4 Mobil Lawas Keluaran Tahun 90-an yang Menarik buat Dilirik, Berapa Harganya?

3 menit
mobil bekas civic estillo
Civic Estilo. (Instagram/@civicnouvaestilo)

Buat yang pengin punya mobil, tapi kantong pas-pasan, membeli mobil bekas jadi pilihan yang bijak. Tapi juga jangan lihat harganya saja, lihat juga performa dan pasarnya. 

Beberapa kendaraan bekas, bahkan yang sudah berumur 20 tahun sekalipun, masih ada yang dijual dengan harga tinggi. Hal ini terjadi karena peminatnya masih banyak. Selain itu, performanya yang terbilang masih tangguh meski sudah berumur. 

Malahan, kalau kondisinya masih prima banget, harga mobil tua tersebut bisa tinggi banget! Sampai-sampai ngalahin harga beberapa mobil murah keluaran terbaru, seperti LCGC misalnya.

Berikut ini daftar mobil bekas keluaran tahun 90-an yang harganya masih tinggi dan stabil. Layak untuk dijadikan referensi kendaraan sehari-hari. 

Baca juga: Tergiur Miliki Mobil Subaru, Sudah Siap Hadapi Tantangan-Tantangan Ini?

1. Honda Civic Estilo 

mobil bekas civic estillo
Civic Estilo. (Instagram/@civicnouvaestilo)

Mobil Honda dua pintu tahun 90-an ini sampai sekarang masih menjadi idaman banyak orang, apalagi mereka yang pecinta mobil modifikasi. Civic Estilo termasuk mobil dua pintu dengan harga paling terjangkau pada masanya. 

Kini, harga mobil bekas ini bisa mencapai lebih dari Rp 100 juta untuk kondisi yang orisinil dan standar. Tapi kalau sudah dimodif seapik mungkin oleh pemiliknya, harga jualnya bisa sampai Rp 150 juta ke atas. 

Populasinya yang langka juga meningkatkan harga jual mobil ini. 

Baca juga: Ini yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Kijang Kapsul Bekas!

2. Toyota Land Cruiser 

mobil bekas toyota land cruiser
Toyota Land Cruiser. (Pixabay)

Land Cruiser adalah salah satu mobil tangguh dari Toyota keluaran tahun 90-an yang harganya masih selangit. Kalau dilihat di OLX, harganya yang keluaran tahun 95-97 masih dijual di atas Rp 200 jutaan. Bahkan, kalau kondisinya prima banget bisa mencapai lebih dari Rp 300 jutaan.

Kalau dibandingkan dengan Fortuner bekas, harga mobil bekas ini masih jauh di atas meski umurnya lebih tua. 

Keunggulan dari Land Cruiser adalah memiliki bentuk mewah dan gagah yang tak lekang oleh waktu. Belum lagi sistem penggeraknya 4×4 dengan kapasitas mesin 2.700-3.000 cc. Rasanya kalau dipakai jalan-jalan di tahun 2019 ini masih kece. 

Baca juga: Bulan Ini Harganya Naik Rp 3,5 Juta, Masih Mau Membeli Mobil Baru?

3. Daihatsu Taft 

mobil bekas daihatsu taft
Daihatsu Taft. (Instagram/@taftindonesia)

Mobil bekas tahun 90-an yang harganya masih selangit berikutnya adalah Daihatsu Taft. Sama dengan Land Cruiser, mobil ini juga menggunakan sistem penggerak 4×4 dan kapasitas mesinnya mencapai 3.000 cc. 

Taft sudah eksis sejak tahun 80-an. Untuk yang keluaran awal-awal harganya sekitar Rp 40 jutaan. Tapi, kalau yang keluaran 90-an akhir, harganya masih di atas Rp 100 juta.

Kalau mesin dan interiornya masih orisinil, kemudian kondisi bodinya masih apik, harga jualnya bisa menyentuh Rp 150 jutaan. 

4. Jeep Cherokee

mobil bekas jeep cherokee
Jeep Cherokee. (Instagram/@thatxjlife)

Terakhir, ada Jeep Cherokee keluaran tahun 1990-an harganya masih di atas Rp 100 jutaan. Mobil ini memiliki bodi yang gagah khas Jeep, dengan sistem penggerak 4×4. Mobil ini cocok banget buat digunakan di segala medan, mulai dari jalanan perkotaan hingga medan berat pegunungan. 

Itulah empat mobil bekas tahun 90-an yang harganya masih selangit. Meski harganya mahal, bukan berarti jaminan performanya masih apik.

Kalau kamu berniat memboyongnya, perhatikan dengan jeli kondisi mesinnya, jika diperlukan, lakukan test drive dulu sebelum mencapai kata sepakat, biar gak menyesal nantinya. Tapi, jika kamu merasa gak ngerti soal mesin, bisa ajak teman atau kenalan yang bisa bantu kamu menilai kondisi mobil tersebut, layak dibeli atau gak. (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.