Berharta Rp 3,8 Triliun, Sandiaga Uno Ternyata Cuma Punya 2 Mobil Lho

3 menit
sandiaga uno
Sandiaga Uno dan Keluarga (instagram @sandiuno)

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno emang super tajir. Dan semua udah tahu itu. Wajar aja sih. Dia adalah seorang pengusaha dengan kekayaan Rp 3,8 triliun.

Tapi anehnya nih, dia cuma punya dua mobil lho. Dan itu juga bukan mobil mewah.

Sebelum jadi orang nomor dua di DKI Jakarta, Sandiaga adalah bos sekaligus pendiri perusahaan PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. Perusahaan yang dia dirikan bersama Edwin Soeryadjaya itu adalah salah satu perusahaan investasi sekaligus konglomerasi terbesar di Indonesia.

Saratoga memiliki investasi di perusahaan batu bara Adaro Group pada 2001, dan di tahun 2004 Saratoga bersama Provident Capital berinvestasi di sebuah perusahaan telekomunikasi independen. Alhasil, lahirlah Tower Bersama Infrastructure Group (TBIG).

Sementara itu pada 2010, Saratoga juga menjadi investor bagi Mitra Pinasthika Mustika (MPM) buat melebarkan sayap bisnisnya di bidang otomotif. Perusahaan ini resmi melantai di bursa saham pada 2013.

Balik lagi nih ke mobilnya pak Sandiaga Uno yang kabarnya cuma ada dua. Ternyata ada alasan khusus lho kenapa jumlah mobil bang Sandiaga cuma sedikit.

Bang Sandi ini juga udah ditawarin mobil dinas tapi katanya sih gak diambil. Padahal mobil dinasnya itu Lexus lho.

Sebelum bahas apa alasannya, kita cari tahu dulu yuk apa aja mobil-mobilnya bang Sandiaga.

1. Nissan Grand Livina

sandiaga uno
Nissan Grand Livina Sandiaga Uno (Tribunnews)

Mobil tipe multi purpose vehicle alias MPV keluaran Nissan ini pertama kali mengaspal di Indonesia pada 2007. Livina sejatinya adalah produk yang dipersiapkan Nissan buat menandingi Avanza dan Xenia.

Dari segi desain, Grand Livina mirip station wagon atau sedan yang gak berbuntut. Dan emang sih, mobil ini cukup nyaman bahkan lebih nyaman dari mobil MPV lainnya karena mengadopsi rasa sedan.

Mobil ini menggendong mesin berkapasitas 1.498 cc. Total tenaga maksimumnya adalah 107 Hp dan torsi maksimum di 143 Nm.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkannya, harga mobil itu adalah Rp 125 juta.

2. Nissan X-Trail

sandiaga uno
Mobil X-Trail Sandiaga Uno (Liputan 6)

Yang kedua adalah mobil dari Nissan juga, tapi berjenis sport utility vehicle alias SUV. Ya, apalagi kalau bukan Nissan X-Trail. Mobil ini adalah salah satu produk terlarisnya Nissan.

Apa yang bikin X-Trail laris? Tentu aja gak cuma karena mobil ini keren dari segi desain, melainkan juga karena ketangguhannya.

Mesin X-Trail berkapasitas 2.500 cc dan responsif banget. Sebenarnya, X-Trail punya dua varian mesin, 2.000 cc dan 2.500 cc.

Interiornya X-Trail juga mewah, dan udah pasti nyaman banget. Mobil ini juga bisa mengangkut banyak penumpang.

Dalam laporan LHKPN, Sandiaga menyebutkan bahwa mobil X-Trailnya seharga Rp 250 juta.

Kenapa Sandiaga Uno cuma punya dua mobil?

sandiaga uno
Dua mobil saja sudah cukup (Republika)

Seperti yang dijelaskan di atas, ada alasan khusus mengapa Sandiaga Uno cuma punya dua mobil. Dan ternyata hal itu emang bukan buat pencitraan seperti yang diduga banyak orang.

Dalam perbincangannya dengan Kompas pada 2017 di sebuah acara di Gramedia Matraman, Sandiaga menjelaskan bahwa pemilihan mobil itu ada hubungannya dengan bisnisnya. Lebih tepatnya MPM.

MPM Auto merupakan dealer resmi dari mobil Nissan dan Datsun. Perusahaan ini dinobatkan sebagai jawara di Nissan Global Award yang diprakarsai Nissan Motor Co, ltd.

Kalau konteksnya udah gini ya jelas aja bang Sandi pasti menolak diberikan mobil dinas dari merek bukan Nissan. Pasti dia bakal dianggap gak mendukung produk yang dia distribusikan. Bener, kan? Ya iya dong.

Kalau ketahuan pakai merek lain, tentunya banyak orang bertanya-tanya dong. Masa iya bosnya perusahaan distribusi Nissan tapi naik Toyota, atau Honda, atau Suzuki.

Itulah alasan kuat kenapa Sandiaga Uno cuma punya dua mobil.

Terlepas dari mendukung perusahaan sendiri, pemilihan dua mobil itu juga tergolong cerdas. Nissan Grand Livina dan X-Trail tergolong mudah dalam hal perawatan. Tentunya gak bakal makan biaya banyak kalau cuma servis atau ganti sparepart.

Mantep juga nih pilihannya bang Sandiaga Uno!

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong