Banner ImageBanner Image

Puasa Minum Kopi Kekinian Selama 2 Minggu, Ada Manfaatnya Buat Kamu?

4 menit
Salah satu aktifitas rutin yang terjadi di kedai kopi, (Ilustrasi/Shutterstock).

Minum kopi kekinian saat ini emang tengah menjadi kebiasaan sehari-hari buat banyak orang. Nah, kalau kamu puasa minum kopi kekinian selama dua minggu, seberapa banyak uang kamu hemat saat melakukan hal tersebut?

Belum lama ini redaksi MoneySmart.id mencoba melakukan social experience ke salah satu tim kami buat berpuasa minum kopi kekinian selama dua minggu. Nah, saat ini emang banyak banget sih merek kopi kekinian yang dibuat oleh tangan-tangan ahli lokal dalam mengolah biji kopi menjadi salah satu minuman kopi kekinian.

Baca juga: Ngehits Banget! Ini 4 Rekomendasi Kopi Susu Ramah Kantong di Kawasan Cipete

Melihatnya menjamurnya merek-merek minuman kopi lokal emang bikin banyak penasaran orang buat merasakan yang khas dari setiap kedai minuman ini. Gak milenial atau orang kantoran berbondong-bondong lho buat mencicipi manis dan rasa khas biji kopi lokal yang ada di dalam sebuah gelas ukuran “mini”.

Biasanya kapan sih waktu yang tepat buat minum kopi kekinian buat kamu penuh dengan segala aktifitas padat? Pagi hari atau sore? Nah, tim kami dari MoneySmart.id emang salah satu penggemar buat salah satu merek kopi kekinian di bilangan Jakarta Selatan. Setiap pagi kedai ini emang terlihat ramai sekali lho, gak karyawan kantoran atau anak kuliah tergila-gila dengan rasa minuman kopi ini.

Baca juga: 5 Artis Indonesia Ini Jalankan Bisnis Kedai Kopi. Mana Favoritmu?

Sudah satu tahun lebih sebut aja “Q” namanya salah satu tim kami dari redaksi MoneySmart.id menggilai merek kopi kekinian ini. Rasanya emang terbilang pas ketimbang kopi kekinian yang udah banyak beredar.

Oh iya, social experience ini bukan bermaksud buat menjatuhkan merek-merek minuman kopi kekinian lainnya yang udah ada saat ini lho. Experience ini emang hanya pengin mengetahui seberapa hematnya sih tim kami saat gak minum kopi kekinian ini.

Dan merek kopi kekinian ini terbilang salah satu minuman yang punya rasa pas dan gak berlebihan semuanya di dalam gelas mini ini. Nah, tim kami “Q” ditantang buat gak minum kopi kekinian selama dua minggu lamanya.

Baca juga: 10 Kopi Lokal Selain Tuku yang Bisa Kamu Order Lewat Go-Food

Buat satu gelas kopi kekinian ini “Q” emang perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 18 ribu. Berhubung “Q” menyukai rasa kopi yang sedikit pekat, mau gak mau mesti menambah satu shot kopi ke dalam gelasnya.

Biasanya buat menambah satu shot kopi ke dalam gelas, “Q” mesti menambah uang ekstra sekitar Rp 4 ribu. Ya kalau di total uangnya buat “Q” pengin menikmati satu gelas kopi kekinian mesti mengeluarkan lembaran kertas di dompetnya senilai Rp 22 ribu.

“Q” emang terbilang cukup sering dalam membeli minuman kopi kekinian ini. Dalam satu minggu aja “Q” bisa membeli rutin lima hari berturut-turut. “Q” emang sengaja buat gak beli kopi kekinian saat akhir pekan.

Baca juga: Harga Emas Terus Merosot, Ikuti Trik Ini Agar Investasi Kamu Menguntungkan

Buat minum kopi kekinian ini, “Q” emang gak cuma beli satu gelas lho, dua gelas bahkan ia beli buat di pagi hari dan sore harinya dan yang lebih addict-nya lagi, ia menambahkan satu shot lagi ke dalam gelas kopinya.

