Mobil Hybrid Canggih Keluaran Honda, Siap Tandingi Toyota Prius

3 menit
Mobil Hybrid Canggih Keluaran Honda, Siap Tandingi Toyota Prius, (Businessinsider).

Kendaraan roda empat kini telah mengalami perkembangan yang pesat. Contohnya mobil yang udah banyak menggunakan tenaga listrik. Ada juga yang menggunakan listrik dan bensin atau yang biasa disebut mobil hybrid.

Mobil hybrid ini merupakan solusi kendaraan atas melambungnya harga bahan bakar dunia, namun gak pengin menghilangkan pasar minyak dunia juga. Sehingga terciptalah mobil hybrid, yang mampu berjalan dengan memanfaatkan tenaga listrik dan bahan bakar.

Kalau di Indonesia produsen-produsen mobil ternama udah mulai mengembangkan teknologi seperti ini. Tapi tahukah kamu kalau sebetulnya mobil hybrid itu udah dikembangkan sejak lama sekali sekitar tahun 1900. Tepatnya tahun 1902, Prof Porsche menciptakan mobil hybrida pertama yang diberi nama Porsche Lohner.

Seiring berjalannya waktu Toyota menjadi yang pertama memperjual-belikan mobil hybrid secara komersil di tahun 1997. Mobil tersebut dinamai Toyota Prius yang masih eksis hingga kini.

Tapi sepertinya, Toyota Prius bakal dapat saingan nih dari kompetitornya yang juga asal Jepang, yaitu Honda. Ya, Honda juga tengah mempersiapkan mobil hybrid yang diberi nama Honda Insight. Dikabarkan Honda Insight generasi ketiga ini bakal sukses menyaingi Prius. Honda Insight bakal dijual secara masal tahun 2019 ini. Seperti apa penampakannya? Yuk, kita lihat!

Baca juga: Gak Lebih dari Rp 250 Jutaan, Harga Mobil Wuling Ini Sebanding dengan Spesifikasinya?

1. Honda Insight generasi ketiga

Honda Insight generasi ketiga ini bakal menyaingi Toyota Prius, (Businessinsider).

Honda Insight sebenarnya sudah diperkenalkan pertama kali tahun 1997 dengan model dua pintu. Sementara generasi keduanya dirilis tahun 2009 lalu. Mengusung mobil dengan model hatchbak berkapasitas 5 orang. Uniknya, Honda Insight generasi kedua memiliki 5 pintu. Tapi kenyataannya, mobil hybrid Honda ini gak mampu mengalahkan popularitas Prius yang lahir lebih dulu. Akhirnya Honda menutup produksi Insight pada tahun 2014.

Melalui ajang North America International Auto Show 2018, Honda kembali memamerkan prototipe All New Honda Insight 2019. Bentuknya udah berbeda dengan generasi terdahulu, karena kini Insight udah gak menggunakan model hatchback dan menghilangkan satu pintu jadi 4 pintu seperti mobil pada umumnya.

Honda Insight juga kembali dipamerkan di Tokyo Auto Salon 2019 pada Januari lalu.

Baca juga: Cari Mobil Baru di Bawah Rp 200 Juta? Ini 13 Pilihannya!

2. Dibekali mesin 1.500 cc

Mobil Hybrid keluaran Honda ini dibekali mesin 1.500 cc, (Businessinsider).

Dikutip dari carreview, Honda Insight generasi ketiga ini dibekali mesin yang lebih besar ketimbang generasi sebelumnya. Honda Insight 2019 ini disematkan mesin 4 silinder 1.500 cc, sementara generasi lawas hanya 1300 cc.  

Kamu mungkin juga bisa merasakan pengalaman mengemudi yang berbeda dengan 4 mode kemudi, Normal, Sport, Eco, dan EV. Kalau Eco, sistem operasionalnya memaksimalkan tenaga listrik yang berasal dari baterai lithium-ion. Atau mode EV yang bisa menggunakan bahan bakar minyak dan di saat tertentu tenaga berpindah bersumber dari listrik.

Baca juga: Serba Hitam, Ini Koleksi Mobil Atlet Terkaya Sejagad Raya yang Lebih dari Rp 59 Miliar

3. Memiliki fitur canggih

Mobil keluaran Honda ini memiliki fitur yang canggih banget dan bakal menjadi pesaing berat Toyota Prius, (Businessinsider).

Mobil jaman sekarang pastilah udah dibekali dengan fitur-fitur yang canggih, apalagi mobil hybrid. Interiornya terlihat sangat mewah dan serasa di pesawat luar angkasa dengan beragam tombol-tombol. Bagian kursinya dilapisi dengan kulit premium dan peredam anti bising jadi kamu bisa tenang berkendara meski di kecepatan tinggi.

Untuk aspek hiburannya, mobil hybrid andalan Honda ini dibekali dengan layar sentuh 8 inci di tengahnya yang sudah disematkan dengan sistem navigasi canggih, jadi bikin kamu gak tersesat deh. Gak cuman itu, layar ini juga bisa diintegrasikan dengan Apple CarPlay atau perangkat Android.

Dan yang pasti juga sudah dilengkapi dengan kamera belakang dan bisa memberikan tiga mode pandangan, mulai dari panorama atau cuman sekedar lurus aja.

4. Harganya US$ 29.000 atau setara Rp 405 jutaan 

Salah satu teknologi yang ada di mobil Hybrid keluaran Honda, (Businessinsider).

Honda Insight terbaru ini akan menjadi andalan kedua Honda setelah mengeluarkan Accord Hybrid. Mobil hybrid ini rencananya bakal diluncurkan  pertama di Amerika Serikat pada musim panas nanti atau sekitar bulan Juni hingga September.

Hal ini karena salah satu pabriknya sendiri ada di Indiana. Sementara Jepang, masih mempertimbangkan untuk meluncurkan dalam waktu dekat dengan alasan kalkulasi penjualan.

Dikutip dari Businessinsider, Honda Insight akan dijual seharga US$ 29.000 atau sekitar Rp 405 jutaan. Nah, buat penggemar Honda di Indonesia sepertinya mesti sabar buat memiliki mobil hybrid teranyar ini, karena belum ada bocoran berapa harga pasti dan kapan dirilisnya. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!