4 Miliarder Dunia Ini Makin Kaya Saat Krisis Finansial 2009, Ada Orang Indonesia!

3 menit
miliarder
Miliarder dunia Robert Budi Hartono dan Michael Hartono (okeinfo.net)

Menjadi miliarder dunia pasti perlu ada pengorbanan dan risikonya. Ketika orang lain melihat krisis finansial tahun 2009 sebuah ancaman, keempat sosok yang bakal kita bahas ini justru melakukan keputusan anti-mainstream dan sukses membuat mereka lebih kaya.

Perang dagang antara pemerintah Amerika Serikat dan China sejak Donald Trump memimpin pada tahun 2016 emang mengkhawatirkan berbagai pihak. Gak cuma antara kedua negara, dampaknya mungkin bakal terasa di seluruh negara di dunia.

Peraturan tentang pengetatan kebijakan imigrasi, pemberlakuan tarif dagang terhadap barang China dan Foreign Direct Investment oleh Amerika Serikat menyebabkan hawa resesi dan krisis ekonomi di kuartal 3 tahun 2019 ini mulai terasa. 

Beberapa pengamat juga khawatir kalau tahun 2020 nanti bakal menjadi puncaknya. Begitu seperti dikutip dari The Guardian.

Sebelumnya, dunia juga sempat mengalami krisis finansial pada tahun 2009 yang berdampak pada semua pebisnis, termasuk di Indonesia. Uniknya, di keadaan seperti itu mereka mampu untuk survive.

Siapa saja miliarder dunia yang dimaksud? Yuk, kita lihat langsung lima miliarder dunia yang berhasil meraup keuntungan saat krisis finansial tahun 2009, seperti dikutip dari Investopedia:

1.  Warren Buffet

Miliarder
Miliarder dunia Warren Buffet (investopedia.com)

Nama miliarder pertama ini pasti udah kamu ketahui. Pasalnya, dia sekarang masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia menyaingi Bill Gates dan Jeff Bezos.

Ketika krisis finansial tahun 2008 sampai 2009, Warren Buffet memutuskan membeli saham di Goldman Sachs sebanyak US$ 5 miliar. Dia juga membeli saham perusahaan energi terkemuka General Electric seharga US$ 3 miliar.

Baca juga: Sepatu Robek Cuma Dilakban! Armand Hartono Juga Gak Malu Pakai Innova

2. John Paulson

miliarder
Miliarder dunia John Paulson (investopedia.com)

John Paulson merupakan seorang miliarder asal Amerika Serikat yang mendirikan perusahaan manajemen finansial saham bernama Paulson & Co pada tahun 1994.

Ketika terjadi krisis finansial di dunia pada tahun 2009, John Paulson Justru membeli saham Bank of America sebesar US$ 2,5 miliar dan US$ 100 juta di Goldman Sachs.

3.  Jamie Dimon

miliarder
Miliarder dunia Jamie Dimon (investopedia.com)

Miliarder ketiga adalah Jamie Dimon yang sekarang ini menjabat sebagai CEO JP Morgan Chase.

Ketika krisis finansial melanda, milarder asal New York ini mengakuisisi perusahaan finansial Bear Stearns dan Washigton Mutual.

Jamie berhasil membeli Bear Stearns dengan harga sekitar US$ 10 atau setara Rp 140 ribuan per lembar sahamnya.

4. Robert Budi Hartono dan Michael Hartono

miliarder
Miliarder dunia Robert Budi Hartono dan Michael Hartono (okeinfo.net)

Di posisi terakhir, ada miliarder asal Indonesia yang memiliki bisnis rokok Djarum dan bank BCA yakni Robert Budi Hartono dan Michael Hartono. 

Harta kekayaan kedua orang terkaya di Indonesia ini pada periode krisis tahun 2009 ke 2010 naik dari US$ 7 miliar ke US$ 11 miliar.

Sampai hari ini, kekayaan kedua orang itu tercatat sudah menyentuh US$ 35 miliar lebih. Begitu seperti dikutip dari Okezone.com.

Itulah empat sosok miliarder dunia yang berhasil meraup keuntungan dari krisis finansial 2009 lalu. Meski tetap berhasil survive sebagai miliarder, semoga krisis ekonomi gak terjadi lagi ya di masa mendatang! (Editor: Chaerunnisa)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1