Hartanya Mencapai Rp 14 Ribu Triliun, Ini 4 Miliarder Terkaya di Abad ke-19!

4 menit
Hartanya Mencapai Rp 14 Ribu Triliun, Ini 4 Miliarder Terkaya di Abad ke-19!, (Ilustrasi/Shutterstock).

Pendiri Amazon, Jeff Bezos, telah dinobatkan sebagai miliarder dunia terkaya dengan kekayaan US$ 139,8 miliar atau setara dengan Rp 1.993 triliun. Tapi jangan salah, orang-orang terkaya di abad ke-19 ternyata jauh lebih kaya daripada Bezos.

Kekayaan para konglomerat kelahiran 1801 hingga 1900 Masehi ini, ternyata bisa menyentuh tiga kali dari kekayaan Bezos lho. Maklum saja, bisnis-bisnis yang mereka jalani pada saat itu memang belum ada tandingannya.

Dan salah satu di antara mereka bahkan disebut sebagai miliarder pertama di dunia. Bayangin aja di abad ke-19, harta mereka udah mencapai belasan ribu triliunan lho!

Pengin tahu siapa saja miliarder dunia abad 19 yang jauh lebih tajir dari Jeff Bezos? Inilah mereka.

Baca juga: Harga Jam Tangan 7 Orang Terkaya di Dunia Ini Ada yang Cuma Rp 150 Ribu!

1. John Jacob Astor IV (1864-1912)

miliarder dunia
John Jacob Astor IV salah satu orang terkaya di abad ke-19 lho, (Wikipedia).

Miliarder dunia asal Amerika Serikat ini tewas di usia 47 tahun dalam tragedi kapal Titanic. John Jacob Astor IV merupakan seorang pengusaha properti real estate, sekaligus seorang perwira militer.

Kabarnya, Astor menjadi orang terkaya yang tewas di Kapal RMS Titanic 1912 silam. Ketika wafat, dirinya mengantongi kekayaan senilai US$ 87 juta yang dihitung berdasarkan inflasi tahunan, setara dengan US$ 2,26 miliar di tahun 2018.

Namun situs Celebrity Net Worth memberitakan bahwa menurut keluarga Astor, John Jacob Astor IV mengantongi total aset senilai US$ 169 miliar alias Rp 2.409 triliun!

Bisa dibilang, Astor memang berasal dari keluarga pengusaha. Kakek buyutnya berbisnis bulu hewan, keluarga Astor sendiri adalah salah satu keluarga yang cukup terpandang di Negeri Paman Sam.

Adik ipar dari Astor IV, menikah dengan James Roosevelt “Rosey” Roosevelt yang gak lain adalah saudara mendiang Presiden Franklin Delano Roosevelt.

Baca juga: Perkenalkan 4 Miliarder Dubai Terkaya yang Hartanya Mencapai Puluhan Triliun Rupiah

2. Cornelius Vanderbilt (1794-1877)

miliarder dunia
Cornelius Vanderbilt salah satu orang terkaya di abad 19 nih, gak tanggung-tanggung total aset kekayaannya mencapai ribuan triliun, (Wikipedia).

Pria ini juga berasal dari Negeri Paman Sam. Menurut informasi di Wikipedia, total kekayaan Vanderbilt mencapai US$ 215 miliar di tahun 2016, jika dihitung berdasarkan inflasi. So kalau di rupiahkan mencapai Rp 3.065 triliun! Wow, gak bakal miskin 20 turunan.

Pria asal Staten Island ini putus sekolah saat dirinya masih menginjak usia 11 tahun karena ingin bekerja dengan ayahnya yang memiliki kapal ferry. Namun di usianya yang masih 16 tahun, ia udah berani mendirikan bisnis transportasi laut sendiri lho, walaupun modal usahanya dari uang pinjaman.

Singkat cerita, Vanderbilt pun jadi miliarder dunia tersukses di bidang logistik. Pria yang akrab disapa The Commodore ini, adalah pendiri rel kereta New York yang menghubungkan New York, Boston, hingga Detroit.

Ia pun cukup berjasa dalam membangun sebuah sistem bisnis yang menjadi panutan bagi perusahaan-perusahaan besar di Amerika Serikat.

Baca juga: Jumlah Harta Merosot, Deretan Miliarder Ini Masih dalam Daftar Orang Terkaya di Dunia

3. Andrew Carnegie (1835-1919)

miliarder dunia
Andrew Carnegie salah satu miliarder nih di abad ke-19, (Wikipedia).

Taipan berdarah Skotlandia ini juga masuk ke dalam sejarah orang terkaya di Amerika Serikat. Karena dialah yang memiliki andil dalam perkembangan bisnis baja di Negeri Paman Sam pada abad ke-19.

Setelah terkenal sebagai miliarder dunia, Carnegie menjadi seorang dermawan yang sering berdonasi di AS maupun Inggris.

Bisa dibilang, Carnegie bukanlah orang yang tajir-tajir amat. Dirinya bahkan pernah bekerja sebagai kurir telegram sebelum terjun ke dunia bisnis dan tentunya pernah berdinas di militer (Perang Saudara AS).

Yang jelas, sumber kekayaan Carnegie berasal dari pembangunan rel kereta api dan minyak. Dia juga sering membeli obligasi atau surat utang perusahaan Amerika Serikat yang melakukan ekspansi ke Eropa.

Salah satu perusahaan yang dia dirikan adalah Pittsburgh’s Carnegie Steel Company yang akhirnya dijual ke J.P. Morgan seharga US$ 303 miliar atau Rp 4.319 triliun di tahun 2014!

4. John D. Rockefeller

miliarder dunia
John D. Rockefeller salah satu miliarder di abad ke-19, (Wikipedia).

John D Rockefeller adalah pria yang berjasa meningkatkan status keluarga ini jadi terpandang.

Pada akhir abad ke-19, perusahaan milik keluarga ini menguasai 90 persen pangsa pasar minyak di Amerika Serikat. Karena hampir semua perusahaan minyak di negara tersebut memang didirikan oleh anggota keluarga ini.

Nama Rockefeller pun kerap disebut-sebut sebagai miliarder pertama di dunia! Wajar saja, harta keluarga Rockefeller sendiri dikabarkan mencapai US$ 1 triliun atau Rp 14 ribu triliunan!

Keluarga Rockefeller berasal dari Amerika Serikat, anggota keluarganya memang cukup banyak. Namun pada awalnya mereka juga bukan keluarga kaya.

Saat berusia 16 tahun, John sempat bekerja sebagai seorang penjaga perpustakaan. Namun saat usianya menyentuh kepala dua, ia pun mulai gencar berbisnis sejak itulah cuan banyak berdatangan pada dirinya.

Asal kamu tahu, keluarga Rockefeller lah yang mendirikan Universitas Chicago dan keberhasilannya di dunia minyak gak luput dari praktik monopoli.

Itulah empat miliarder dunia abad ke-19 yang kekayaannya jauh melebihi Jeff Bezos. Kebayang gak sih, apa rasanya ya jika jadi ahli waris mereka? Dan bayangkan aja di abad 19, mereka udah memiliki jumlah uang cukup banyak! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.