Ramah Kantong! Deretan Mobil China yang Merajai dan Senja di Indonesia

3 menit
Mobil china
Ramah Kantong! Deretan Mobil China yang Merajai dan Senja di Indonesia, (Instagram/@geelyworldwide).

Pabrikan mobil China saat ini emang tengah menjadi primadona nih di pangsa pasar Indonesia. Berbagai macam mobil China mulai “menggoda” para konsumen maupun pabrikan lama uang udah punya pasar.

Kamu mungkin salah satu penggemar mobil pabrikan asal China? Ya, kalau bisa dibilang China tengah mendominasi pasar global di berbagai segmen. Mulai di teknologi dan gadget hingga otomotif.

Sebuta aja merek ponsel pintar Huawe, Xiaomi, Oppo kini tengah merajai pasar gadget. Model dan spesifikasi yang bolah diacungi jempol bikin para merek China ini berhasil menggaet konsumen Indonesia. Begitu pula dengan industri otomotif China yang saat ini tengah bersinar nih di Indonesia.

Nama baru yang bersinar hingga pemain lama pabrikan China yang kini tengah senja alias gak ada pamornya lagi. Pengin tahu apa aja sih pabrikan mobil China yang tengah bersinar dan kalah pamor? Yuk, kita intip aja di bawah ini:

Baca juga: Wiih, Ini Dia 5 Mobil Termahal di Dunia dan Para Pemiliknya

1. DFSK

mobil china
DFSK Glory 580 nih juaranya pabrikan China di Indonesia, (@dfskindonesia).

Kalau kamu kemarin sempat melihat penampilan DFSK Glory 560 emang sempat mencuri perhatian nih. Bodinya yang bingsor dan memiliki desain gak kalah dengan mobil Jepang, DFSK Glory 560 menjadi jagoan pabrikan asal China, DFSK.

DFSK alias DongFeng Sokon merupakan pabrikan asal China yang saat ini tengah menggoda konsumen Indonesia. Gimana gak nih, DFSK menghadirkan SUV DFSK Glory 560 dan Glory 580 dengan harga yang ramah kantong.

Bayangin aja, kamu bisa memiliki mobil SUV dengan harga Rp 180 jutaan lho buat Glory 560. Sedangkan buat DFSK Glory 580 kisaran Rp 200 jutaan.

Baca juga: Punya Uang Rp 10 Juta, Kamu udah Bisa Bawa Pulang Mobil DFSK Nih!

2. Wuling

mobil china
Wuling salah satu merek China yang saat ini tengah mendominasi pangsa otomotif di Indonesia, (@wulingmotorsid).

Wuling juga dibilang lebih dahulu menjadi pemain ketimbang DFSK nih. Wuling yang meluncurkan varian MPV Cortez dan Confero S. Wuling yang udah merajai terlebih dahulu mobil China di Indonesia emang bisa dibilang jadi unggulan buat mobil keluarga.

Gimana gak, Wuling mengeluarkan Multi Purpose Vehicle (MPV). Ya, sejatinya nih banyak konsumen Indonesia yang menyukai mobil dengan kapasitas besar udah gitu harganya cukup miring ketimbang mobil Jepang.

Wuling melepas Confero S kisaran Rp 170 jutaan. Sedanganjan Cortez kisaran Rp 218 juta – Rp 264 jutaan.

Baca juga: Murah! Ini 6 Mobil Cina yang Disebut Mirip Abis dengan Mobil Mewah

3. Chery

Mobil China
Chery QQ salah satu City Car keluaran pabrikan China, Chery, (Instagram/@cheryqq_brasil).

Ya merek Chery merupakan salah satu pabrikan China yang sempat mendominasi di dunia otomotif Indonesia. Namun kiprah Chery saat ini emang gak terdengar nih gongnya.

Di tahun 2009, pabrikan mobil China ini sempat menarik perhatian dengan mobil yang diproduksinya mulai dari A1, Tiggo hingga Chery QQ. Chery emang lebih mengandalkan city car kala itu di pasar otomotif Indonesia. 

4. Geely

Geely Panda salah satu mobil keluaran negeri Tirai Bambu di Indonesia, (Instagram/@geelyworldwide).

Kalau kamu pernah mendengar mobil produksi Geely Panda ya, pabrikan ini juga pernah menjadi pemain di pasar otomotif Indonesia. Geely Mobil Indonesia hadir di Indonesia sejak tahun 2009 dengan city car dan tipe sedan yang mereka mainkan.

Asal kamu tahu nih kalau Geely pernah menjual mobilnya itu di kisaran harga Rp 90 jutaan hingga Rp 145 jutaan. Udah gitu nih Geely membeli saham Volvo dan Ford di tahun 2010.

Buat kualitas kendaraannya emang gak kalah dengan mobil Jepang, lantaran Geely mengadopsi teknologi dari Volvo dan Ford.

Nah, itu dia deretan pabrikan mobil China yang kini tengah bersinar dan mencoba peruntungan di pasar Indonesia. Beberapa nama juga pun mengalami senja lantaran tergerus zaman dan stereotyp mobil China kala itu masih melekat bagi konsumen Indonesia. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi ini perlahan mulai menyukai dan mempelajari dunia finansial, keuangan dan bisnis di era digital saat ini.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!