Jadi Anggota DPR, Rano Karno Berharta Rp 16 Miliar dan Punya 4 Mobil Ini

3 menit
Rano Karno (Instagram/@h.ranokarno)

Rano Karno yang sempat menjadi Wakil sekaligus Gubernur Banten secara resmi mengemban tugas baru di DPR RI sebagai wakil rakyat. 

Menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan 2018, politisi sekaligus artis beken ini mengantongi kekayaan senilai Rp 16 miliaran.

Nama Rano memang sempat mencuat kembali ke publik usai film “Si Doel The Movie 2” dirilis di bioskop. 

Sempat tersiar kabar pula oplet antik milik Rano yang menyimpan banyak kenangan bersejarah tersebut ditawar Rp 1 miliar. Itu terkuak lewat video dari akun YouTube Gofar Hilman.

Padahal, Rano membeli mobil Moris Minnor itu di harga Rp 500 ribu. Gak sampai sejuta, lho!

Tentu saja, mobil ini memang sudah menjalani proses modifikasi habis-habisan. Tapi, karena sudah uzur gak mungkin untuk dipakai di jalan raya. 

Bicara soal koleksi mobil. Rano Karno tentunya gak cuma punya mobil oplet ini. Dia memiliki empat mobil lain yang valuasinya mencapai Rp 1,4 miliar di tahun 2018. Mau tahu apa saja? Yuk, simak ulasannya:

1. Toyota Alphard 2017

Rano Karno
Toyota Alphard 2017 (Wikimedia)

MPV premium besutan Toyota ternyata ada di garasi Rano Karno. Sayangnya, memang gak disebutkan berapa tipe Alphard yang mana, hanya tertulis tahun pembuatannya yaitu 2017.

Mobil ini dilengkapi mesin dengan kode 2AR-FE 4 silinder 16 katup dan memiliki teknologi DOHC Dual VVT-I. Kapasitas mesinnya mencapai 2.494 cc. 

Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan mencapai 180 tk per 6000 rpm. Sementara itu, titik puncak torsi adalah 23.9 nm per 4100 RPM.

Alphard punya varian tertinggi dengan mesin yang berbeda. Kalau yang biasa menggunakan mesin 2,5 liter, maka yang paling mahal menggunakan mesin 2GR-FE berkapasitas 3.456 cc 6 silinder 24 Valve DOHC.

Baca juga: Rano Karno Beli Mobil Cuma Setengah Juta, Ditawar Rp 1 M!

2. Toyota Innova 2017

Rano Karno
Toyota Innova 2017 (Wikimedia)

Ini juga merupakan salah satu MPV andalan Toyota. Innova adalah reinkarnasinya Kijang lawas. Namun, tentu saja Innova memang lebih mewah.

Menurut spesifikasinya, Toyota Innova dipasangi mesin berkapasitas 1.998 cc. Suspensi depannya dipasangi Double Wishbone, sedangkan belakangnya dipasangi suspensi Multi-Link. 

Mengenai keselamatan, Innova telah dilengkapi kantong udara pengemudi dan anti lock braking system.

3. Mitsubishi Pajero 2016

Rano Karno
Mitsubishi Pajero 2016 (Wikimedia)

Selanjutnya, ada Pajero yang gak lain adalah kompetitornya Toyota Fortuner. Sekadar diketahui, Mitsubishi Pajero paling murah saat ini dijual di harga Rp 481,5 juta. Sementara termahalnya dijual di harga Rp 692 juta per unitnya.

Mitsubishi Pajero Sport diperkuat mesin diesel 4N15 2.4 L MIVEC Turbocharged, dan Intercooled. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga besar hingga 181 PS pada 3.500 rpm.

Fitur keamanan dan hiburan dari mobil SUV ini juga cukup mumpuni.

4. Honda Jazz 2015

Rano Karno
Honda Jazz 2015 (Wikimedia)

Rano Karno ternyata juga punya hatchback andalannya Honda lho. Apalagi kalau bukan Honda Jazz!

Di bagian dapur pacunya, Honda memasangkan mesin berkapasitas 1,5 liter yang bisa menghasilkan kekuatan 118 tenaga kuda.

Mobil ini juga berhasil meraih bintang lima dalam hal keselamatan lho dan sempat jadi mobil terlaris. 

Itulah deretan mobil milik Rano Karno yang tercantum di LHKPN. Cukup beragam ya, ada SUV, MPV, dan hatchback juga. (Editor: Chaerunnisa)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.