Seharga Miliaran Rupiah, Ini Dua Mobil SUV yang Jadi Favorit Ahok

3 menit
Ahok gemar mengendarai mobil SUV selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta (Instagram).

Selama berdinas, Basuki Tjahaja Purnama alias BTP memang sering terlihat menggunakan mobil SUV. Pria yang dulu akrab disapa Ahok ini juga mengaku bahwasannya, dirinya lebih menyukai SUV ketimbang mobil tipe lain.

Walau bongsor dan gak bisa nikung, SUV memang sanggup melahap segala medan. Mau jalanan gak beraspal, lumpur, maupun wilayah yang terendam banjir pun bisa diterobos oleh sebuah mobil SUV.

Menurut laporan dari media di tahun 2017, BTP dikabarkan memiliki total kekayaan puluhan miliar Rupiah namun dia sama sekali gak punya mobil. Pria kelahiran Belitung Timur ini lebih memilih membeli aset properti ketimbang kendaraan.

Akan tetapi, semasa dinas dan kampanye, dia cukup sering menggunakan dua SUV ini. Penasaran sama mobil dan harganya? Berikut ulasannya.

Baca juga: Ini yang Perlu Diwaspadai Semua Zodiak di Tahun Babi Tanah, Hati-Hati Ya!

1. Jeep Rubicon

Jeep Rubicon Ahok (Detik).

BTP memang sering terlihat menggunakan mobil ini saat kampanye Pilgub DKI. Mobil berwarna abu-abu itu juga kerap disebut sebagai salah satu tunggangan favoritnya.

Menurut BTP, dia memang sangat mencintai Jeep lantaran mobil buatan Negeri Paman Sam itu gak ribet soal perawatan. Beda dengan mobil-mobil buatan Jerman yang gak bisa sembarangan soal servis.

Sayangnya gak ada informasi lebih lanjut soal varian Rubicon yang sering digunakan oleh BTP. Namun secara garis besar, Rubicon sendiri hadir dalam dua varian yaitu yang pintu dua dan pintu empat.

Mesin Rubicon yang digunakan BTP dipastikan menggendong mesin V6 Pentastar berkapasitas 2.700 cc. Sejatinya, kapasitas mesin Rubicon lawas memang masih besar, bahkan ada yang 3 ribu cc. Namun yang keluaran terbaru sudah menciut jadi 1995 cc.

Harga terbaru mobil SUV ini berkisar antara Rp 1,4 dan Rp 1,5 miliaran. Bekasnya juga masih cukup tinggi lho.

Baca juga: 8 Destinasi Wisata Gratis di Singapura Ini Bikin Pelesiranmu Makin Seru Lho!

2. Land Cruiser VX 200 2017

Land Cruiser VX 200 2017 (Detik).

Setelah bebas dari tahanan, BTP tampil dalam vlog terbaru yang dia buat bersama putra sulungnya. Di situ, Ahok terlihat ngobrol bersama putra sulungnya Nico Sean di mobil Land Cruiser VX200 keluaran 2017.

Ahok sendiri mengaku dirinya sudah ngebet mau mengemudikan Land Cruiser dan touring ke luar kota. Akan tetapi, dia harus bikin SIM dulu mengingat SIMnya memang sudah kedaluwarsa.

Mobil SUV favorit BTP yang satu ini dibekali mesin V8 turbo diesel berkapasitas 4.461 cc. Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan mobil ini mencapai 235 tk sementara itu torsinya sangat berlimpah, alias mencapai 616 nm.

Jenis mesin diesel yang dimiliki Land Cruiser ini adalah commonrail. Dan berkode 1 VD-FTV.

Bicara soal harganya, sejatinya ada dua tipe Land Cruiser yang dirilis Toyota untuk saat ini. Dua-duanya harganya lebih dari Rp 2 miliar.

Dan gak usah kaget juga lho jika kamu melihat harga bekasnya. Mobil ini juga masih dijual di harga yang sangat tinggi mengingat peminatnya cukup banyak.

Baca juga: Gak Usah Takut Apalagi Ragu, Begini Tips Membeli Saham Bagi Wanita Pemula

Interiornya pun cakep banget, terlihat bahwa mobil ini menggunakan jok bermaterial kulit. Pastinya sangat nyaman buat diduduki.

Itulah dua mobil SUV favorit BTP yang sering terlihat di media. Semuanya gagah dan harganya juga mencapai miliaran Rupiah.

Sejatinya, apapun mereknya, mobil SUV memang kerap dipandang sebagai mobil yang tangguh untuk melibas segala medan. Hal itu disebabkan karena ground clearance dari mobil ini cukup tinggi ketimbang MPV.

Akan tetapi semakin besar kapasitas mesin sebuah SUV, alangkah lebih baik kalau mesinnya diesel. Mengapa? Ya silahkan saja dikira-kira konsumsi BBMnya jika 4 ribu cc tapi mesin bensin. (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!