Minat Mobil Keluarga? Ini 7 Low MPV Pilihan Paling Laris di Pasar Otomotif

4 menit
mobil keluarga
Minat Mobil Keluarga, Ini 7 Low MPV Pilihan Paling Laris di Pasar Otomotif, (Instagram/@hondaisme).

Mobil keluarga di pasar otomotif Tanah Air masih terbilang seksi alias banyak peminatnya. Nah, kamu sedang mecari mobil keluarga di segmen Low MPV, gak usah bingung pasalnya pilihannya cukup variatif lho. 

Menurut laporan Gaikindo (red: Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), mobil MPV kecil masih mendominasi penjualan otomotif nasional. Penjualan mobil keluarga ini kabarnya mencapai 17.918 unit di Tanah Air. 

Angka penjualan terbilang banyak ya buat andalan mobil di segmen Low MPV khususnya keluarga Indonesia nih. Nah, kalau tengah mencari mobil keluarga yang murah dan muat buat semua anggota rumah, yuk kita simak aja di bawah ini ya deretan mobil paling pas buat orang-orang tercinta.

Baca juga: Wiih, Ini Dia 5 Mobil Termahal di Dunia dan Para Pemiliknya

1. Toyota Avanza masih menjadi andalan mobil keluarga

mobil keluarga
Toyota Avanza salah satu Low MPV yang masih menjadi andalan bagi keluarga Indonesia, (Instagram/@toyotaid).

Setelah sempat tergeser posisinya oleh Mitsubishi Xpander sebagai mobil keluarga andalan, Toyota Avanza kayaknya gak bisa dikalahkan nih. Pamor Toyota Avanza sebagai Low MPV masih sebagai yang terlaris di Agustus 2019 dengan total penjualan 8.017 unit.

Mobil berkapasitas 7 orang penumpang ini menggunakan mesin 1,3 liter dan 1,5 liter. Dilengkapi pula Dual VVT-i yang membuat mobil ini menjadi lebih irit bahan bakar, torsi lebih meningkat serta ramah lingkungan.

Untuk harganya mobil keluarga ini dibanderol mulai dari Rp 191 jutaan hingga Rp 221 jutaan. 

Baca juga: Gak Sampai Rp 600 Juta! Ini Mobil Murah Milik 5 Orang Terkaya di Dunia

2. Mitsubishi Xpander

mobil keluarga
Xpander nih jadi tandingan Avanza di aspal Ibu Kota maupun daerah lainnya, (Instagram/@mitsubishimotorsid).

Untuk saat ini Mitsubishi harus menerima kekalahan dan bertengger di posisi dua dengan produk andalannya yaitu Mitsubishi Xpander. Mobil ini memiliki desain yang sangat stylish terlihat mewah untuk ukuran low MPV. Mobil yang diluncurkan pada 2017 ini menggendong mesin 1.499 cc yang irit bensin dan iming-iming perawatannya pun mudah.

Akan tetapi untuk harganya memang di atas Avanza antara Rp 210,3 juta hingga Rp 276,6 juta. Hingga bulan Agustus 2019, mobil ini dikabarkan laris 5.361 unit.

Baca juga: Mau Kredit Mobil Murah? Ini 6 Pertimbangannya Jika Kamu Tinggal di Jakarta

3. Suzuki Ertiga

mobil keluarga
Ertiga nih salah satu bintang pabrikan Jepang, Suzuki. (Instagram/@suzuki_id).

Posisi ketiga diduduki oleh Suzuki Ertiga. Mobil keluarga ini sudah diperkenalkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) pada tahun 2010 dan menjadi andalan Suzuki untuk segmen mobil seven seater.Mesinnya juga cukup irit yaitu 1.462 cc saja, sementara itu harganya mulai dari Rp 201 hingga Rp 256 jutaan. Hingga bulan Agustus ini, Ertiga laris 1.923 unit.

4. Nissan Livina

mobil keluarga
Nissa Livina salah satu andalan mobil bagi keluarga Indonesia, (Instagram/@nissanid).

Usai bersolek, Nissan Livina yang dulu bergaya station wagon akhirnya berubah dengan menggunakan jubah Xpander. Perbedaan mobil ini dengan Xpander hanya di bagian depannya saja, interiornya sama dan untuk mesinnya pun gak jauh beda dengan kembarannya. .

Untuk harga termurahnya, Livina memang sedikit lebih murah ketimbang Xpander yaitu Rp 205 hingga Rp 269 jutaan. Di bulan Agustus ini, Gaikindo mencatat penjualan Livina telah menyentuh angka 941 unit.

5. Wuling Confero

mobil keluarga
Wuling siapa yang nyangka kini menjadi idola juga nih bagi keluarga Indonesia, (wulingmotorsid).

Tepuk tangan buat mobil pabrikan Negeri Tirai Bambu, Wuling. Wuling berhasil menjadi salah satu yang terlaris di bulan Agustus 2019! Padahal mereka tergolong pemain baru di dunia otomotif khususnya di Low MPV. 

Confero merupakan produk perdana Wuling yang diluncurkan di Indonesia. Mobil ini juga terbilang cukup irit bensin karena mesinnya berkapasitas 1.485 cc. Bicara soal harga, Confero memang jauh lebih murah ketimbang mobil Jepang lainnya, yaitu Rp 142 hingga Rp 195 jutaan! Gak ada yang Rp 200 juta lho! Wajar saja kalau penjualan mobil ini mencapai 638 unit.

6. Honda Mobilio

mobil keluarga
Mobilio jadi andalah nih bagi keluarga Indonesia karena harganya yang murah dan muat banyak penumpang, (Instagram/@hondaisme).

Mobil keluarga besutan Honda ini berhasil dikalahkan oleh Wuling dan harus menelan ludah duduk di posisi enam. Menurut Gaikindo, penjualan Mobilio per Agustus 2019 tercatat  596 unit.

MPV andalan Honda tersebut diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada tahun 2014 dan sekarang udah mengalami penyegaran baik interior maupun eksterior. Mesin Honda Mobilio berkapasitas 1.496 cc dan masih mengandalkan gaya station wagon.  Sementara itu harganya mulai dari Rp 198 hingga Rp 254 jutaan.

7. Daihatsu Xenia

mobil keluarga
Daihatsu Xenia andalan keluarga Indonesia, (Instagram/@daihatsuind).

Nah, saudara kembaran Avanza ternyata duduk diposisi tujuh karena terhitung laris sebanyak 462 unit. Pamor Xenia emang masih terkalahkan oleh kembarannya Toyota Avanza.

Persis dengan Avanza, Xenia hadir dalam dua varian mesin yaitu 1,3 liter dan 1,5 liter. Namun harganya memang jauh lebih murah ketimbang kembarannya yakni mulai dari Rp 183 hingga Rp 217 jutaan.

Itulah deretan mobil keluarga berjenis low MPV terlaris di bulan Agustus 2019. Ada yang menarik hati untuk kamu beli? Sesuaikan dengan bujet ya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.