Siapkan Kendaraan Lapis Baja Dekat Hong Kong, Seberapa Kuat sih Militer China Hari Ini?

3 menit
militer china
Personel militer China. (Shutterstock)

Di bidang Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista), militer China merupakan salah satu negara yang memiliki persenjataan serta sumber daya pertahanan paling mumpuni di dunia, bersaing dengan Amerika Serikat dan Rusia.

Gimana gak, tercatat jumlah anggaran yang udah disiapkan pemerintah China untuk tahun 2019 menyentuh angka 1,9 triliun Yuan atau Rp 3.846 dengan kurs saat ini. Angka tersebut melebihi dari jumlah anggaran APBN Indonesia tahun 2018 yang berkisar di angka Rp 2.220 triliunan.

Memang, dari segi kekuatan militer, China terbilang wah. Salah satu bukti kekuatan itu bisa dilihat dari konsentrasi pasukan dan kendaraan lapis baja yang baru-baru ini terlihat di Kota Shenzen. Sebagai informasi, Shenzhen merupakan kawasan yang tak jauh dari perbatasan Hong Kong, mengutip dari Okezone.

Seperti yang kita ketahui, belakangan ini Hong Kong emang lagi dilanda dengan isu politik yang menyebabkan demo besar-besaran terhadap pemerintah. Pantas aja banyak pihak menyangkut pautkan kedua hal tersebut punya hubungan sebab akibat karena terjadi di waktu yang hampir bersamaan. 

Ngomongin soal militer China, tahukah kamu seberapa kuat Alat Utama Sistem Pertahanan mereka? Kalau belum mending langsung aja nih liat ulasannya berikut ini:

Baca juga: Dengan Anggaran Miliaran Dolar, Benarkah Militer Indonesia Lebih Kuat dari Israel?

Militer China memiliki total 2,6 juta personel yang bisa dikerahkan kapan saja

militer china
Tentara Republik Rakyat China. (Shutterstock)

Mengutip informasi dari Global Fire Power, secara keseluruhan total sumber daya manusia yang dimiliki oleh angkatan bersenjata mereka menyentuh 2,6 juta personel yang terdiri dari beberapa divisi yakni darat, laut dan udara. Angka tersebut sekitar 0,2 persen dari total penduduk China yang menyentuh 1,3 miliar jiwa.

Salah satu pasukan elit yang paling terkenal adalah People’s Liberation Army Special Operations Forces. Pasukan ini dibentuk khusus guna menanggulangi teroris dan pembajakan.

Baca juga: 7 Helikopter Militer Termahal Dunia yang Pernah Dibuat, Ada yang Rp 1,3 T!

Jumlah alutsista udara militer China mencapai 3.187 unit

militer china
Pesawat tempur China. (Asiatimes.com)

Jumlah 3.187 unit tersebut terbagi atas beberapa kelompok seperti pesawat tempur Chengdu J-20, helikopter khusus pertempuran Harbin Z-19 dan pesawat kargo yang bisa mengangkut alat berat bernama Xian Y-20.

Dengan total armada sebanyak itu, China masih kalah dengan Amerika Serikat yang memiliki 13.398 unit dan Rusia dengan 4.078 unit.

Baca juga: Bernilai Triliunan Rupiah, Ini Kecanggihan F-22 Raptor yang Disiagakan Militer AS

Sistem pertahanan darat militer China berjumlah lebih dari 65 ribu unit

militer china
Sistem pertahanan China. (weaponsystems.com)

Selanjutnya, dari armada militer darat, China tercatat memiliki 65 ribu unit yang dari berbagai kendaraan seperti tank Norinco PL-99, peluncur roket Norinco PHL-03 dan kendaraan lapis baja Norinco ST1. 

Dalam urusan persenjataan darat China berada di posisi kedua, berada satu peringkat di bawah Rusia serta satu posisi di atas Amerika Serikat.

Armada laut militer China ada 714 unit

militer china
Kapal induk China. (Bharatsakti.in)

Terakhir, ada armada laut yang berjumlah 714 unit. Armada ini terdiri dari 1 kapal induk bernama CNS Shandong 17 yang bisa membawa pesawat tempur, kapal selam yang bisa menembakan roket nuklir bernama CNS tipe 094 dan kapal patroli CNS Yichang 564.

Bila dibandingkan dengan Rusia dan Amerika Serikat, kali ini China berada di posisi pertama. Sebab, Negeri Paman Sam hanya memiliki 415 armada dan Rusia tercatat hanya 352 unit.

Nah itulah sedikit informasi tentang seberapa kuat militer China dibandingkan sejumlah negara lainnya yang sebanding seperti Amerika Serikat dan Rusia. Jika melihat indeks tersebut, sayangnya Indonesia masih berada di luar 10 besar dengan bertengger di urutan ke 16. Semoga kedepannya pemerintah bisa meningkatkan anggaran militernya lagi ya! (Editor: Ruben Setiawan)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1