Buat Referensi, Nih 5 Mobil yang Paling Laris Selama Tahun 2018

3 menit
Mitsubishi Xpander (mmpc.ph)
Mitsubishi Xpander (mmpc.ph)

Sejauh ini ada beberapa mobil 2018 yang penjualannya laris di pasaran. Dikutip dari CNN Indonesia, dari Januari hingga Juni 2018 tercatat penjualan mobil mencapai lebih dari 553 ribu unit. Ada peningkatan dibandingkan tahun 2017 yang cuma terjual 534 ribu unit.

Munculnya varian baru bikin pasar mobil kian kompetitif, dan mobil jenis MPV masih tetap merajai pasar Indonesia. Bisa disimpulkan penjualan lima mobil teratas, semuanya diisi mobil jenis MPV asal Jepang. Rata-rata, mobil-mobil MVP tersebut terjual lebih dari 20 ribu unit.

Pengin tahu apa aja mobil 2018 yang diminati banyak orang belakangan ini? Nih lima di antaranya.

1. Mitsubishi Xpander – Rp 197 juta

mobil 2018
Mitsubishi Xpander (mitsubishixpander)

Gak disangka-sangka, munculnya Mitsubishi Xpander ternyata bakal menggeser posisi “mobil sejuta umat”, Toyota Avanza.

Wajar aja kalau banyak yang berminat membelinya hingga terjual sebanyak 39.948 unit. Dari segi tampilan, Xpander punya desain keren yang mendobrak pakem desain MPV pada umumnya.

Soal harga, Mitsubishi Xpander dijual dengan harga Rp 197 juta. Sedikit lebih mahal dibandingkan Toyota Avanza yang dijual dengan harga Rp 190 juta.

MPV produksi Mitsubishi ini dipasangi mesin dengan kapasitas 1.499 cc. Sementara suspensi depannya dipasangi MacPherson Strut dan belakangnya dipasangi Torsion Beam. Di dalamnya, mobil ini memiliki tujuh kursi.

Soal keselamatan, Mitsubishi Xpander udah dilengkapi kantong udara pengemudi dan anti lock braking system. Dengan harga dan spesifikasi tersebut, pantes aja kalau Xpander berada di peringkat pertama penjualan mobil 2018 terlaris selama enam bulan ini.

2. Toyota Avanza – Rp 190 juta

mobil 2018
Toyota Avanza (astra)

Inilah mobil sejuta umat yang selalu laris. Namun, kali ini Toyota Avanza mau gak mau mesti bersaing ketat dengan Mitsubishi Xpander. Selama enam bulan terakhir, Toyota Avanza terjual 39.455 unit. Lebih sedikit 493 unit dibandingkan Mitsubishi Xpander.

Di pasaran, Toyota Avanza dijual dengan harga lebih dari Rp 190 juta. Dengan harga segitu, varian Toyota ini memiliki mesin dengan kapasitas 1.329 cc.

Suspensi depannya dipasangi MacPherson Strut dan belakangnya dipasangi suspensi Multi-Link. Sementara di dalamnya dilengkapi dengan tujuh kursi penumpang.

Sama seperti Xpander, fitur keselamatan pada mobil ini udah dilengkapi dengan kantong udara pengemudi dan anti lock braking system.

3. Toyota Calya – Rp 135 juta

mobil 2018
Toyota Calya (astra)

Di peringkat ketiga ada Toyota Calya yang berhasil terjual sebanyak 32.286 unit selama semester pertama tahun ini. Harganya yang lebih murah dari Avanza, yaitu Rp 135 juta, bikin Calya dilirik banyak orang.

Toyota Calya memiliki mesin dengan kapasitas 1.197 cc. Jelas kalah dibandingkan dengan Avanza yang memiliki kapasitas 1.329 cc.

Namun spesifikasi suspensi depannya sama dengan yang dimiliki Avanza, yaitu MacPherson Strut. Buat belakangnya, dipasangi suspensi Torsion Beam. Sama seperti MPV lainnya, Toyota Calya bisa memuat maksimal tujuh orang dewasa.

Soal keselamatan, Toyota Calya udah dilengkapi kantong udara pengemudi dan anti lock braking system.

4. Toyota Innova – Rp 302 juta

mobil 2018
Toyota Innova (autodeal)

Lagi-lagi mobil Toyota masuk dalam daftar mobil 2018 yang laris di pasaran. Kali ini Toyota Innova menempati peringkat keempat dalam penjualan mobil terlaris sepanjang satu semester ini. Tercatat sebanyak 25.948 unit Innova berhasil terjual.

Dari spesifikasinya, Toyota Innova dipasangi mesin berkapasitas 1.998 cc. Suspensi depannya dipasangi Double Wishbone, sedangkan belakangnya dipasangi suspensi Multi-Link. Bicara keselamatan, Innova telah dilengkapi kantong udara pengemudi dan anti lock braking system.

Harga jual Toyota Innova sendiri di pasaran mencapai Rp 302 juta.

5. Daihatsu Sigra – Rp 109 juta

mobil 2018
Daihatsu Sigra (daihatsu)

Di peringkat kelima ada Daihatsu Sigra yang terjual sebanyak 24.338 unit dari Januari hingga Juni 2018. Mobil Low Cost Green Car atau LCGC ini dijual dengan harga Rp 109 juta.

Soal spesifikasi, Daihatsu Sigra memiliki mesin dengan kapasitas 998 cc. Suspensi depannya dipasangi MacPherson Strut dan suspensi belakangnya dipasangi Torsion Beam.

Sayangnya, harga segitu tentunya ada fitur yang gak dimiliki Daihatsu Sigra, yaitu fitur keselamatan. Misalnya aja, mobil ini gak punya kantong udara pengemudi dan anti lock braking system.

Dari lima mobil 2018 di atas, kira-kira mana nih yang jadi favoritmu? Jangan lupa, share jawabanmu di kolom komentar ya.

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan