya semasih enak, usahakan membelinya semalam mungkin. Sehingga, ketika sahur tekstur daginya masih enak untuk dimakan.

9.  Sayur asem

Menu sahur praktis untuk sebulan
Sayur asem menu sahur praktis untuk sebulan (Shutterstock)

Menu yang sering ditemukan di restoran Sunda atau warteg ini mengandung banyak sayur yang baik untuk menjalani puasa selama seharian penuh.

Nutrisi yang ada pada kacang panjang, kacang tanah, labu siam dan jagung sangat baik memenuhi kebutuhan karbohidrat dan serat harian kamu.

10.   Ayam bakar madu

Menu sahur praktis untuk sebulan
Ayam bakar madu menu sahur praktis untuk sebulan (Shutterstock)

Kalau bosan dengan bahan dasar kecap, kamu bisa menambahkan madu di menu ayam bakar saat sahur. Rasa manis yang lebih alami bikin cita rasa ayam menjadi lebih kaya dari yang biasanya.

Untuk menyeimbangkan rasa manisnya, kamu bisa menambahkan sambal dan lalapan di sampingnya.

11.   Tumis tauge

Menu sahur praktis untuk sebulan
Tumis tauge menu sahur praktis untuk sebulan (Shutterstock)

Untuk kaum laki-laki, kamu wajib makan tumis tauge sesering mungkin supaya tingkat kesuburan semakin meningkat.

Selain baik untuk hormon, tauge juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh, memelihara kesehatan jantung dan mencegah kanker. Tambahkan tahu agar tekstur makanannya menjadi lebih kaya.

12.   Udang goreng tepung

Menu sahur praktis untuk sebulan
Udang goreng tepung menu sahur praktis untuk sebulan (Shutterstock)

Hidangan laut menjadi referensi berikutnya yang bisa dicoba jadi menu sahur praktis untuk sebulan berpuasa.

Sebelum tidur di malam hari, siapkan dulu bahan-bahan yang diperlukan supaya ketika bangun pagi tinggal menggorengnya saja. Mudah, kan?

13.   Sup kimlo

Menu sahur praktis untuk sebulan
Sup kimlo menu sahur praktis untuk sebulan (Shutterstock)

Sup kimlo atau sup timlo memiliki daya tahan yang cukup baik untuk dijadikan menu sahur kamu.

Kuah bening yang gurih serta sayur dan daging dijamin bikin kamu ketagihan mengonsumsi makanan yang satu ini.

14.   Nasi goreng putih

Menu sahur praktis untuk sebulan
Nasi goreng putih menu sahur praktis untuk sebulan (Shutterstock)

Pernah denger makanan yang satu ini? Mungkin gak semua orang familiar sama nasi goreng putih sebab nasi goreng identik dengan kecap.

Meski gak menggunakan kecap, rasanya boleh diadu lho sama nasi goreng ayam. Gak percaya? Coba saja bikin sendiri di rumah!

15.   Pecel Madiun

Menu sahur praktis untuk sebulan
Pecel Madiun menu sahur praktis untuk sebulan (Shutterstock)

Buat yang gak mengonsumsi daging untuk menu sahurnya bisa mencoba pecel madiun jadi menu sahur praktis untuk sebulan.

Ketika membeli pisahkan antara sayur dengan bumbu kacangnya agar makanan bisa tahan lebih lama.

16.   Cah kangkung

Menu sahur praktis untuk sebulan
Cah kangkung menu sahur praktis untuk sebulan (Shutterstock)

Untuk membuatnya gak perlu waktu berjam-jam cukup sekitar 15 menitan aja buat meracik cah kangkung.

Bahan-bahan yang digunakan juga cukup sederhana seperti bawang merah, bawang putih, penyedap rasa dan tentu sayur kangkungnya itu sendiri.

17.   Sup buah

Menu sahur praktis untuk sebulan
Sup buah menu sahur praktis untuk sebulan (Shutterstock)

Di samping makanan berat, kamu juga bisa menyajikan sayur-sayuran di meja makan. Kalau pengin tampilannya lebih menarik bisa membuat sup buah.

Beberapa buah yang wajib dicampurkan adalah alpukat, jeruk, melon, pepaya dan buah naga tentunya untuk memberikan warna merah yang menggoda.

18.   Telur balado

Menu sahur praktis untuk sebulan
Telur balado menu sahur praktis untuk sebulan (Shutterstock)

Selama berpuasa kamu butuh asupan protein yang cukup untuk tubuh. Salah satu sumber protein yang paling mudah didapatkan ialah dari telur.

Dimasak dengan cara balado membuat telur jadi lebih nikmat disantap bersama orek tempe dan nasi putih.

19.   Kikil sapi

Menu sahur praktis untuk sebulan
Kikil sapi menu sahur praktis untuk sebulan (Shutterstock)

Menu sahur praktis untuk sebulan selanjutnya ada kikil sapi. Teksturnya yang kenyal dan lezat membuat menu ini patut disajikan paling gak sekali dalam sebulan.

Patut diwaspadai untuk jangan mengonsumsi menu ini terlalu sering karena kandungan kolesterol dan lemak yang tinggi dalam kikil.

20.   Salad sayur

Menu sahur praktis untuk sebulan
Salad sayur menu sahur praktis untuk sebulan (Shutterstock)

Yang terakhir ada salad sayur. Menu ini sangat mudah untuk dibuat ketika sahur, tinggal campurkan berbagai macam sayur seperti selada, wortel, kol, jagung dan tambahkan saus mayonese serta saus thousand island. Jadilah salad sayur yang sehat dan nikmat.

Itulah 20 menu sahur praktis untuk sebulan yang bisa kamu coba di bulan Ramadan. Semoga ibadah kita semua bisa berjalan dengan lancar ya sampai hari Idul Fitri nanti, amin! (Editor: Chaerunnisa)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1