Ini Fakta Menarik Porsche Taycan yang Harganya Rp 2 Miliaran, Minat Beli?

3 menit
Mobil porsche
Ini Fakta Menarik Porsche Taycan yang Harganya Rp 2 Miliaran, Minat Beli?, (Instagram).

Wow! Porsche sekarang punya mobil listrik lho. Mobil yang diberi nama Porsche Taycan ini kabarnya sama gesitnya dengan Ferrari Stradale dan diklaim sebagai model paling buas! 

Walaupun namanya kayak nama sate yang populer di Indonesia, Porsche Taycan Turbo S cuma butuh 10,8 detik aja untuk melesat dari kecepatan 0 hingga 145 km per jam! Gak kebayang kencangnya kayak apa. Pengin tahu sekilas fakta tentang mobil listrik mewah yang buas ini? Yuk, simak ulasannya.

Baca juga: Wiih, Ini Dia 5 Mobil Termahal di Dunia dan Para Pemiliknya

1. Ini lho arti nama Taycan

Mobil Porsche
Taycan ini sekilas namanya unik ya, kira-kira dari mana sih namanya?, (Instagram).

Porsche emang memiliki varian mobil yang diberi nama Macan. Nama Macan sendiri diadopsi dari Indonesia. Namun apakah Taycan ini juga diambil dari nama salah satu kuliner lezat di Indonesia juga alias Sate Taichan?

Usut punya usut, nama Taycan itu sendiri ternyata berasal dari Turki. Artinya adalah kuda muda. Sementara itu di Jepang sendiri kata “Taikan” diartikan sebagai pengalaman yang dirasakan secara fisik. 

Kuda ini memang senada dengan lambang dari Kota Stuttgart yang disematkan di logo mobil Porsche. Silahkan perhatikan logonya di atas.

Baca juga: Punya Jet hingga Helikopter, Begini Cara Neymar Jr Habiskan Uang Rp 1,4 Triliun

2. Memiliki dua varian lho

Mobil Porsche
Memiliki dua varian lho saat diluncurkan, (Instagram).

Mobil Porsche listrik ini tersedia dalam dua varian yaitu Turbo dan Turbo S. Keduanya merupakan mobil yang dibekali dengan tenaga listrik. Baterai liquid cooled lithium ion 800 volt yang disematkan hanya aja output tenaganya yang berbeda.

Cuma butuh kurang lebih 22 menit aja buat mengisi daya listrik mobil ini dari lima hingga 80 persen, cepat juga ya! Taycan Turbo sendiri memiliki tenaga maksimal 671 tk sementara itu Turbo S bisa mencapai 751! Gak kebayang kayak gimana kencangnya mobil ini, udah kayak naik roller coaster.

Perbedaan itu juga terasa pada torsi kedua mobil ini. Turbo punya torsi 850 nm, sementara itu Turbo S 1.050 nm. Mobil ini memiliki kecepatan maksimum hingga 260 km per jam. 

Baca juga: 7 Bisnis Diprediksi Bakal Bermunculan Saat Mobil Listrik Menjamur di Indonesia

3. Wujudnya sekilas mirip Panamera

Mobil Porsche
Modelnya sekilas mirip Panamera lho, (Instagram).

Kalau diperhatikan, mobil Porsche Taycan ini memiliki penampakan yang mirip dengan Porsche Panamera. Akan tetapi, lampu depannya berbeda dan bagian kap depannya, Taycan juga memiliki ukuran yang lebih besar. 

Ukuran Taycan juga lebih pendek ketimbang Panamera dan lebih ceper. Bodi mobil ini juga dirancang dengan menggunakan material yang sama dengan Porsche 911. Taycan sendiri lebih ringan 15 kg lho dibandingkan dengan model Panamera Turbo S E-Hybrid.

4. Interior udah memiliki teknologi canggih lho!

Mobil Porsche
Interior udah memiliki teknologi canggih lho!, (Instagram).

Soal kemewahan interior gak usah ditanya lagi deh! Bukan Porsche namanya kalau gak mewah buat bagian interiornya. Penampakan dashboard Porsche Taycan kabarnya berbeda dengan Porsche lainnya. 

Terdapat layar touchscreen dengan resolusi 10,9 inci yang udah dilengkapi dengan Apple CarPlay, voice command, serta sistem audio dari Bose dan Burmester. 

Sementara itu beberapa panel di kabin juga dilapis kulit dan panel kayu. Material kulitnya juga bisa dipilih sesuai dengan keinginan pelanggan lho. Jika mereka gak mau kulit sapi ya boleh saja diganti.

5. Segini nih harganya Porsche Taycan

Mobil Porsche
Porsche ini harganya cukup mahal lho menyentuh Rp 2 miliaran, (Instagram).

Buat harga per unit Porsche Taycan Turbo diprediksi sekitar US$ 150.900 atau setara dengan Rp 2,1 miliar. Sementara itu buat varian Turbo S harganya menyentuh nominal US$ 185 ribu atau setara dengan Rp 2,6 miliar.

Sekilas agak mirip-mirip dengan Tesla ya! Lebih tepatnya adalah Tesla tipe S. Namun, harga Rp 2 miliaran buat mobil listrik Tesla statusnya masih off the road lho ya, bukan on the road.

Itulah sekilas mengenai mobil Porsche Taycan yang baru aja diluncurkan di tiga negara. Dari sisi performa, mobil ini terbilang galak tentunya dan buat pemberian namanya juga terdengar unik ya! Tapi sayangnya, mobil ini emang belum hadir di Indonesia. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.