5 Mobil Sedan Tahun 2000-an, di Bawah Rp 100 Juta, dan Masih Oke Buat Mejeng

3 menit
Audi A4 Jadi Salah Satu Mobil Sedan di Bawah Rp 100 Juta (Shutterstock).
Audi A4 Jadi Salah Satu Mobil Sedan di Bawah Rp 100 Juta (Shutterstock).

Meski kini trend mobil SUV,MPV, dan LCGC tengah marak, mobil sedan tidak kehilangan popularitas di kalangan para penggemarnya. Bentuknya yang simpel dan universal membuat mobil jenis ini tak lekang oleh waktu. 

Tapi, setiap tahunnya tentu produsen mobil selalu menyematkan inovasi-inovasi baru, entah itu dari segi eksterior maupun interior. Inilah yang membuat penggemarnya tidak akan merasa bosan untuk menjajal sedan-sedan terbaru. 

Semakin ke sini, tentunya harga mobil makin mahal, termasuk jenis sedan. Jadi, kalau kamu berminat untuk mejeng dengan sedan teranyar, mesti rogoh kocek dalam-dalam. Bagaimana kalau budget pas-pasan? 

Tenang aja, ada banyak pilihan mobil sedan bekas murah, harganya di bawah Rp 100 juta, keluaran tahun 2000an, tapi masih keren buat dipakai mondar-mandir. Berikut ini pilihannya!

1. Sedan BMW E46

Mobil Sedan
Sedan BMW E46 (Shutterstock).

Mobil sedan BMW memang gak ada matinya. Meskipun terus mengeluarkan model-model terbarunya, seri yang lama tetap layak untuk dilirik, salah satunya seperti BMW E46. 

Mobil ini pertama kali hadir di Indonesia sekitar tahun 2000an awal, menjadi salah satu sedan mewah pada masanya. Bekasannya sudah banyak dijual di situs-situs online, seperti OLX maupun Carmudi, dengan harga yang gak sampai Rp 100 juta. 

Pasarannya, harga mobil yang memiliki kapasitas mesin 2.000cc sekitar Rp 70-90 jutaan. Harga tersebut tentu berdasarkan kondisi fisik dan mesinnya, kalau performanya masih prima otomatis harganya semakin tinggi. 

2. Mercedes Benz C240 

Mobil Sedan
Mercedes Benz C240 (WIkimedia)

Satu lagi sedan mewah pada masanya, yaitu Mercedes Benz C240. Meski ngetrend di tahun 2000an awal, desain eksteriornya masih terlihat elegan di tahun-tahun sekarang. 

C240 dibekali dengan mesin tipe M112, V6, berkapasitas 2,6 liter. Dengan mesin ini, C240 bisa melaju dengan kecepatan tinggi, tapi tetap halus saat dikendarai. 

Harga Mercedes Benz bekas yang satu ini masih sekitar Rp 80-90 jutaan untuk keluaran tahun 2001-2004. Tapi kalau mau menggondolnya kamu harus siapkan kocek mahal untuk biaya perawatannya. Belum lagi sparepart yang tergolong mahal dan langka. 

3. Honda City 

Mobil Sedan
Honda City (Shutterstock).

City merupakan salah satu sedan andalan dari Honda selama lebih dari 30 tahun lamanya. Di Indonesia sendiri Honda CIty saat ini masih dilirik banyak pecinta sedan. Ada dua keunggulan yang bisa dibanggakan dari City, yaitu performa mesin dan konsumsi bahan bakarnya yang irit. 

Honda City VTEC yang lahir pada tahun 2002an salah satu yang masih sering kelihatan mondar-mandir. Mobil ini disematkan mesin 1,5 liter yang dinamai i-DSI. Dengan teknologi ini konsumsi bahan bakarnya sangat irit dibandingkan mobil-mobil lainnya. 

Harga Honda City tahun 2005-an di OLX masih sekitar Rp 75 jutaan. 

4. Mitsubishi Lancer Evo 4

Mobil Sedan
Mitsubishi Lancer Evo 4 (Shutterstock)

Mobil sedan bekas, murah, dan masih keren selanjutnya adalah Mitsubishi Lancer Evo 4. Mobil ini lahir sekitar tahun 90an akhir sampai 2000an awal. Meski tergolong tua, desainnya eksterior tetap futuristik hingga saat ini. 

Kebanyakan para pemiliknya menjadikan Lancer Evo 4 sebagai mobil modifan, karena bentuknya yang elegan dan mesinnya gahar. Mesinnya bertipe 4 silinder dengan kapasitas 1.600cc. 

Soal harga, Lancer Evo 4 keluaran tahun 2000 dibanderol seharga Rp 70 jutaan. Tapi kalau sudah modifikasi harganya bisa sampai lebih dari Rp 100 jutaan. 

5. Audi A4 

Mobil Sedan
Audi A4 (Shutterstock).

Sedan yang apik buat mejeng tapi harganya di bawah Rp 100 juta salah satunya Audi A4. Audi A4 keluaran tahun 2000-2004 pasarannya dihargai Rp 60-90 jutaan. 

Meski keluaran tahun 2000an awal, bentuk eksteriornya masih terlihat elegan untuk masa-masa saat ini. Belum lagi interiornya yang mewah karena materialnya didominasi oleh kulit. 

Nah itu tadi deretan mobil sedan lawas yang masih gagah dipakai saat ini. Kira-kira kamu pernah pakai yang mana? (Editor: Winda Destiana Putri).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.