Berapa banyak sih uang yang mesti dikeluarkan oleh “Q” buat menikmati segarnya kopi di dalam gelas mini ini? Yuk, kita hitung bersama-sama pengeluaran “Q” yang tersimpan saat dirinya puasa minum kopi ini.

Dua minggu puasa minum kopi

Dua minggu lamanya puasa minum kopi, (Ilustrasi/Shutterstock).

Satu gelas kopi kekinian ini seharga Rp 18 ribu belum lagi buat extra shot, “Q” mesti menambah Rp 4 ribu biar rasanya semakin nikmat dan menurutnya bakal membuat matanya semakin melek nih saat kerja. Jadi total satu gelas “Q” mengeluarkan uang sebesar Rp 22 ribu ya buat satu gelas kopi ini.

Satu gelas kopinya bisa dibilang seharga Rp 22 ribu dan “Q” membeli dua gelas dengan komposisi kopi yang sama jadi mau gak mau total pengeluarannya sekitar Rp 44 ribu dalam sehari. Dalam lima hari, “Q” membeli kopi sebanyak dua gelas buat di pagi hari dan sore menjelang waktu senggang ia pun menikmati kopi kekiniannya.

Seperti dijelaskan di atas kalau “Q” membeli kopi kekinian itu mesti mengeluarkan Rp 44 ribu buat dua gelas plus extra shot. Jadi Rp 44 ribu x 5 hari, mau gak mau “Q” mesti mengeluarkan uang sebesar Rp 220 ribu lho. Nah, Rp 220 ribu itu pengeluaran “Q” buat minum kopi kekinian selama lima hari kerja dalam satu minggu.

Hemat Rp 440 ribu saat puasa minum kopi kekinian

Saat berpuasa minum kopi kekinian kamu bisa tahu seberapa besar pengeluaran buat membeli secangkir kopi, (Ilustrasi/Shutterstock).

Buat dua minggu berpuasa minum kopi kekinian “Q” udah hemat uang sebesar Rp 440 ribu. Jadi udah terlihat jelas berapa besar pengeluaran “Q” buat membeli kopi kekinian selama dua minggu dan berapa banyak uang yang tersimpan di saat mesti puasa selama dua minggu lamanya.

Kira-kira jenis investasi apa ya yang cocok buat “Q” setelah berpuasa dua minggu lamanya gak minum kopi kekinian? Investasi dalam bentuk logam mulia rasanya bisa dilakukan oleh “Q” buat memulainya.

Bisa beli logam mulia

Berpuasa minum kopi kekinian kamu bisa beli logam mulia dengan pecahan yang kecil lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah, buat harga logam mulia buat pecahan 0,5 gram aja sebenarnya udah bisa dibeli oleh “Q” senilai Rp 352.500 lho. Jadi bisa banget buat “Q” menginvestasikan uangnya dalam bentuk logam mulia.

Jadi gimana nih kamu yang membaca artikel ini udah dapat inspirasi buat berinvestasi dan menghemat uang? Coba deh kamu lakukan hal yang sama seperti di atas tadi, siapa tahu bisa mengikuti cara “Q” dalam menghemat pengeluaran.

Gak usah terlalu ekstrem, coba dengan gaya kamu yang pelan-pelan asalkan sabar dan tekun. Nah, dari situ kamu udah bisa tahu nih berapa besar uang yang harus keluarkan buat menyenangkan diri sendiri.

Jadi buat kamu yang emang pengin investasi dan menghemat pengeluaran bisa lho mengikuti cara di atas. Belajar nabung sejak dini emang penting banget, apalagi kalau kamu pintar-pintar menginvestasikan uang kamu dari sekarang. Selamat mencoba! (Editor: Mahardian Prawira).

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi ini perlahan mulai menyukai dan mempelajari dunia finansial, keuangan dan bisnis di era digital sekarang ini.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong