Ada yang Rp 2 M! Ini 7 Mainan Hotwheels Termahal yang Pernah Terjual

4 menit
mobil hotwheels
Ilustrasi mobil Hotwheels. (Pixabay)

Buat anak tahun 90-an atau milenial, pasti pernah ngerasain waktu di mana mainan mobil Hotwheels jadi salah satu mainan must-have kamu. Desain mobil yang keren dan track yang unik menjadi salah satu daya tarik mainan yang satu ini.

Walaupun sekarang pamornya udah sedikit meredup dibandingkan dua dekade lalu, tapi jenis mainan ini tetap memiliki fans yang bisa dibilang lumayan fanatik lho guys!

Buktinya, sampai hari ini masih banyak kolektor mobil mini tersebut dari berbagai negara. Saking gandrungnya, bahkan ada yang rela mengeluarkan kocek hingga miliaran rupiah demi mendapatkan tipe-tipe tertentu yang diinginkan. Gak percaya? 

Daripada penasaran, mending kamu liat aja nih langsung daftar tujuh mobil Hotwheels termahal yang pernah terjual.

Baca juga: Dapat Gold Play Button dari YouTube, Ini Fakta Menarik Soal Kimi Hime

7. 1970 Red Baron with White Interior – Rp 42 jutaan

mobil hotwheels
1970 Red Baron with White Interior. (Autowise)

Mengutip dari Auto Wise, kalau kamu pengin mencari mobil Hotwheels dengan harga yang lumayan mahal, maka kendaraan Red Baron adalah jawabannya. Kendaraan ini terinspirasi dari zaman Perang Dunia I dulu.

Beberapa hal yang bikin harganya mahal adalah karena model ini gak diproduksi secara massal sehingga tergolong langka. Selain itu, ornamen helm yang ada di atasnya menambah keunikan mobil ini. 

Harga 1970 Red Baron with White Interior ditaksir sekitar US$ 3 ribu atau setara Rp 42 jutaan.

Baca juga: Termahal di Dunia, 6 Mobil-mobilan Ini Melebihi Harga Mobil Beneran

6. 1995 Collector Number 271 Funny Car – Rp 49 jutaan

mobil hotwheels
1995 Collector Number 271 Funny Car. (Autowise)

Di urutan keenam ada 1995 Collector Number 271 Funny Car. Mobil ini dicat menggunakan warna dasar biru dan merah, warna khas perusahaan asal Amerika Serikat tersebut.

Hotwheels sendiri tercatat hanya memproduksi sebanyak 12 unit mobil yang satu ini di seluruh dunia. Jadi buat kamu yang pengin mengoleksinya harus siap bersaing dengan yang lainnya.

Selain itu kamu juga perlu menyiapkan kocek yang gak sedikit. 1995 Collector Number 271 Funny Car sendiri dibanderol dengan harga sekitar US$ 3.500 atau setara Rp 49 jutaan.

Baca juga: Produknya Pernah Kamu Miliki! 5 Perusahaan Mainan yang Mereknya Gak Ada Matinya

5. 1970 Ed Shaver Custom AMX – Rp 56 jutaan

mobil hotwheels
1970 Ed Shaver Custom AMX. (Autowise)

Selanjutnya ada mobil Hotwheels 1970 Ed Shaver Custom AMX yang memiliki warna dasar biru muda dengan sedikit aksen berwarna putih di bagian pintu samping. 

Pihak Mattel selaku pemegang lisensi merek Hotwheels memproduksi 2 jenis dari tipe ini yakni versi Inggris dan Amerika Serikat. Perbedaannya gak terlalu jauh, yaitu hanya ada di posisi stiker yang sedikit berbeda. 

Buat kamu yang pengin membawa pulang mainan ini harus menyiapkan kocek sekitar US$ 4.000 atau setara Rp 56 jutaan.

Baca juga: Diciptakan Pria Miskin, Ini Kisah Mainan Lego yang Legendaris dan Mendunia

4. 1974 Blue Rodger Dodger – Rp 112 jutaan

mobil hotwheels
1974 Blue Rodger Dodger. (Autowise)

1974 Blue Rodger Dodger adalah salah satu mainan buatan Hotwheels yang berjenis muscle car. Keberadaannya sendiri di online shop seperti eBay sebetulnya lumayan banyak. 

Hanya aja, dari sekian banyak warna yang diproduksi seperti merah, ungu dan kuning ada baiknya kamu mencari versi yang berwarna biru. Sebab keberadaan versi warna birunya udah sangat langka. Jadi, selain bisa buat koleksi, 1974 Blue Rodger Dodger juga bisa dijadikan barang investasi.

Sebuah 1974 Blue Rodger Dodger warna biru sendiri diperkirakan memiliki harga mencapai US$ 8 ribu atau senilai Rp 112 jutaan.

3. 1968 Cheetah Base Python – Rp 140 jutaan

mobil hotwheels
1968 Cheetah Base Python. (Autowise)

Masuk ke-3 besar ada 1968 Cheetah Base Python yang diketahui diproduksi di Hongkong. 

Pihak Mattel gak melakukan riset secara mendalam untuk membuat desain ini. Akibatnya, ada konflik penggunaan nama dengan pabrikan mobil Corvette. Alhasil, produksi gak dilanjutkan dan hanya beberapa unit yang beredar di pasaran.

Mobil Hotwheels ini dibanderol dengan harga sekitar US$ 10 ribu atau setara Rp 140 jutaan. 

2. 1969 Pink Rear-Loading Volkswagen Beach Bomb – Rp 1 miliaran

mobil hotwheels
1969 Pink Rear-Loading Volkswagen Beach Bomb. (Autowise)

Di posisi runner-up, ada 1969 Pink Rear-Loading Volkswagen Beach Bomb yang sesuai namanya terinspirasi dari kendaraan asli VW Bus.

Yang bikin beda udah pasti karena warna merah mudanya yang mencolok mata. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan sebuah papan seluncur yang ada di bagian belakang mobil. 

Untuk kamu yang pengin membawa pulang unit ini bisa menyiapkan kocek sekitar US$ 72 ribu atau Rp 1 miliaran.

1. 40th Anniversary Diamond Encrusted Otto – Rp 2 miliaran

mobil hotwheels
40th Anniversary Diamond Encrusted Otto. (Autowise)

Terakhir, yang menjadi mobil Hotwheels paling mahal di dunia adalah 40th Anniversary Diamond Encrusted Otto.

Produk ini dijual khusus dalam rangka memperingati hari ulang tahun Hotwheels yang ke 40. Yang bikin geleng-geleng kepala, produk ini dilapisi dengan 1.388 berlian biru, 319 berlian putih dan 988 berliang hitam di sekelilingnya. 

Dengan perhiasan sebanyak itu pantes aja kalau 40th Anniversary Diamond Encrusted Otto dibanderol dengan harga US$ 140 ribu atau Rp 2 miliaran.

Nah itulah 7 mobil Hotwheels termahal di dunia. Dari ketujuh desain tersebut mana nih yang kira-kira paling kamu sukai? (Editor: Ruben Setiawan)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1