Murah! Ini 6 Mobil Cina yang Disebut Mirip Abis dengan Mobil Mewah

4 menit
Mobil Cina Land Wind X7

Jangan remehin mobil Cina! Perusahaan-perusahaan otomotif asal negara tersebut berhasil menciptakan mobil yang bentuknya menyerupai mobil mewah. Selain benar-benar sangat mirip, harga mobil tersebut juga tergolong murah meriah.

Meski murah, mobil-mobil tersebut gak ada di pasar Indonesia. Dan, harganya sudah pasti di atas mobil murah ramah lingkungan ya!

Disebut murah karena mereka menawarkan bentuk yang mirip mobil mewah, tapi harganya miring. So, kalau memang belum punya duit beli mobil mewah, beli versi Cina juga gak apa-apa. Toh kendaraan ini juga mobil asli yang performanya bagus.

Penasaran dengan mobil Cina yang dimaksud? Simak ulasannya di sini:

BYD S8

BYD S8
BYD S8

Sekilas, mobil ini mirip Mercedes-Benz CLK convertible. Hanya saja, logonya diubah jadi BYD. Sejatinya, BYD itu kependekan dari Build Your Dreams, sesuai banget ya namanya sama pesan produknya.

Mobil ini harganya 165.800 Yuan atau kalau dirupiahkan dengan nilai tukar saat ini kurang lebih Rp 342 juta.

Berbeda dengan Mercy CLK, S8 punya penggerak roda depan. Mesinnya juga 2.000 cc, dan terdapat empat silinder. Namun, atap mobil ini bisa dibuka tutup lho!

Baca juga:

Penggemar Mobil Mungil? Suzuki Wagon R Ubah Penampilan Lho!

Baic BJ80

Baic BJ80
Baic BJ80

Nah, ini dia mobil Cina 4WD yang bentuknya 11:12 sama Mercedes-Benz G-Class. Harganya 288.000 Yuan atau kurang lebih Rp 599 juta. Jelas lebih murah dong ketimbang SUV G-Class yang harganya miliaran rupiah.

SUV ini mulai mengaspal pada 2016 lalu, dan menggendong mesin turbodiesel empat silinder. Baic BJ80 juga tersedia dalam dua transmisi, manual, dan otomatis.

Kelahiran Baic BJ80 juga punya sejarah yang mirip-mirip dengan G Class. Mobil ini sempat digunakan militer Negeri Tirai Bambu.

Meski memang dinyatakan bisa membuat G Class gak laris. Namun, gak pernah ada gugatan dari pihak Mercy terkait hal ini.

Baca juga:

Diramal Gak Bakal Laris, Ini Keunggulan Mobil di Atas 1.500 CC dari Sisi Finansial

Baic BJ90

Selain meng-copy G Class, produsen mobil Cina ini juga membuat kembaran dari Jeep Grand Cherokee.

Akan tetapi, basis yang digunakan BJ90 adalah basis G Classnya Mercedes-Benz, dan Chrysler ternyata menguasai 12 persen saham Baic. Otomatis mobil ini bisa dibilang cukup mantap.

BJ90 ditawarkan dalam dua varian mesin, ada yang 3 ribu cc (V6) ada yang 4 ribu (V8). Semua transmisinya adalah matic dengan 7 percepatan yang dirancang Mercy, interiornya pun nyaris sama dengan Mercy tapi eksteriornya Cherokee banget.

Bicara soal harga, mobil SUV ini memang sedikit lebih mahal dari yang lain karena harganya sudah memasuki 800 ribu Yuan atau Rp 1,6 miliar.

Hawtai B35

Hawtai B35
Hawtai B35

Mobil Cina yang satu ini merupakan kembarannya Porsche Cayenne 2011. Namun, harganya cuma US$ 20 ribu atau setara dengan Rp 280 juta.

Hawtai menyediakan versi transmisi manual yang cukup fun. Selain itu, mobil ini juga sudah dilengkapi fitur 4WD.

Mobil SUV ini menggendong mesin berkapasitas 2,0 liter yang sanggup mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 158 tk.

Geely GE

Geely GE
Geely GE

Pengin bergaya ala Tung Desem Waringin tapi belum ada duitnya? Kalau di Cina kamu sih bisa beli Geely GE.

Mobil Cina ini adalah kembaran Rolls Royce Phantom yang harganya Rp 600 jutaan. Gokil banget kan, perbedaan harganya bayangin saja dari Rp 25 miliar ke Rp 600 juta!

Udah gitu, ornamen serupa “Spirit of Ecstasy” di kap mesin Rolls Royce juga telah di-copy!

Mobil ini sempat digosipkan bakal masuk ke Indonesia, tapi sepertinya batal masuk karena satu dan lain hal.

Land Wind X7

Land Wind X7
Land Wind X7

Mobil Cina yang diproduksi Jiangling Motors kabarnya memang membuat Land Rover berang. Pasalnya, mobil itu nyaris gak ada bedanya sama Range Rover Evoque!

Land Rover kecewa karena pihak Jiangling Motors meng-copy desain karyanya. Mereka pun nekat membahas hal ini pada Pemerintah Negeri Komunis terbesar di dunia itu.

Uniknya, fotokopian Range Rover ini harganya cuma Rp 270-an juta! Gokil kan, sedangkan Ranger Rover Evoque sudah miliaran rupiah.

Kabarnya, mesin Land Wind X7 yang berkapasitas 2,0 liter empat silinder ini adalah rancangan Mitsubishi.

Itulah enam mobil Cina yang desainnya mirip dengan mobil-mobil mewah dunia. Bukan mirip lagi, melainkan sama tapi harganya murah.

Sejatinya mobil-mobil ini memang bisa jadi alternatif buat yang belum sanggup beli mobil mewah. Akan tetapi, di balik itu semua perseteruan yang terjadi antara brand-brandnya pun cukup sengit.

Kira-kira kalau mobil ini ada di Indonesia, kamu tertarik beli gak? (Editor: Chaerunnisa)

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.