Jokowi Masih Pilih Mobil Dinas Rp 21 M, Menteri Pakai Kendaraan Rp 778 Jutaan

3 menit
mobil dinas
Mobil dinas Presiden Jokowi dan menterinya (Shutterstock)

Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) RI Mercedes-Benz Indonesia sudah dipastikan akan menyediakan 2 (dua) unit model Mercedes-Benz S600 Guard sebagai kendaraan kelas VVIP Kepresidenan.

Selain memutuskan mobil kepresidenan, Kemensetneg juga telah mempersiapkan kendaraan dinas baru bagi para menteri anggota Kabinet Kerja, pejabat setingkat menteri, ketua/wakil ketua MPR, DPR, dan DPD.

Dari hasil sistem penunjukan langsung untuk kategori mobil para pejabat termasuk setara menteri, mantan presiden dan wakil presiden, diputuskan PT Astra International Tbk-TSO sebagai pemenang untuk menyediakan 101 unit mobil Toyota Crown 2.5 HV G-Executive.

Lewat pernyataan tertulis oleh Asisten Deputy (Asdep) Humas Kemensetneg, Eddy Cahyono Sugiarto, pengadaan mobil dinas baru dilakukan karena saat ini kondisi kendaraan yang digunakan sering mengalami kerusakan dan tidak efisien serta tidak layak untuk digunakan bagi pejabat negara.

“Membutuhkan biaya perawatan yang tinggi sehingga perlu diremajakan dengan pertimbangan teknis seperti faktor keamanan, keandalan, dan biaya pemeliharaan yang semakin mahal karena usia pemakaian,” begitu bunyi pernyataan tertulisnya.

Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2019 Kemensetneg juga telah melalui pembahasan dan mendapatkan persetujuan DPR. Hal itu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2018 Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2019.

“Adapun pengadaan kendaraan tersebut dilaksanakan melalui mekanisme tender umum dengan menggunakan sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) atau online,” jelasnya.

Lantas, seperti apa spesifikasi mobil dinas kepresidenan Mercedes-Benz S600 Guard dan mobil Toyota Crown 2.5 HV G-Executive untuk para pejabat? Untuk mengetahuinya, simak di sini:

Mercedes-Benz S600 Guard

mobil dinas
Mercedes-Benz S600 mobil dinas kepresidenan Jokowi

Mercedes-Benz S600 untuk tipe paling tinggi dan aman yakni Pullman Guard menggunakan mesin sebesar 6.000cc bertipe V12 yang mampu menghasilkan kekuatan hingga 523 tenaga kuda.

Mampu berakselerasi dari 0 sampai 100 kilometer per jam dalam waktu 8 detik, kecepatan maksimal yang mampu ditempuh mobil ini sekitar 160 kilometer per jam dengan sistem pembatasan elektronik.

Mercedes-Benz S600 juga menawarkan perlindungan maksimal. Bagian kerangka samping serta bawah mobil ditutupi oleh panel baja yang kuat guna mencegah terjadinya kebocoran atau ledakan di bagian vital.

Jadi bisa dikatakan S600 ini tahan terhadap segala jenis ledakan bom yang mungkin saja bisa melukai penumpang yang di dalamnya. Bagian kaca udah dilapisi dengan pelindung khusus terbuat dari polikarbonat agar gak gampang pecah.

Untuk harga Mercedes-Benz S600, dibanderol sekitar Rp 21,1 miliaran.

Baca juga: Menang Tender Mobil Dinas Menteri, ASII Berkompetisi Lawan 3 Perusahaan Ini

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive

mobil dinas
Toyota Crown 2.5 HV G-Executive mobil dinas menteri

Sebanyak 101 unit sedan mewah Toyota Crown 2.5 HV G-Executive akan digunakan para menteri dengan masa jabatan 2019-2024. 

Mobil ramah lingkungan tersebut merupakan mobil hybrid, sesuai dengan kodenya HV (Hybrid Vehicle). Mobil ini dibekali mesin 2.5L Dynamic Force Engine Hybrid System. Tenaganya keseluruhannya diklaim mencapai 223 tk dengan torsi 221 Nm. Konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 19,4 km/L. 

Untuk transmisinya, mobil ini menggunakan CVT dan sistem penggerak all wheel drive. Dimensinya memiliki panjang 4.910 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.455 mm. Sementara, jarak sumbu rodanya 2.920 mm. 

Di bagian kabinnya, di bagian dashboard, terdapat dua layar berukuran 8 inci dan 7 inci untuk Data Communication Module yang menjadi pusat untuk mengatur beragam fitur di mobil. 

Dengan kokpit yang didekorasi dengan aksen kayu untuk menambah kesan elegan dan juga pemilihan jok kulit terbaik.

Untuk fitur keselamatan, Toyota menerapkan rangkaian fitur, seperti Toyota Safety Sense II yang meliputi fitur Dynamic Radar Cruise Control, Lane Tracing Assist (LTA), Automatic High Beam, Adaptive High Beam System. 

Ada juga fitur Road Sign Assist, Intelligent Clearance Sonar, dan Rear Cross Traffic Auto Brake. Untuk pertama kalinya, Toyota juga mengadopsi fitur Rear Pedestrian Support Brake. 

Mengenai harga, di Jepang mobil ini dibanderol 5.837,400 Yen atau setara dengan Rp 778 jutaan.

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.