Lebih Berkualitas, Mitsubishi Mirage Bekas Masih Lebih Unggul Ketimbang LCGC

5 menit
Lebih Berkualitas, Mitsubishi Mirage Bekas Masih Lebih Unggul Ketimbang LCGC (Shutterstock).
Lebih Berkualitas, Mitsubishi Mirage Bekas Masih Lebih Unggul Ketimbang LCGC (Shutterstock).

Masyarakat kelas menengah saat ini banyak yang berburu city car dari segmen LCGC untuk mobil harian. Kadang, mereka beli bekas karena harganya yang terjangkau. Padahal jika kita cermat, banyak juga mobil lain yang punya harga tak jauh berbeda dengan kualitas lebih oke, seperti Mitsubishi Mirage contohnya.

Mitsubishi Mirage mulai diperkenalkan pada tahun 2012 di Indonesia dengan tipe GLX (MT), GLS (AT), dan Exceed (AT). Kemudian di tahun 2015, Mitsubishi menambah lagi varian Mirage Sport. Kini, PT Mitsubishi Motors Krama Muda Sales Indonesia tidak lagi menjual Mirage sehingga kalian hanya bisa berburu unit sekennya.

Pada tahun 2016, Mitsubishi meluncurkan minor facelift dari Mirage dengan nama New Mirage. Sayangnya selang dua tahun kemudian, pihak Mitsubishi resmi menyuntik mati pada 2018. Brand berlogo tiga berlian telah lama dikenal dengan produknya yang bandel, nyaman, dan tahan lama.

Terakhir Mirage dijual di harga Rp 170 jutaan. Harganya relatif tinggi untuk mobil 1.2 liter. Sebab, kisaran harga mobil sejenis bermesin 1.2 liter antara Rp 140-160 jutaan. Namun di sisi lain, harga untuk Mitsubishi Mirage bekas termasuk valuable lho alias nggak ‘kemahalan’.

Nah, buat kamu yang punya anggaran yang hanya cukup beli city car berkualitas, tak ada salahnya melirik Mitsubishi Mirage. Mobil perkotaan ini nyaman dengan fitur keselamatan lumayan komplit, dengan material berkualitas.

Yuk kita bahas lebih lanjut soal Mitsubishi Mirage bekas dibandingkan para pesaingnya. Untuk perbandingan yang lebih mudah, kita pilih Toyota Agya sebagai model untuk komparasi harga.

Baca juga: Pengin Punya Kendaraan Lebih dari Satu? Waspadai Dulu Aturan Pajak Progresif Ini

Harga Mitsubishi Mirage Bekas Rawan Anjlok

Mitsubishi Mirage
Mirage (Shutterstock).

Nama besar Mitsubishi sayangnya kurang diimbangi dengan harga spare part yang ramah di kantong. Itulah mengapa, Mirage peminatnya terus menurun sampai akhirnya dipensiunkan dari segmen city car. Ketimbang beli unit baru, berburu mobil bekas tahun muda kondisi mulus akan lebih menggoda.

Berdasarkan listing, harga Mitsubishi Mirage termurah yaitu Rp 78 juta, dengan tipe GLS tahun 2012. Kemudian, unit termahal yaitu varian Mirage Sport keluaran 2015 seharga Rp 130 juta. Dalam rentang harga tersebut, terdapat banyak pilihan unit dengan tahun lebih muda dan kondisinya tak kalah oke.

Sekarang, ayo kita bandingkan dengan harga pasaran LCGC yang lumayan laris, Toyota Agya. Masih dari daftar listing Carmudi, mobil yang diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia ini harga termurahnya Rp 72 juta tipe G A/T produksi 2013. Selanjutnya, harga termahal di angka Rp 155 jutaan untuk tipe TRD S tahun 2019.

Bila dibandingkan, harga termurah antara Agya dengan Mirage itu lebih murah Agya. Padahal, kedua unit yang ditawarkan memakai transmisi otomatis namun Agya menang tahun yang lebih muda. Tentu, kondisi mobil dan kemudahan perawatan menjadi salah satu pertimbangan untuk menilai harga jual tadi dimana Toyota jelas lebih unggul.

Untuk harga pasaran tertinggi, Mirage sedikit lebih terjangkau dibandingkan Agya. Sayangnya, unit Mirage yang ditawarkan termasuk STW alias setengah tuwir atau setengah tua karena keluaran 2015. Di sisi lain, Agya bekas yang ditawarkan termasuk unit baru karena diproduksi 2019.

Itu tadi baru gambaran kasarnya, belum membandingkan secara detail dari tahun yang sama agar lebih fair. Sekarang, kita bandingkan harga termahal antara Mirage vs Agya keluaran 2015. Di atas telah dijelaskan bila Mirage 2015 dijual seharga Rp 130 juta untuk varian Mirage Sport.

