Kalahkan Dominasi Apple, Nilai Pasar Microsoft Menyentuh Rp 14 Kuadriliun

2 menit
Microsoft
Kalahkan Dominasi Apple, Nilai Pasar Microsoft Menyentuh Rp 14 Kuadriliun, (Ilustrasi/Pixabay).

Siapa yang gak mengenal dengan perusahaan teknologi raksasa, Microsoft. Perusahaan besutan Bill Gates ini telah resmi mencapai nilai valuasi pasar mencapai US$ 1 triliun atau sekitar Rp 14 kuadriliun.

Hal ini menandakan bahwa BIll Gates berhasil membawa perusahaan ciptaannya menjadi brand bernilai ketiga asal Amerika Serikat yang mencapai angka fantastis. Sebelumnya, dua perusahaan raksasa lainnya seperti Apple dan Amazon telah mencapainya terlebih dulu.

Apple telah mencapai nilai valuasi pasar US$ 1 triliun pada Agustus 2018 silam. Kemudian sebulan setelahnya, giliran Amazon yang mendapatkan nilai fantastis tersebut.

Dikutip dari CNN Indonesia, kedua perusahaan tersebut kini hanya bernilai US$ 900 miliaran. Artinya, kini perusahaan milik Bill Gates ini menempati peringkat paling teratas.

Keberhasilan ini tentu gak lepas dari jumlah penjualan yang selama ini dinilai lancar. Salah satu produk yang paling menyumbang keuntungan yaitu dari Windows, Xbox, dan penjualan perangkat surface.

Saham mereka berhasil naik sebesar 4 persen setelah memperoleh laba bersih dari penjualan sekitar US$ 8,8 miliar. Jumlah tersebut hanya didapat dalam rentan waktu Januari 2019, sampai 31 Maret 2019 lalu. Angka ini bila dibandingkan dengan keuntungan periode yang sama tahun lalu mengalami peningkatan 14 persen.

Baca juga: APBN Indonesia Gak Ada Apa-apanya Dibandingkan Nilai Jual Deretan Perusahaan Ini

Microsoft resmi menyalip Apple dan Amazon

Microsoft
Kerajaan bisnis milik Bill Gates ini menjadi perusahaan yang bernilai di dunia, (Ilustrasi/Pixabay).

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa Microsoft kini memiliki nilai yang lebih besar dari Apple dan Amazon. Apple berhasil meraih US$ 1 triliun pada Agustus 2018, sementara Amazon berhasil meraih pada September 2018. Selama beberapa bulan keduanya merajai posisi teratas sebagai brand paling bernilai di dunia.

Tapi kini, saham Apple dan Amazon mengalami penurunan. Saat ini Apple hanya memiliki nilai pasar sekitar US$ 976 miliar, sedangkan Amazon masih di bawah Apple dengan nilai US$ 935 miliar.

Baca juga: Ini 9 Wahana Baru Dufan yang Wajib Kamu Coba

Berkat penjualan produk yang laris manis

Microsoft
Berkat penjualan produk yang laris manis, perusahaan besutan Bill Gates ini menjadi brand bernilai di Amerika Serikat, (Ilustrasi/Pixabay).

Melonjaknya nilai saham perusahaan milik Bill Gates ini berkat penjualan produk yang berjalan mulus. Seperti diketahui, produk yang dilahirkan dari perusahaan ini sangat banyak.

Masing-masing produk yang terdiri dari tiga kelompok itu memberikan kontribusi mencapai US$ 10 miliar di kuartal I. Mana saja sih yang mendapatkan keuntungan paling besar? Berikut penjabarannya seperti dikutip dari The Verge.

  • Office, LinkedIn, dan Dynamics = US$ 10,2 miliar
  • Azura Cloud = US$ 9,7 miliar
  • Windows, Xbox = US$ 10,7 miliar

Dari total penjualan yang mencapai US$ 30 miliar tersebut, Microsoft mendapatkan laba bersih US$ 8,8 miliar atau setara dengan Rp 124 triliunan. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan