Dulu Biangnya Gagal! Michael Jordan Kini Mengantongi Kekayaan Rp 27 Triliun

3 menit
Dulu Biangnya Gagal! Michael Jordan Kini Mengantongi Kekayaan Rp 27 Triliun, (Instagram/@michaeljordan23).

Ngomongin soal pebasket NBA yang paling sukses, tentu aja semua orang bakal menyebut nama Michael Jordan. Pria yang satu ini bukan cuma seorang legenda basket dunia, melainkan juga seleb sekaligus cukup berhasil sebagai seorang investor!

Seperti melansir dari Forbes, saat ini Michael Jordan resmi mengantongi kekayaan senilai US$ 1,9 miliar atau setara dengan Rp 27 triliun. Wow! Jumlah yang sangat fantastis ya walaupun ia sendiri udah berhenti aktif buat menjadi atlet basket.

Di tahun 2003, pebasket kelahiran 56 tahun silam ini emang udah pensiun menjadi seorang atlet. Namun, keputusannya buat mundur justru membuat dirinya memiliki banyak waktu buat memperkaya diri di hari tuanya. Ya, MJ emang saat ini udah gak mudah dan selincah seperti dulu kala.

Situs Business Insider bahkan menyebutkan bahwa Jordan menghasilkan uang jauh lebih banyak ketimbang LeBron James, Stephen Curry, Kevin Durant, atau para atlet basket lainnya yang sampai saat ini masih aktif.

Kira-kira dari mana saja ya asal kekayaan Michael Jordan? Buat yang penasaran yuk simak ulasannya di bawah sini.

Baca juga: 10 Atlet dengan Bayaran Tertinggi Tahun 2019, Messi di Posisi Puncak

1. Brand Nike x Jordan salah satu masterpiece model sepatu

Michael Jordan
Brand Nike x Jordan salah satu masterpiece model sepatu, (Instagram/@michaeljordan).

Anak-anak gaul Jakarta yang hobi koleksi sneakers pasti familiar dengan sepatu basket bermerek Nike Air Jordan. Air Jordan lahir dalam banyak varian dan hampir semuanya bersifat limited edition.

Sepatu yang digandrungi banyak orang ini juga dijual mahal lho. Dan selalu jadi incaran kolektor manapun.

Di tahun 2015, ia dikabarkan mendapatkan royalti dari perusahaan sepatu raksasa Nike senilai US$ 100 juta. Penghasilan itu emang dinilai jauh lebih besar ketimbang gajinya di NBA yang berjumlah US$ 90 juta.

Kisah pertemuan MJ dan Nike terbilang cukup menarik di simak. Karena keduanya bersifat simbiosis mutualisme. Dan ini merupakan sebuah fakta bahwa kalau memang jodoh atau rezeki itu gak bakal ke mana.

Michael Jordan memang lebih tertarik menerima tawaran endorsement dari rival Nike, Adidas. Namun brand sepatu dari Jerman ini cenderung memilih pebasket dengan tinggi badan 2 meter. Alhasil, founder Nike Phil Knight justru meminang Jordan di tahun 1984.

Lantas apa yang terjadi? Jordan semakin tenar dengan duet mautnya dengan perusahaan sepatu raksasa ini. Gak cuma itu, ia juga mendapatkan laba penjualan sepatu duetnya yang melonjak hingga US$ 3 miliar.

Baca juga: Bikin Melongo, Ini Dia Isi Garasi 6 Atlet Terkaya Sejagad Raya! Jangan Kaget

2. Gatorade, Hanes dan Upper Deck masih memberikan royalti lho!

Michael Jordan
Gatorade, Hanes dan Upper Deck masih memberikan royalti lho!, (Instagram/@michaeljordan).

Selain Nike, beberapa brand besar yang masih membayar royalti ke Michael Jordan antara lain adalah Gatorade, Hanes hingga Upper Deck.

Kabarnya perusahaan-perusahaan raksasa ini udah 15 tahun menjadi sponsor bagi MJ. Asyik juga ya punya pendukung setia yang benar-benar bisa ngehasilin duit. Mau gak tuh dapat pendukung setia? Kalau mau ya syaratnya punya prestasi dulu.

Baca juga: Bukan Khabib Nurmagomedov, Pria 20 Tahun Ini Bakal Hadapi Atlet Terkaya Sejagat

3. Bermain saham dan sukses menghasilkan kekayaan

Michael jordan
Bermain saham dan sukses menghasilkan kekayaan, (Instagram/@michaeljordan).

Nah, terakhir inilah ternyata yang paling berpengaruh sama total kekayaan MJ. Michael Jordan merupakan pemegang saham mayoritas dari klub basket NBA Charlotte Hornets.

Di tahun 2010, Jordan membeli saham klub basket ini di harga US$ 175 juta. Di tahun 2014, valuasi klub basket ini melonjak drastis.

Menurut informasi terbaru dari Forbes, nilai klub basket ini sekarang mencapai US$ 1,3 miliar atau Rp 18 triliun di tahun ini. Sementara itu, Jordan dikabarkan menguasai 90 persen saham mereka!

Berarti gak heran kan kalau Michael Jordan mengantongi kekayaan hingga lebih dari Rp 20 triliunan.

Saat ini Jordan menduduki posisi ke 1.281 sebagai orang terkaya di dunia versi Forbes dan menjadi salah satu mantan atlet dengan bayaran termahal.

Kalau dipikir-pikir, dulu Jordan itu gak terlahir sebagai anak orang kaya lho. Sang raja slam dunk ini sempat ditolak masuk ke daftar pemain utama di tim basket di masa sekolahnya kala itu. Namun, siapa sangka berkat latihan yang keras ia justru berhasil meraih puncak kariernya sebagai pebasket.

Dan hal lain yang bisa kamu tiru dari Michael Jordan agar bisa tajir melintir tentu aja ada di nomor tiga yaitu kepemilikan saham. Berinvestasi dengan membeli saham perusahaan memang sangat  baik buat masa depan. Kalau MJ saja bisa sukses, kamu juga bisa dong! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!