Dari kubu Toyota, harga jual Agya termahal yaitu Rp 128 juta untuk tipe TRD dengan transmisi manual. Harga Agya bisa dibilang sedikit lebih mahal karena masih memakai transmisi manual, sedangkan Mitsubishi Mirage Sport telah memakai transmisi otomatis CVT.

Mengapa Pilih Mitsubishi Mirage Bekas Dibanding LCGC?

Mitsubishi Mirage
Mirage (Shutterstock).

Bila kamu telah menjatuhkan pilihan kepada Mirage bekas, tentunya perlu tahu soal kelemahan dan pertimbangan lain sebelum membelinya. Dengan memilih unit yang sehat, kalian tidak semakin terbebani pembengkakan biaya perbaikan setelah beli mobil bekas.

Hal pertama yang perlu diperhatikan yaitu getaran mesin. Mirage masih memakai mesin 3-silinder yang terkenal punya getaran besar dibanding mesin 4-silinder. Nah, jangan sampai kamu mendapat unit yang getaran mesinnya lebai.

Maksudnya, pastikan mesin Mirage yang sedang kalian akan beli tersebut memiliki getaran yang ada dalam kondisi wajar. Kemudian, Pastikan tidak ada rembesan oli serta asap putih yang keluar dari knalpot.

Nyalakan Mobil dalam kondisi idle, kemudian injak dan ayun pedal gas. Lihat bagian knalpot, apakah keluar asap putih atau tidak. Jika tidak muncul asap putih berarti kondisinya masih normal. Bila mesin terasa kasar dan getarannya besar sebaiknya cari unit lain karena ciri tadi menandakan mesinnya tidak sehat.

Cek Indikator Airbag

Mitsubishi Mirage
Airbag (Shutterstock).

Mitsubishi Mirage sudah dibekali airbag dan dalam beberapa kasus, airbags cukup sering dikeluhkan pengguna, karena tak jarang bermasalah. Biasanya, bagian airbag yang bermasalah bisa dilihat dari lampu indikator airbag di dashboard.

Agar kalian tidak mendapat Mitsubishi Mirage bekas yang airbag-nya bermasalah, sebaiknya cek lampu indikator airbags pada panel indikator. Jika lampu indikator menyala, berarti ada masalah dan tidak usah dibeli karena perbaikan airbag lumayan mahal.

Sekilas Spesifikasi Mitsubishi Mirage

Mitsubishi Mirage
Mitsubishi Mirage (Shutterstock).

New Mitsubishi Mirage dibekali mesin tiga silinder 3A92 berkapasitas 1.2 liter MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Electronic). Mesin tadi mampu memproduksi tenaga sebesar 77 PS (57 kW) pada putaran mesin 6.000 rpm, dan torsi puncaknya mencapai 100 Nm (10.2 kgm) pada putaran 4.000 rpm.

Untuk tipe Exceed, dan GLS didukung transmisi INVECS III CVT. Sementara itu untuk tipe GLX, transmisi yang dipergunakan manual 5-percepatan. Kapasitas tangki bahan bakar sebanyak 35 liter, sementara konsumsi bahan bakar rata-rata Mitsubishi Mirage pada kisaran 13 km/liter.

Mesin Mitsubishi Mirage tergolong sedikit boros karena tenaga yang lebih kecil dibandingkan Toyota Agya. Jagoan dari Toyota itu untuk mesin 1.2 liter menghasilkan tenaga 88 ps dengan konsumsi BBM mencapai 20 km/liter.

Baca juga: Lecet Akibat Goresan, Segini Biaya yang Dibutuhkan untuk Cat Mobil atau Body Repair

Interior Mitsubishi Mirage Lebih Berkualitas dengan Perlindungan Kelas Atas

Mitsubishi Mirage
Interior Mirage lebih berkualitas (Shutterstock).

Mitsubishi berusaha menciptakan Mirage sebagai city car yang nyaman. Selain suspensi yang empuk, kabin Mirage juga cukup oke dengan material berkualitas. Material yang digunakan adalah high grade fabric with new pattern & stitch dengan aksen black piano pada New Mirage.

Untuk media hiburannya dibekali head unit yang mendukung format CD serta AM/FM, tidak lupa juga dilengkapi dengan USB port. Untuk anak muda, mobil ini jelas anti mati gaya.

Untuk fitur keselamatan juga tidak bisa dianggap enteng. Mitsubishi merupakan salah satu pabrikan dengan standar keselamatan terbaik. Untuk Mirage pun turut dibekali fitur keselamatan yang mumpuni di kelasnya.

Mitsubishi Mirage ini dilengkapi Anti-lock Breaking System yang berfungsi untuk memompa rem supaya tidak mengunci. Adanya fitur Electric Brake for Distribution, akan mengatur tekanan rem di semua roda. Hadirnya dual SRS airbag memberikan pertolongan pertama bagi para penggunanya supaya terhindar dari cedera parah. (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be