Banner ImageBanner Image

Mercedes A-Class Seharga Rp 650 Jutaan di Indonesia, Seperti Apa Tampilannya?

3 menit
Menilik Kecanggihan Mercedes A-Class Seharga Rp 650 Jutaan.

Pecinta otomotif, siapa yang gak kenal Mercedes Benz? Kendaraan roda empat ini selalu identik dengan aura kemewahan.

Tentu brand dengan logo ‘three pointed stars’ ini tidak asing dengan ciri khas elegannya itu. Identik dengan harga yang cenderung menguras kantong, seperti apa Mercy termurah di Indonesia?

Gelar tersebut jatuh kepada Mercedes Benz A-Class anyar ini. Dijual mulai Oktober 2018 lalu dengan harga Rp 649 juta off the road, ini adalah Mercy termurah. Namun jangan salah, meski jadi Mercy termurah, ternyata mobilnya canggih juga lho.

Tidak seperti model sebelumnya yang ditawarkan dalam tiga varian (A200, A250 dan A45), kini A-Class baru hanya ditawarkan dalam satu varian saja, yaitu A200 Progressive Line.

Seperti apa detail hatchback termungil dan termurah dari merek premium Jerman ini? Simak yuk dalam artikel yang dilansir dari laman Carmudi ini.

Baca juga: Sering Merasa Gagal Fokus Saat Bekerja, Hentikan 5 Kebiasaan Buruk Ini di Kantor

Dimensi mobil jadi lebih panjang

Mercedes-Benz A-Class (carmudi).

Jika dibandingkan dengan A-Class sebelumnya, generasi W177 ini memiliki dimensi lebih besar dari segala sisi. Panjangnya kini lebih dari 4 meter, tepatnya 4.419 mm atau lebih panjang 120 mm dibanding A-Class lawas.

Begitu juga lebarnya yang naik 16 mm dan tinggi mobil yang bertambah 6 mm menjadi 1.796 mm dan 1.440 mm. Sebagai gambaran, pesaing terdekatnya yaitu BMW Seri 1 berkode bodi F20, memiliki panjang bodi sekitar 4,3 meter dan lebar 1,7 meter.

Tidak lupa, bertambahnya dimensi tersebut juga dibarengi dengan memanjangnya jarak antara roda depan dengan roda belakang alias wheelbase-nya, yang sekarang menjadi 2.729 mm dari sebelumnya 2.699 mm. Hebatnya, penambahan dimensi ini justru berefek ke bobot keseluruhan yang terpangkas dari 1.395 kg di A200 lawas, menjadi 1.375 kg di model barunya.

Baca juga: Pengin Beli Kendaraan Tapi Bujet Terbatas, Ini 5 Mobil Bekas yang Bisa Kamu Beli Di bawah Rp 100 Juta

Sistem infotainment canggih MBUX

Mercedes ini dilengkapi dengan sistem infotainment canggih MBUX.

Namun aspek yang paling menonjol dari A-Class baru ini adalah pada sistem hiburan di kabinnya. Tak lagi menggunakan head unit dengan layar mungil 7 inci seperti sebelumnya, kali ini mengaplikasikan sistem infotainment yang sepenuhnya baru dengan nama MBUX.

MBUX alias Mercedes-Benz User Experience adalah sistem multimedia anyar lansiran raksasa Stuttgart ini. MBUX mengunggulkan hal-hal seperti kemampuan artificial intelligence untuk dapat berinteraksi secara alami dengan pengemudi.

Disuguhkan dalam dua layar lebar berukuran masif, 10,25 inci, MBUX langsung menjadi daya tarik utama ketika anda melihat ke dasbor A-Class ini. Sistem kontrol rotary lamanya ditinggalkan.

Kini tersedia sebuah trackpad raksasa seperti di laptop yang untungnya penggunaannya terasa sangat mudah dan fluid, tidak seperti di Lexus. Selain itu, tampilan layar pun memiliki resolusi yang sangat tinggi dengan grafis 3 dimensi.

Paling unik, cukup sebut kata ‘Hey Mercedes’, kemudian sistem asistensi suara akan muncul di layar dan bisa diajak berinteraksi untuk mengendalikan banyak hal di mobil. Contohnya mengganti lagu, menetapkan tujuan berkendara, bahkan untuk hal seperti mematikan dan menyalakan lampu dan AC.

Yup, fungsinya seperti Google Assistant atau Siri yang terintegrasi langsung dengan A200 Progressive Line ini. Berbicara iPhone dan Android, MBUX ini juga sudah memiliki sistem Apple CarPlay dan Android Auto.

Mesin dengan Cylinder Deactivation

Mercedes A-Class

A-Class sebelumnya selalu mengandalkan mesin M274 1.595cc dengan turbocharger bertenaga 156 hp. Kini A200 Progressive Line dijejali mesin baru dengan kapasitas lebih kecil.

Berkode M282, mesin 4-silinder segaris ini hanya berkapasitas 1.332cc saja. Seperti sebelumnya, mesin juga dibekali dengan teknologi turbocharger untuk memompa lebih banyak udara padat dan Gasoline Direct Injection.

Tapi jangan salah, meski lebih kecil, tenaga yang sanggup dikeluarkan justru lebih besar di angka 161 hp (163 ps) pada 5.500 rpm dan torsinya sama di 250 Nm pada 1.620 rpm. Sektor transmisi pun masih dipercayakan kepada sistem dual clutch 7 percepatan yang berpadu dengan penggerak roda depan.

Uniknya, mesin ini memiliki teknologi cylinder deactivation yang dapat mematikan kerja silinder kedua dan ketiga saat tidak dibutuhkan untuk menghemat bahan bakar lebih jauh lagi.

Baca juga: Sulit Menabung? Ikuti 4 Cara Ini Agar Sukses Mengatur Keuangan di Masa Muda

Fitur tetap berlimpah

Di luar sistem MBUX anyar dan mesin baru, A200 Progressive Line tetap menawarkan fitur berlimpah layaknya sebuah mobil premium dari Eropa.

Penumpang depan dan pengemudi tetap mendapat fitur jok elektrik dan memori. Uniknya, disini pergerakan lumbarnya dapat dimanfaatkan menjadi ‘kursi pijat’ ala-ala yang Mercedes sebut ‘ENERGISING Seat Kinetics’.

Fitur lainnya, lampu depan dan belakang sudah mengadopsi teknologi full LED. Parkir otomatis ‘Active Parking Assist with PARKTRONIC’ juga tetap tersedia. Fitur standar lainnya termasuk dual zone auto climate control, cruise control, mode berkendara DYNAMIC SELECT dan passive keyless entry dengan tombol start/stop engine.

Patut disayangkan, fitur seperti bagasi elektrik dan panoramic sunroof dari A-Class sebelumnya lenyap di generasi terbarunya ini. (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong