Populasi Mobil Listrik Makin Meningkat, Gimana dengan Tagihan Pengendara?

2 menit
mobil listrik
Populasi Mobil Listrik Makin Meningkat, Gimana dengan Tagihan Pengendara?, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mobil listrik kini menjadi idola di setiap negara. Kehadirannya mobil listrik diyakini bisa mengurangi polusi udara di bumi, lantas gimana dengan tagihan para konsumennya?

Seperti dikutip dari Okezone.com, Kamis, (13/6/2019), kendaraan listrik kini emang udah menjadi primadona nih di sebagian negara maju maupun berkembang. Pabrik-pabrik raksasa otomotif kini tengah gencar-gencarnya menawarkan produk mereka ke pasaran dengan embel-embel ramah lingkungan yakni mobil listrik.

Kampanye penggunaan mobil listrik emang tengah gencar banget nih. Namun sayangnya, tagihan listrik para konsumen atau pemilik kendaraan roda empat dengan tenaga listrik, bikin tagihan bulanan pemiliknya membengkak.

Berdasarkan studi dari lembaga survei di Norwegia yang memiliki populasi kendaraan listrik sangat banyak, bisa dibilang mencapai 60 persen menggunakan mobil berbasis tenaga elektrik ini mengalami beban yang berat. Ya, tagihan listrik mereka setiap bulannya membengkak banget lantaran penggunaan listrik demi memenuhi kebutuhan pengisian mobil mereka.

Kondisi ini meningkat ketika di sore hari, di mana para pemilik kendaraan listrik ini melakukan pengisian kendaraan mereka. Baterai yang diisi dengan listrik di sore hari tentunya menambah beban daya yang sangat besar.

Kondisi seperti ini, lembaga survei Poyry mengungkapkan konsumen bakal mengalami kenaikan tagihan dari kebutuhan pengisian baterai mobil mereka. Dengan meningkatnya populasi mobil listrik serta penggunaan daya yang meningkat mau gak mau berdampak pada fasilitas infrastruktur penyediaan pembangkit tenaga listrik yang semakin besar.

Pemerintah Norwegia kini tengah mencanangkan dan melakukan penghitungan buat menyediakan dana buat mengalokasikan pembangunan infrastruktur pembangkit listrik sebesar 11 miliar crown atau setara dengan Rp 18 triliun.

Baca juga: Wiih, Ini Dia 5 Mobil Termahal di Dunia dan Para Pemiliknya

Populasi mobil listrik di Norwegia pada tahun 2040 diprediksi mencapai 1,9 juta unit, tagihannya gimana?

mobil listrik
Kehadiran mobil listrik yang jadi primadona saat ini ternyata memiliki dampak, (Ilustrasi/Shutterstock).

Uang sebesar itu dialokasikan buat membangun infrastruktur listrik buat 20 tahun kedepan lho! Bayangin aja gimana nih kalau satu negara beralih menggunakan kendaraan roda listrik? Sedangkan buat pemakaian rumah tangga aja pasti juga sangat besar daya yang dibutuhkan.

Pemerintah Norwegia mesti melakukan investasi 60 persen buat pembangunan jaringan bertegangan rendah. Jaringan tegangan rendah itu mulai 10 persen gardu, 28 persen jaringan tegangan tinggi dan 2 persen buat transformator tegangan tinggi.

Lembaga survei lainnya juga menyebutkan bahwa populasi mobil listrik di tahun 2040 bakal mencapai di angka 1,9 juta unit. Kalau udah begini nih yang namanya kebutuhan daya buat pengisian baterai mobil listrik bakal meningkat banget.

Pemerintah Norwegia menyarankan agar warganya mengisi daya baterai kendaraan mereka bukan di jam-jam sibuk seperti di sore hari. Mobil listrik yang tadinya digadang-gadang bisa menyelasaikan masalah lingkungan ternyata juga memiliki dampak bagi pemiliknya, jadi gimana nih baiknya? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi ini perlahan mulai menyukai dan mempelajari dunia finansial, keuangan dan bisnis di era digital saat ini.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!