Gak Pengin Menyesal Beli Mobil LCGC Bekas, Perhatikan dulu Hal Berikut Ini

4 menit
Tip beli mobil LCGC bekas (Shuttertsock).

Mobil LCGC masih menjadi pilihan konsumen dengan bajet terbatas. Baik itu baru atau bekas pakai, volume penjualan mobil LCGC masih cukup tinggi. Membeli mobil bekas menjadi salah satu alternatif jika harga kendaraan keluaran terbaru dirasa kelewat mahal.

Untuk mendapatkan atau mencari mobil bekas yang diidamkan, calon konsumen bisa langsung berkunjung ke dealer mobil bekas atau lewat online. Ada beragam merek dan model yang ditawarkan disana, bila tengah mencari mobil Low Cost Green Car (LCGC) bekas sebaiknya lebih teliti sebelum memutuskan untuk membawanya pulang.

Di pasaran terdapat banyak pilihan mobil LCGC dari berbagai merek. Ada baiknya tentukan satu merek mobil yang ingin kamu miliki, tujuannya untuk mempermudah pencarian. Seperti biasa, sebelum membeli mobil bekas, sebaiknya lakukan pemeriksaan meliputi bagian body, kaki-kaki, interior, dan lainnya. Untuk mobil LCGC bekas ada bagian yang secara khusus harus benar-benar diperhatikan, supaya kamu tidak menyesal dikemudian hari.

Kepala Dealer Mobil88 Tebet, Adji menyarankan ketika ingin membeli mobil LCGC bekas calon konsumen jangan sungkan untuk meminta rekam jejak servis kendaraan kepada penjual. Ini penting sebagai langkah awal untuk mengetahui kondisi mesin.

“Yang paling penting itu rekam jejak servisnya bagus karena mesin mobil LCGC cukup rentan. Karena mesin tiga silinder itu rentan panas sebab blowernya hanya satu. Bila kipasnya mati bisa membuat mesin cepat panas,” ujar Adji dilansir laman Carmudi Indonesia.

Baca juga: Visit the Heart of Borneo Menjadi Momentum Kebangkitan Pariwisata Kalimantan

Jangan pilih tahun tua

Daihatsu Ayla (Instagram).

Kemudian dirinya menyarankan kepada calon konsumen untuk tidak membeli mobil LCGC tahun tua. Sebab selain angka kilometer di odometer sudah tinggi, kinerja mesin mobil juga dapat dipastikan mulai berkurang, sehingga harus menjalani perbaikan.

“Jangan pilih yang memiliki angka kilometer tinggi kalau mau beli mobil LCGC bekas. Kenapa? kalau kilometer tinggi mesin harus overhaul, artinya mesin harus diperbaiki, harus turun mesin dan servis besar, kalau orang Agen Pemegang Merek (APM) bilang itu kalau LCGC sudah servis besar berarti tidak maksimal lag kinerjanya, karena LCGC merupakan mobil rentan, bukan mobil dengan spesifikasi tinggi. Pemnggunannya pun disarankan hanya dalam kota saja,” terang Adji.

Sebaiknya jika ingin membeli mobil LCGC bekas, carilah yang tergolong masih muda. Menurut Adji mobil LCGC bekas tahun produksi 2015 masih bisa dikatakan layak untuk dipinang. Tapi kembali lagi perhatikan angka kilometer di odometer, jangan sampai melebihi angka 60 ribu kilometer.

“Kalau mobil LCGC kilometernya di atas 60 ribu itu harus hari-hari. Harus dicek semua masih berjalan normal atau tidak. Pemakaian 20 ribuan ribuan sampai 30 ribuan kilometer mobil sudah harus turun mesin,” pungkas dia.

Tips beli mobil bekas

Seorang laki-laki tengah membeli mobil bekas (Ilustrasi).

Tidak bisa dipungkiri, zaman sekarang semakin banyak penipuan dari segala bidang. Mengerucut pada persoalan mobil bekas, layaknya seorang penjual, pembeli mobil bekas (second hand) perlu mengantisipasi sebuah penipuan atau kerugian.

Biar kamu semakin yakin ingin membeli mobil bekas, perhatikan dulu tips berikut ini ya.

1. Cari Informasi Penjual

Sebelum mulai untuk melihat kondisi mobil dan negosiasi harga, lakukan semacam wawancara kepada sang penjual. Hal ini sangat mungkin dilakukan dan wajar. Jika penjual merasa tidak nyaman untuk di wawancara, ada baiknya kamu segera akhiri ketertarikan terhadap mobil yang dia jual. Hal tersebut dilakukan jika memang kamu hendak melakukan negosiasi dengan penjual perorangan (pemilik langsung).

