Ertiga Sampai Brio, 6 Mobil di GIIAS Ini Harganya Gak Sampai Rp 200 Juta!

4 menit
mobil baru murah
Mobil baru murah di bawah Rp 200 juta (MoneySmart/Okky Budi)

Sederet mobil baru murah bisa kamu lihat di gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Harganya ada yang di bawah Rp 200 juta lho

Untuk mendapatkan mobil baru, memang kudu menguras kocek lebih. Kebanyakan sih harganya di atas Rp 200 jutaan. 

Karena itu, mobil termasuk dalam kategori kebutuhan tersier. Artinya wajib kamu miliki, namun bisa dibeli bila kebutuhan primer dan sekunder telah terpenuhi. 

Meski begitu, tenang saja, beberapa produsen mobil telah mengakomodir keinginan semua orang, termasuk untuk mereka yang punya bujet pas-pasan. Ada banyak lho mobil baru yang harganya masih di bawah Rp 200 juta. 

Buat kamu yang punya bujet segitu, mending langsung ke GIIAS saja. Karena kamu juga bakalan dapat promo-promo menarik seperti potongan DP yang besarannya sampai Rp belasan juta. 

Untuk membantu kamu, MoneySmart datang langsung ke GIIAS melihat-lihat dan merangkum tujuh mobil baru murah yang harganya gak sampai Rp 200 juta, bahkan ada yang di bawah Rp 150 juta.

Berikut, enam daftar lengkapnya: 

1. Ertiga: Rp 193 juta

Mobil baru murah
Mobil baru murah di bawah Rp 200 juta (MoneySmart/Okky Budi)

Mobil baru murah pertama adalah All New Ertiga GA. Ini merupakan tipe terendah dari seri Ertiga. 

Harga sebenarnya adalah Rp 201 juta. Tapi, kalau kamu beli di GIIAS, ada diskon potongan harga sebesar Rp 8 juta. Jadi kamu cukup membayar Rp 193 juta. 

Yang perlu diperhatikan adalah, tipe ini merupakan tipe paling rendah. Beberapa fitur canggihnya pun gak akan bisa kamu temui di mobil ini, semuanya serbastandar. 

Misalnya, gak ada audio visualnya dan ACnya masih single blower yang artinya cuma ada di kursi terdepan saja. Beda dengan tipe di atasnya yang telah disematkan pendingin di bagian kursi penumpang. 

Baca juga: Cari Mobil Baru di Bawah Rp 200 Juta? Ini 13 Pilihannya!

2. Sirion: Rp 182 jutaan

mobil baru murah
Mobil baru murah di bawah Rp 200 juta (MoneySmart/Okky Budi)

Harga New Sirion baik yang manual atau automatic harganya di bawah Rp 200 juta. Kalau untuk transmisi manual harganya Rp 187,1 juta, sedangkan untuk yang automatic harganya Rp 198,1 juta. 

Untuk pembelian Sirion di GIIAS, Daihatsu memberikan potongan harga Rp 5 juta untuk semua tipe. Jadi harga untuk manual menjadi Rp 182,1 juta, dan yang matic jadi Rp 193,1 juta. 

3. Xenia: Rp 186 jutaan

mobil baru murah
Mobil baru murah di bawah Rp 200 juta (MoneySmart/Okky Budi)

Mobil sejuta umat, Xenia juga masuk ke dalam daftar mobil baru murah. Sama dengan Sirion, ada diskon potongan harga juga khusus pembelian Xenia di GIIAS. Gak tanggung-tanggung, potongannya mencapai Rp 15 juta!

Untuk seri paling rendahnya, Xenia X 1.3 Manual Standar harganya dari Rp 186.650.000 menjadi Rp 171.650.000. 

Tipe yang paling murah ini saja fiturnya sudah lumayan lengkap, lampunya sudah LED dan ada fog lampnya atau lampu kabut. 

Sementara tipe di atasnya, yaitu Xenia X 1.3 Manual Deluxe, harganya dari Rp 198.600.000 menjadi Rp 183.600.000. 

Tipe Deluxe memiliki bodi yang lebih elegan dengan bumper aerokit, lampu sein di spion, dan list chrome di setiap sudutnya.

4. Brio: Rp 140 juta

mobil baru murah
Mobil baru murah di bawah Rp 200 juta (MoneySmart/Okky Budi)

Buat kamu yang doyan mobil kecil, gesit, bisa menerobos kemacetan kota, Brio menjadi salah satu mobil baru murah yang bisa kamu andalkan. Harganya terbilang cukup murah, ada yang di bawah Rp 150 juta. 

Brio terdiri dari dua model, yaitu RS dan Satya. Brio RS memiliki keunggulan fitur-fitur yang lebih canggih dan tentunya bodi yang sporty. Soal harga, dua-duanya masih di bawah Rp 200 juta. 

Brio Satya ada tiga tipe, S Manual yang harganya Rp 140 juta, E Manual Rp 148,5 juta, dan E CVT Rp 163,5 juta. 

Sementara untuk model RS terdiri dari dua tipe yaitu Manual dan CVT, masing-masing harganya Rp 176 juta dan Rp 191 juta. 

5. Mobilio: Rp 194 juta

mobil baru murah
Mobil baru murah di bawah Rp 200 juta (MoneySmart/Okky Budi)

Cari Honda Mobilio tapi budget cuma Rp 200 juta? Ada New Mobilio S Manual! Tipe terendah dari Mobilio ini cuma dibanderol RP 194 juta. 

Tapi, fitur yang disematkannya juga terbilang standar, seperti pelek satu warna, dan belum disematkan audio visual. 

6. Avanza: Rp 170 jutaan

mobil baru murah
Mobil baru murah di bawah Rp 200 juta (MoneySmart/Okky Budi)

Mobil sejuta umat kembaran Xenia ini ternyata bisa kamu bawa pulang dengan uang di bawah Rp 200 juta! 

Di GIIAS, Toyota Avanza dengan seri termurah 1.3 Standar harganya cuma Rp 188,6 juta. Tapi, harga itu belum termasuk dengan penawaran spesial khusus di GIIAS yaitu potongan sebesar Rp 18 juta. Jadi kamu bisa memboyong Avanza seharga Rp 170,6 juta! 

Itulah enam mobil baru murah di bawah Rp 200 juta yang mejeng di GIIAS 2019. Kalau kamu sudah memiliki bujet yang cukup, inilah momen yang tepat untuk memboyong mobil idaman dengan harga murah. 

Tapi perlu diingat, beli mobil jangan cuma sekadar murah saja, harus disesuaikan pula dengan kebutuhanmu! (Editor: Chaerunnisa)

 

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.