10 Merek Kosmetik Paling Laris di Dunia, Wajib Dimiliki Milenial!

4 menit
Merek kosmetik
Merek kosmetik paling laris di dunia (Shutterstock)

Setiap wanita di seluruh dunia rela merogoh kocek banyak untuk memakai merek kosmetik pilihan untuk terlihat cantik ketika tampil di tempat umum. Karena itu, gak aneh merek kosmetik semakin hari semakin besar meraup keuntungan.

Dari ratusan brand kecantikan kira-kira perusahaan mana ya yang penjualannya paling laris?

Banyaknya produk kecantikkan yang dijual di toko retail dan online membuat perempuan lebih gampang membelanjakan uangnya untuk kebutuhan satu ini.

Di satu sisi, fenomena ini membantu mereka memilih kosmetik sesuai dengan jenis kulit wajah. Tetapi, di sisi lain juga bisa membuat dompet makin kering.

Peluang ini sangat jeli dilihat perusahaan kecantikan dunia yang udah lama aral-melintang di industri tersebut.

Itu bisa dilihat dari banyaknya inovasi dan produk terbaru yang setiap waktu dikeluarkan mereka. Bahkan, belakangan banyak pelaku industri ini yang bermain dari sektor harga yang miring.

Meski harganya udah didiskon, tetap saja cuan yang didapat masih segunung banyaknya. Seperti 10 merek kosmetik berikut ini, yang penjualannya paling laris di seluruh dunia.

1. L’Oreal

Merek kosmetik
L’oreal merek kosmetik paling laris di dunia (Shutterstock)

Mengutip dari Beauty Packaging, di urutan pertama merek kosmetik paling laris di dunia ada L’Oreal dengan total penjualan produk mencapai US$ 31,2 miliar atau senilai Rp 443 triliun.

Kamu pasti udah kenal sama brand yang berasal dari Paris ini, kan? Gak cuma dominasi wanita, para pria juga pernah denger produk ini dari iklan yang terpampang di mana-mana.

Beberapa produk andalan yang banyak dicari adalah lipstik, foundation dan eyeshadow.

Baca juga: Dibayar Mahal, 5 Artis Ini Malah Doyan Pakai Kosmetik Murah Lho

2. Unilever

Merek kosmetik
Unilever merek kosmetik paling laris di dunia (Shutterstock)

Perusahaan yang berpusat di London, Inggris ini ternyata juga memiliki deretan produk kecantikan yang gak kalah terkenal. Total penjualannya mencapai US$ 24,8 miliar atau seharga Rp 352 triliun.

Beberapa brand yang dimiliki Unilever adalah Hourglass, Pond’s dan Vaseline. Di Indonesia, mereka bisa dibiliang salah satu yang terbesar menguasai pasar produk kecantikan.

3. Estee Lauder

Merek kosmetik
Estee Lauder merek kosmetik paling laris di dunia (Shutterstock)

Estee Lauder menjadi merek kosmetik terlaris selanjutnya dengan total pendapatan mencapai US$ 13,7 miliar ata Rp 194 triliun. Umur perusahaan ini terbilang cukup tua karena udah berdiri dari tahun 1946 di kota New York.

Produk best seller yang menyumbang keuntungan terbesar datang dari Pure Color Envy Sculpting Lipstick dan Revitalizing Supreme Anti-Aging.

4. Procter & Gamble

Merek kosmetik
P&G merek kosmetik paling laris di dunia (Shutterstock)

Procter & Gamble atau sering kita lihat dengan P&G adalah perusahaan asal Ohio, Amerika Serikat. Produk kecantikkan yang umum kita lihat di supermarket antara lain adalah Olay, Crest dan Pantene.

Secara keseluruhan P&G meraup keuntungan sampai dengan US$ 12,4 miliar atau setara Rp 176 triliun.

5. Coty

Merek kosmetik
Coty merek kosmetik paling laris di dunia (Shutterstock)

Sampai tahun 2018 paling gak Coty memiliki 77 produk fashion yang beredar di pasaran. Tiga diantaranya adalah Max Factor, Clairol dan Rimmel yang bergerak di merek kosmetik. Mungkin ada dari kamu yang kurang familiar dengan nama-nama tersebut.

Tapi Coty berhasil menjual produk kecantikkannya senilai US$ 9,4 miliar atau sekitar Rp 133 miliar yang menempatakannya di posisi kelima.

6. Shiseido

Merek kosmetik
Shiseido merek kosmetik terlaris di dunia (Shutterstock)

Datang dari Negeri Matahari Terbit ada Shiseido yang menawarkan produk kecantikan mulai dari merek kosmetik, perawatan kulit dan perlindungan dari sinar matahari. Hebatnya dari Shiseido ialah, perusahaan ini udah berdiri lebih dari 145 tahun semenjak 1872.

Mungkin karena pengalaman di bidang kecantikkan yang terbilang sangat lama itulah yang buat mereka bisa menjual produk sampai US$ 8,9 miliar atau Rp 126 triliun.

7. Beiersdorf

Merek kosmetik
Beiersdof merek kosmetik paling laris di dunia (Shutterstock)

Di urutan terakhir, ada Beiersdorf yang asalnya dari kota Hamburg, Jerman. Kalau kamu masih jarang mendengar nama yang satu ini maklum aja karena merek kosmetik yang lebih dikenal masyarakat dunia adalah Nivea.

Walau sebagian besar produknya ada di perawatan kulit tetapi Nivea juga memasarkan lipstik dan kebutuhan make up lainnya yang gak kalah berkualitas. Terbukti, keuntungan yang diambil bisa mencapai US$ 6,9 miliar atau Rp 98 triliun.

Itulah 7 merek kosmetik yang paling laris di dunia. Apakah kamu salah satu dari orang yang menggunakan produk-produk di atas?

Sayangnya, belum ada brand Tanah Air yang berhasil menembus nama tersebut. Semoga ke depannya ada usaha anak bangsa yang mengharumkan nama Indonesia ya! (Editor: Chaerunnisa)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan