Gagah Semua, Yuk Intip 4 Koleksi Mobil Off Road Milik Mandra

3 menit
mobil mandra
Mobil off road milik Mandra. (Instagram/@mandra_ys)

Setelah ngebahas soal penampakan rumah Mandra yang luar biasa luas, kini kita bakal ngebahas soal deretan mobil yang ada di rumahnya. Mobil-mobil itu kebanyakan adalah mobil off road yang gagah walaupun sudah berumur.

Memang gak pernah ada berita atau pernyataan resmi dari Mandra soal kepemilikan mobil ini. Namun penampakan mobil ini juga sering muncul di akun Instagram milik Mandra. Udah hampir bisa dipastikan ini adalah miliknya.

Penasaran sama mobil-mobil yang ada di rumah komedian asli Betawi itu? Yuk kita cari tahu lebih lanjut di bawah sini.

Baca juga: Wow, Hunian Mandra Nyaris Seluas Rumah Bob Sadino dan Ada Kuburannya!

1. Land Rover Defender 110

mobil mandra
Land Rover Defender 110. (Instagram/@mandra_ys)

Mobil berplat T 3 N ini tampaknya menjadi mobil yang paling disayang oleh Mandra. Pria kelahiran 1966 silam ini pernah mengunggah video dirinya yang lagi mereparasi per dan mengelap mobil ini.

Kelihatan banget deh, kalau bang Mandra memang merawatnya dengan kasih sayang.

Defender yang satu ini terbilang mahal lho. Versi 110 (One Ten) buatan tahun 2015 masih laris dijual Rp 2 miliar. Model ini diperkenalkan tahun 1983 dengan nama Land Rover Ninety dan Land Rover 110.

Produksi mobil ini resmi dihentikan pada tahun 2016.

Bicara soal mesin, mobil ini menggendong mesin berkapasitas 3,5 liter delapan silinder untuk varian bensinnya. Mereka juga punya versi diesel.

Baca juga: Sempat Terpuruk karena Narkoba! Doyok Pamer Hidup Mewah di Amerika, Naik Jet Pribadi Juga Lho!

2. Toyota Hardtop Land Cruiser BJ 45

mobil mandra
Toyota Hardtop Land Cruiser BJ 45. (Instagram/@mandra_ys)

Jangan ngaku pecinta off road kalau gak familiar sama Toyota Hardtop. Dalam film-film jadul, mobil ini sering digunakan sebagai mobil-mobil peran penjahat yang nyulik-nyulik orang.

Model yang diluncurkan terdiri dari tiga tipe Wheelbase, yaitu model FJ40 chassis pendek alias short wheelbase (tipe soft top dan van ringan), model FJ43 chassis menengah (middle wheelbase), dan FJ45 chassis panjang (long wheelbase).

Lantas kenapa kok BJ bukan FJ? F merupakan yang berbahan bakar bensin sedangkan B adalah kode untuk diesel. Dipastikan Land Cruiser Mandra yang berwarna hijau tentara adalah yang BJ45 alias yang long wheelbase dan berbahan bakar diesel.

Bicara soal mesin BJ menggendong mesin empat silinder dengan kapasitas 3 ribu cc. Lebih irit lah dibanding yang FJ. Tenaga maksimal adalah 80 ps di 3600 rpm an torsi maksimal 191 nm di 2200 rpm.

Jika ini adalah buatan 1982, maka Land Cruiser ini masih laris dijual Rp 300 jutaan lho. Apalagi mesinnya juga terawat banget.

Baca juga: Prinsip Sukses yang Bisa Kamu Tiru dari 6 Karakter di Serial Si Doel

3.  Toyota Hardtop Land Cruiser FJ 45 Pickup

mobil mandra
Toyota Land Cruiser FJ 45. (Instagram/@mandra_ys)

Bukan cuma BJ45, dipastikan Toyota Hardtop Land Cruiser miliknya adalah varian FJ45. Mengapa demikian? Karena varian BJ pickup tergolong agak langka.

Jika memang benar ini adalah FJ, maka mobil ini menggunakan mesin berkapasitas 3.900 cc enam silinder. FJ45 sanggup memuntahkan tenaga maksimal 125ps di 3,600rpm, dan torsi maksimal 290 nm di 2,000 rpm.

Mobil ini memang boros bensin, akan tetapi keawetannya memang gak perlu diragukan lagi. Mobil ini juga masih laris terjual Rp 220 juta.

Baca juga: Bertabur Mobil Offroad, Yuk Intip Koleksi Mobil Mahal Haji Isam

4. Daihatsu Rocky Independent milik Mandra

mobil mandra
Daihatsu Rocky Independent. (Instagram/@mandra_ys)

Selain Toyota, Mandra juga masih menyimpan mobil Daihatsu Rocky Independent yang cukup legendaris. Mobil buatan tahun 1996 silam ini adalah mobil berpenggerak roda 4×4.

Mesin Taft Rocky berkapasitas 2,8 liter dan berbahan bakar diesel. Rocky Independent adalah varian yang diperbaharui untuk menggantikan F75 (generasi pertama) yang masih mengandalkan per daun.

Mobil ini sanggup mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 76 hp di 3.600 RPM, sementara itu torsi maksimalnya adalah 245 nm di 2.200 RPM. Pastinya dia lebih kuat dan tangguh ketimbang pendahulunya. Harganya pun masih laris di Rp 175 juta.

Itulah deretan mobil off road yang ada di rumah Mandra. Walaupun usianya sudah berumur, tapi semuanya terawat.

Intinya kalau mau punya mobil tua, ya harus siap sama perawatannya juga ya. Bukan cuma bensinnya saja. (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.