Beda persoalan jika kamu hendak membeli sebuah mobil bekas dari perusahaan dealer. Biasanya akan jauh lebih mudah untuk mencari tahu informasi sebanyak mungkin mengenai perusahaan tersebut.

Kamu bisa langsung bertanya kepada pegawai atau pihak marketing dealer atau anda juga bisa bertanya pada teman, saudara atau tetangga anda yang pernah berhubungan dengan dealer tersebut.

2. Mengajak mekanik untuk Pemeriksaan

Memeriksa kondisi mobil bekas yang akan di beli adalah suatu hal yang sangat penting. Kamu tentu tidak mau membeli sebuah mobil bekas tanpa tahu bagaimana kondisinya, ini ibaratkan membeli kucing dalam karung.

Persiapkan diri terutama bagi yang tidak tahu banyak tentang mesin, tentang apa saja yang akan anda periksa nantinya. Kamu merasa tetap tidak mampu untuk memeriksa mobil bekas tersebut? Tidak perlu khawatir. Kamu bisa mencari mekanik/ montir mobil untuk melakukan pemeriksaan mobil bekas yang akan di beli.

Kamu bisa mempekerjakannya selama seharian hanya untuk memeriksa mobil bekas yang akan di beli. Kamu bisa mencarinya di bengkel-bengkel mobil terdekat. Selain dapat membantu memeriksa mobil bekas tersebut, mekanik/ montir akan membantu kamu melakukan estimasi biaya yang akan dikeluarkan untuk perbaikan setelah mobil tersebut berpindah tangan.

3. Ketahui Harga Pasaran

Kamu harus mengetahui tentang harga pasaran mobil bekas yang hendak di beli. Ketika sudah memutuskan untuk mencari mobil tersebut, maka kamu sudah punya pegangan dan patokan harganya.

Ada banyak cara agar bisa mengetahui harga pasaran mobil bekas yang hendak kamu beli. Kamu bisa melakukan beberapa survey harga dari dealer satu ke dealer yang lainnya, bisa juga memeriksanya dengan kisaran pada situs jual beli kendaraan carmudi.co.id, atau juga bisa bertanya pada teman- teman di komunitas mobil pilihan tersebut.

Hal yang anda harus curigai adalah ketika penjual menawarkan harga yang sangat murah, atau jauh dari harga pasaran. Ada beberapa kemungkinan yang terjadi. Pertama, penjual (perorangan) adalah orang yang tidak bisa dipercaya atau terlibat kasus kriminalitas (penadah).

Kedua, mobil yang hendak dijual memiliki kondisi yang sangat tidak sehat. Biasanya mobil yang memiliki riwayat kecelakaan hebat dan telah dipoles sana sini akan dijual dengan harga yang sangat murah.

Ketiga, ada kemungkinan bahwa mobil tersebut tidak lengkap administrasi. Agar tidak mendapat masalah hukum nantinya, lebih baik kamu periksa kelengkapan surat-suratnya (STNK dan BPKB).

Biasanya, penjual mobil dengan kondisi administrasi yang kurang lengkap seperti ini telah mengalami bencana alam (banjir atau kebakaran) atau seperti yang diterangkan sebelumnya, sang penjual adalah penadah mobil curian.

4. Pembayaran

Bagaimanapun caranya, baik itu transfer atau tunai, lakukan pembayaran dengan aman. Jika ingin membayar tunai, pastikan bukti pembayaran tersebut kepada nama yang sesuai.

Jangan cepat percaya jika diminta untuk menandatangani bukti pembayaran untuk nama yang tidak sesuai, apalagi dengan jumlah yang berbeda. Lakukan hal serupa tersebut ketika anda memilih untuk melakukan pembayaran dengan cara transfer.

5. Perjanjian

Belum merasa aman? Buatlah perjanjian di atas kertas dengan ditandatangani di atas materai. Isi surat tersebut di antara lain adalah jaminan untuk kamu selaku pembeli jika mobil yang di beli bermasalah.

Jika sang penjual tidak mau membuatnya, lakukan negosiasi untuk tetap membuatnya. Tawarkan semua pengerjaan dan proses pembuatan surat ini akan dilakukan oleh kamu seluruhnya. Padahal sebenarnya sangat mudah untuk membuatnya.

Nah itu tadi beberapa tips membeli kendaraan bekas atau mobil LCGC. Supaya kamu gak sia-sia mengeluarkan uang, ada baiknya teliti sebelum membeli ya. Jangan tergiur dengan harga murah. Semoga bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be