6 Alasan Kenapa Mitsubishi Xpander Mobil Paling Nyaman buat Mudik Kamu

6 menit
mobil mudik mitsubishi xpander
Mitsubishi Xpander. (Mitsubishi-motors.co.id)

Kalau kamu jadi salah satu yang berniat pulang ke kampung halaman di Lebaran tahun ini, gimana, udah punya mobil mudik? Buat yang udah punya mobil, pastinya udah tenang, paling tinggal mikir nyiapin waktu  buat ngecek kondisi mobil dan servis kalau memang perlu.

Tapi, pasti di antara kamu ada juga yang belum punya kendaraan buat berangkat mudik. Ketimbang bingung-bingung dan nanya ke sana-sini tapi gak bisa mutusin mau pilih mana, mending coba kamu baca dulu ulasan soal Mitsubishi Xpander ini. Sebab, ada beberapa alasan kenapa MPV ini cocok banget buat mobil mudik yang sebaiknya kamu pilih.

Oke, MoneySmart tahu, kamu pasti langsung bertanya-tanya, “memang berapa harga Mitsubishi Xpander? Jangan-jangan duit THR gak cukup buat bayar DP-nya”.   Tenang, karena Mitsubishi menggelar promo Berkah Ramadan yang berisi penawaran-penawaran menarik bagi yang membeli Xpander di bulan Mei 2019 ini.

Salah satunya adalah Paket uang muka 5% untuk Xpander varian dan tahun tertentu. Udah bisa bawa mudik Xpander dengan DP ringan, kamu juga dapat gratis asuransi 1 tahun lagi. Enak banget kan?

Tapi, bukan cuma itu lho promonya. Kamu juga bakal dapat:

  • Premium Seat Cover gratis, kaca film Konica Minolta,
  • Servis gratis (sesuai dengan Service Manual Book) hingga 50 ribu km atau 4 tahun,
  • Gratis paket Smart Gold perawatan/servis berkala hingga 50.000 km atau 3 tahun. Paket ini mencakup penggantian suku cadang, oli, chemical item, water repellent, sampai asuransi kecelakaan diri untuk 1 tahun. Komplit plit pokoknya!

Gimana, udah mulai tertarik? atau belum? Kalau belum yakin, yuk langsung simak aja deh alasan-alasan kenapa Mitsubishi Xpander ini bakal jadi mobil mudik kamu yang paling nyaman buat dibawa ke kampung halaman.

1. Mitsubishi Xpander stabil dipacu dengan kecepatan tinggi di jalan tol

mobil mudik mitsubishi xpander
Buat ngebut di jalan tol? Stabil aja! (Mitsubishi-motors.co.id)

Udah tahu kan mulai tahun ini, makin banyak ruas jalan tol ke daerah-daerah, baik di Pulau Jawa maupun Pulau Sumatera, yang dioperasikan buat mudik. Siapapun juga sepakat kalau jalur tol bakal mempersingkat perjalanan mudik dibanding lewat jalan antar-propinsi.

Kalau jalur tol adalah pilihanmu buat cepat sampai di kampung, pilihan Xpander sebagai mobil mudik kamu juga udah pas banget. Perlu kamu ketahui, jalan tol baru memang sangat mulus dan datar karena baru. Namun, perbedaan material jalan antara beton dan aspal di satu ruas dengan ruas lainnya bisa mengganggu kestabilan kendaraan.

Beruntung, Xpander punya suspensi shock absorber depan belakang MacPherson Strut dan Torsion Beam yang dilengkapi katup peredam guncangan. Suspensi yang dikembangkan khusus dengan quick response ini membuat berkendara jadi lebih stabil dan nyaman.

mobil mudik mitsubishi xpander
Suspensi shock absorber depan belakang MacPherson Strut dan Torsion Beam. (Mitsubishi-motors.co.id)

Jadi, gak bakal ada tuh cerita mobil berasa goyang saat digeber dengan kecepatan tinggi. Saat dipakai buat menyalip atau banting setir sekalipun, Xpander gak bakal limbung.

Gak cuma itu, Xpander juga punya dua airbag di bagian depan. Airbag ini bakal melindungi pengemudi dan penumpang saat kecelakaan terjadi.

2. Gak usah pusingin bujet buat bahan bakar

mobil mudik mitsubishi xpander
Mitsubishi Xpander. (Mitsubishi-motors.co.id)

Buat sebagian orang, tarif tol Trans Jawa atau Trans Sumatera memang bikin baper. Ada yang bilang kemahalan, ada juga yang merasa standar-standar aja tarif segitu karena sebanding dengan kenyamanan yang didapat.

Kalau kamu jadikan Xpander sebagai mobil mudik kamu, cukup pusingin soal tarif tol aja. Tapi, kamu gak perlu pusingin bujet buat beli bensinnya. Kenapa?

mobil mudik mitsubishi xpander
Mesin Mitsubishi Xpander, mesin MIVEC DOHC 16-Valve 1.499 cc. (Mitsubishi-motors.co.id)

Ya, karena dengan mesin MIVEC DOHC 16-Valve 1.499 cc yang disematkan di balik kapnya, Xpander gak bakal merongrong bujet bahan bakar kamu. Mampu menyemburkan tenaga 77 Kw/ 6.000 Rpm dengan torsi hingga 141 Nm/4.000 rpm, mesin ini tetap hemat bahan bakar. Malahan, dalam sejumlah uji coba, satu liter BBM bisa dipakai untuk menempuh 16-18 km lho!

3. Jalur mudik terbilang ekstrem? Lewat!

mobil mudik mitsubishi xpander
Ground clearance Xpander tergolong tertinggi di kelasnya. (Mitsubishi-motors.co.id)

Jalur mudik menuju kampung halaman atau jalanan di kampung halaman kamu terbilang ekstrem? Gak perlu takut, karena suspensi Xpander depan belakang udah punya peredam guncangan yang udah disebutin di atas tadi. Jadi, perjalanan silaturahmi ke tempat kerabat tetap nyaman dan gak terhambat hanya karena medan jalan yang gak bersahabat.

Dipakai buat melibas jalanan gak rata, berlubang atau bahkan semi offroad, faktor ground clearance kendaraan juga berpengaruh. Ground clearance, alias jarak antara bagian bawah chasis Xpander dengan tanah itu terbilang paling tinggi antara MPV lainnya, yaitu 200 mm dan 205 mm. Jadi, perjalanan akan terasa nyaman tanpa perlu khawatir chasis atau body mobil kamu terbentur gundukan tanah atau batu yang bisa bikin penyok.

Udah gitu, Xpander juga dilengkapi fitur hill start assist (HSA). Jadi, kalau kamu harus melewati jalanan di perbukitan yang cenderung banyak nanjaknya, kamu akan terbantu dengan fitur ini.

mobil mudik mitsubishi xpander
Ilustrasi fitur hill start assist. (Mitsubishi-motors.co.id)

HSA bakal mengaktifkan rem secara otomatis selama beberapa detik saat akan melaju di jalanan menanjak. Dengan demikian, kamu gak perlu takut mobilmu berjalan mundur.

4. Mau ajak banyak keluarga di kampung buat silaturahmi atau jalan-jalan? Muat kok!

mobil mudik mitsubishi xpander
Tampak bagian dalam kabin Mitsubishi Xpander. (Mitsubishi-motors.co.id)

Nah, soal yang satu ini juga wajib dipunya sebuah mobil mudik. Xpander itu punya kabin yang lega.

Kalau di kampung halaman nanti banyak anggota keluarga yang mau ikutan silaturahmi berkunjung ke tempat kerabat, kamu gak perlu pusing. Karena mobil ini muat buat 7 orang lho.

Jadi, andaikata kamu berangkat berempat bersama istri dan dua anak kamu, kamu masih bisa mengajak tiga orang lagi buat pergi silaturahmi keliling. Itupun penumpang gak perlu berdesakan.

Panjang total kendaraan yang mencapai 4,5 meter membuat kabin jadi lebih lega. Saat duduk pun, penumpang punya ruang yang cukup untuk kaki mereka. Nyaman buat semua.

5. Bagasi muat banyak dan punya ruang penyimpanan di banyak sudut

mobil mudik mitsubishi xpander
Pocket, box, dan tray di berbagai sudut Xpander. (Mitsubishi-motors.co.id)

Mudik, pastinya kita bakal bawa barang yang gak sedikit. Soalnya, waktu libur Lebaran yang terbilang panjang, tentu lebih asyik dihabiskan di kampung halaman bareng keluarga.

Di bawah bagasi, ada ruang penyimpanan serbaguna yang dipasangi penutup. Jadi, kamu bisa meletakkan barang-barang seperti sepatu, sandal, dan lain sebagainya di kompartemen itu. Nah, setelah penutupnya dipasang, kamu bisa meletakkan tas maupun koper di atasnya.

mobil mudik mitsubishi xpander
Berbagai ruangan penyimpanan multifungsi. (Mitsubishi-motors.co.id)

Di samping kiri dan kanan bagasi pun terdapat celah untuk menyimpan barang-barang berukuran kecil lainnya. Muat banyak kan?

Perjalanan jauh, keluarga kamu pasti bawa beragam hal, dari kartu e-toll, smartphone, tablet, buku untuk menghilangkan kebosanan, sampai minuman kaleng atau botol. Menariknya, di banyak sudut, Xpander memiliki tray dan pocket untuk meletakkan barang-barang tersebut.

mobil mudik mitsubishi xpander
Pocket dan holder untuk meletakkan berbagai pernak-pernik bawaan. (Mitsubishi-motors.co.id)

Ya sebut saja, tempat smartphone, rear door pocket, bottle holder di row 3, laci bawah kursi serbaguna, seat back pocket multifungsi, front console box, front door pocket, cup holder depan, glove box, instrumen panel side pocket, dan instrumen panel tray. Bagian bawah jok penumpang yang biasanya dibiarkan lowong aja, dipasangi laci serbaguna lho!

6. Investasi masa depan

mobil mudik mitsubishi xpander
Bisa dipakai buat mudik tahun depan lho! (Mitsubishi-motors.co.id)

Lho kok investasi masa depan? Bukannya mobil itu cenderung menyusut nilainya ya?

Maksudnya investasi di sini tentunya ya bukan untuk dijual lagi. Investasi yang kita maksud, dengan memilih Xpander untuk mobil mudik, kamu udah gak perlu pusing lagi di Lebaran-Lebaran selanjutnya.

Sebab, kamu bisa pakai lagi Xpander kamu buat mudik tahun depan. Yang perlu kamu lakukan adalah selalu merawat mobil kamu dengan baik dan selalu dibawa ke bengkel resmi untuk menjalani servis rutin.

Niscaya, Mitsubishi Xpander kamu bakal tetap jadi mobil mudik kamu yang aman dan nyaman buat pulang kampung tahun depan! 

Money Smart
Money Smart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.