Pamornya Naik Daun! Ini 5 Mobil Listrik Termurah Cuma Rp 380 Jutaan Aja

4 menit
Pamornya Naik Daun! Ini 5 Mobil Listrik Termurah Cuma Rp 380 Jutaan Aja, (Ilustrasi/Shutterstock).

Tren mobil listrik di dunia kini tengah naik daun. Berlomba-lomba pabrikan otomotif menawarkan mobil listrik dengan model dan teknologi yang canggih, bahkan harganya juga terjangkau lho.

Keberadaan mobil listrik emang diklaim bisa mengurangi emisi bahan bakar dan polusi udara yang kini makin mengkhawatirkan. Indonesia menjadi salah satu negara yang kini tengah dilirik buat menggalakkan penggunaan mobil berbahan bakar listrik atau hybrid. 

Melalui jajaran di kabinetnya, Presiden Jokowi bakal segera mengesahkan peraturan tentang kendaraan listrik jika seluruh proses udah rampung dan telah sampai di meja kerjanya. Hal ini memberikan angin segar nih bagi produsen otomotif serta kelestarian lingkungan di ibu kota maupun Indonesia. 

“Saya lihat ke depan semua negara mengarah ke sana. Enggak polusi dan penggunaan bahan bakar nonfosil. Arahnya ke sana,” katanya pada tanggal 1 Agustus 2019 lalu, mengutip dari Grid Oto.

Jika dibandingkan dengan penjualan mobil berbahan bakar bensin emang jumlahnya masih sangat timpang. Oleh karena itu diharapkan dengan adanya peraturan bakal mendorong industri dan konsumen membeli kendaraan ramah lingkungan tersebut.

Kalau kamu udah gak sabaran dan pengin cari mobil listrik termurah di pasaran bisa mengecek harga serta tipenya berikut ini:

Baca juga: Wiih, Ini Dia 5 Mobil Termahal di Dunia dan Para Pemiliknya

5. Mobil listrik Fiat 500e – Rp 472 jutaan

mobil listrik
Mobil listrik Fiat 500e dibanderol Rp 472 jutaan, (cars.usnews.com).

Mengutip dari US News, kendaraan roda 4 listrik pertama yang bisa kamu miliki berasal dari pabrikan Italia yakni Fiat 500e. Tipe yang satu ini udah banyak dijual di pasaran dengan menggunakan bahan bakar bensin

Dengan tambahan huruf “e” dibelakangnya memberikan informasi bahwa mobil ini udah dibekali dengan tenaga mesin dari listrik. Dalam sekali pengisian daya Fiat 500e bisa menempuh jarak 135 kilometer. Harganya sekitar Rp 472 jutaan untuk pasar internasional.

Baca juga: Masih Mati Lampu? Ini yang Akan Terjadi pada Mobil Listrik

4. Volkswagen e-Golf – Rp 452 jutaan

mobil listrik
Volkswagen e-Golf dibanderoldi angka Rp 452 jutaan, (cars.usnews.com).

Selanjutnya datang dari pabrikan asal Jerman yakni Volkswagen yang menyediakan mobil listrik e-Golf pada tahun 2019. VW emang gak mau jadi sekedar pabrikan mobil mewah di Indonesia, namun mereka juga ikut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan kehadiran jagoannya Volkswagen e-Golf.

Salah satu kelebihan dari mobil ini adalh bisa mengisi daya dengan teknologi fast charging seperti layaknya smartphone. Dalam 1 jam pengisian dayanya bisa mencapai 80 persen di tegangan 240 volt. Daya jelajahnya mencapai 201 kilometer buat harganya sendiri dibanderol Rp 452 jutaan.

Baca juga: Pabrikan Mobil Listrik Milik Elon Musk Bakal Menutup Beberapa Diler di China

3. Hyundai Ionic Electric – Rp 429 jutaan

mobil listrik
Hyundai Ionic Electric dibanderol di angka Rp 429 jutaan, (cars.usnews.com).

Datang dari pabrikan Asia ada mobil listrik Hyundai Ionic Electric ini berasal dari Korea Selatan. Hyundai emang gak mau kalah nih dengan pabrikan Eropa. Meskipun datang dari dataran Asia, Hyundai menghadirkan mobil yang diberi nama Ionic Electric.

Dari sisi fitur keselamatan Hyundai Ionic Electric menjadi salah satu yang terlengkap di kelasnya dan mampu membawa penumpang sejauh 199 kilometer dalam satu kali pengisian daya. Harganya sendiri dipatok sekitar Rp 429 jutaan.

4. Nissan Leaf – Rp 426 jutaan

mobil listrik
Nissan Leaf dibanderol Rp 426 jutaan, (cars.usnews.com).

Keempat ada Nissan Leaf yang juga unjuk gigi menjadi mobil listrik andalan bagi pabrikan asal Jepang. Kendaraan ini menjadi salah satu yang paling laris di dunia dengan pemesanan hingga 400 ribu unit.

Untuk versi standar Nissan Leaf bisa menempuh jarak sampai 241 kilometer. Sedangkan buat tipe plus bisa mencapai 363 kilometer. Harganya dipatok sebesar Rp 426 jutaan untuk yang termurahnya.

5. Smart EQ ForTwo – Rp 380 jutaan

mobil listrik
Smart EQ ForTwo dibanderol Rp 380 jutaan, (usnews.com).

Mobil listrik termurah yang ada di pasaran dunia saat ini adalah Smart EQ ForTwo yang merupakan saudara dari perusahaan otomotif Mercedes Benz.

Bodinya yang mungil dan hanya bisa ditumpangi oleh 2 penumpang menjadi alasan mengapa kendaraan ini menjadi yang termurah dibandingkan lainnya. Jarak tempuhnya sendiri hanya 93 kilometer buat sekali pengisian. Pihak Smart mematok harga sekitar Rp 380 jutaan buat yang pengin membawa pulang mobil mungil canggih ini.

Nah, itulah 5  mobil listrik paling murah yang ada di pasaran hari ini. Dari kelima model tersebut mana nih yang kira-kira paling kamu sukai? Kalau pengin memiliki mobil ini mau gak mau kamu mesti menabung nih, siapkan DP dan hitung-hitung buat cicilan per bulannya. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1