Disebut Sosok Sederhana, Berapa Banyak Mobil Milik Menteri PUPR Basuki?

3 menit
mobil basuki hadimuljono
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. (Instagram/@kemenpupr)

Daripada mempertahankannya, Basuki Hadimuljono memilih menerima ganti rugi karena rumahnya digusur. Sosok yang dikenal sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini memiliki rumah di Bekasi yang dikutip dari Suara.com, terdampak pembangunan jalan tol.

Basuki Hadimuljono sebelumnya emang pernah menyebut kalau terkena dampak pembangunan jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu). Namun, penggusuran rumahnya di Perumahan Pengairan Rawa Semut, Bekasi Timur gak jadi persoalan buat dirinya.

Sikap Basuki Hadimuljono mendapat atensi dari Mahfud MD. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi memberi pujian dan hormat kepada Menteri Basuki yang dikenal sebagai figur yang sederhana.

Saking sederhananya nih, Basuki diketahui cuma punya dua mobil pribadi lho. Mobilnya yang cuma dua itu tercatat dengan jelas dalam Laporan Harta Kekayaan Pejabat atau LHKPN tahun 2014.

Total nilainya disebutkan mencapai Rp 428.644.000. Padahal, total kekayaan Menteri PUPR ini mencapai Rp 9.028.802.092. Nah, apa aja mobil-mobil yang dimiliki Basuki Hadimuljono? Cek daftarnya berikut ini.

Baca juga: Menteri PUPR Pemimpin Proyek Infrastruktur yang Menggusur Rumahnya Sendiri

1. Honda Accord

mobil basuki hadimuljono
Honda Accord tahun 2006. (Motortrend.com)

Di LHKPN 2014 Basuki Hadimuljono memiliki Honda Accord keluaran tahun 2006. Mobil ini merupakan hasil sendiri dan nilainya disebut mencapai Rp 295 juta. Tentunya, itu harga pada tahun 2014 saat laporan dibuat yang artinya sudah mengalami penyusutan nilai.

Sekarang, mobil serupa yang keluaran 2019, harga barunya bisa mencapai Rp 664.500.000. Mahal juga ya?

Dengan harga yang terbilang mahal tersebut, Honda Accord 2.4L VTi-L memiliki spesifikasi, seperti:

  • Mesin: 2.356 cc
  • Tenaga: 173 hp
  • Tempat duduk: 5 kursi
  • Bahan bakar: Bensin
  • Sistem pemasukan bahan bakar: Programmed Fuel Injection (PGM – FI)
  • Dimensi: 4.930 mm (panjang), 1.850 mm (lebar), 1.465 mm (tinggi), 1.585 mm (jarak pijak roda depan), dan 1.585 mm (jarak pijak roda belakang).
  • Jumlah pintu: 4
  • Warna: Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic, White Orchid Pearl

Kalau berminat, kamu bisa membeli mobil sedan pabrikan Honda ini dengan cara dicicil. Buat cicilan 59 bulan seperti yang disampaikan Oto, uang muka atau DP yang disediakan harus sebesar Rp 176,99 juta.

Sementara cicilan per bulannya sekitar Rp 13,49 juta. Kalau hitung-hitungan pakai rasio kredit 30 persen, itu berarti besaran gaji minimal kamu sebesar Rp 45 jutaan per bulannya.

Baca juga: 6 Gaya Sederhana Menteri Basuki Hadimuljono yang Bisa Ditiru

2. Toyota Yaris milik Basuki Hadimuljono

mobil basuki hadimuljono
Toyota Yaris tahun 2012. (Shutterstock)

Selain mobil pabrikan Honda, Basuki juga mempunyai Toyota Yaris. Mobil jenis hatchback yang dimilikinya merupakan mobil keluaran tahun 2012. Nilainya dilaporkan sekitar Rp 133.644.000.

Mobil dengan dimensi lebih luas ketimbang jenis city car ini keluaran terbarunya (tahun 2019) kini dijual dengan harga Rp 238.350.000. Dengan harga segitu, kamu bisa memiliki Toyota Yaris E Grade M/T.

Gimana spesifikasinya? Toyota Yaris E Grade M/T dilengkapi dengan spesifikasi, seperti:

  • Mesin: 1496 cc
  • Tenaga: 106 hp
  • Tempat duduk: 5 kursi
  • Bahan bakar: Bensin
  • Sistem pemasukan bahan bakar: Fuel Injection
  • Dimensi: 4.145 mm (panjang), 1.730 mm (lebar), 1.500 mm (tinggi), 2.550 mm (jarak poros roda).
  • Jumlah pintu: 4
  • Warna: Citrus Mica Metallic, Silver Metallic, Gray Metallic, Red Mica Metallic, Orange Metallic, Super White, Attitude Black Mica.

Mobil ini bisa kamu beli dengan cara dicicil selama 24 bulan. Besaran uang muka atau DP yang disediakan sekitar Rp 16,22 juta dan besaran cicilan per bulannya Rp 9,46 juta. Itu berarti besaran gaji per bulan kamu mesti Rp 31,53 jutaan.

Itu tadi dua mobil milik Menteri Basuki Hadimuljono. Dibandingkan dengan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, jumlah yang dimiliki menteri yang satu ini masih kalah banyak. Gimana menurutmu? (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!