Pakai Kayu Indonesia, Ini Mobil Termahal di Dunia yang Harganya Rp 190 M

4 menit
Rolls Royce Sweeptail, mobil termahal di dunia. (Topspeed.com)
Rolls Royce Sweeptail, mobil termahal di dunia. (Topspeed.com)

Mobil termahal di dunia memang bukan berasal dari merek Lamborghini, Ferrari, Bugatti atau Koenigsegg. Mobil itu ternyata adalah salah satu varian dari pabrikan mobil mewah asal Inggris. Apalagi kalau bukan Rolls Royce.

Bukan rahasia lagi bahwa Rolls Royce Sweeptail telah laris terjual di tahun 2017 dengan harga US$ 13 juta atau setara dengan Rp 190 miliar! Udah sama kayak rumah mewah tentunya atau bahkan lebih mahal.

Sayangnya, pihak Rolls Royce gak bersedia memberitahu identitas pemilik mobil itu. Kabarnya memang hal ini merupakan kebijakan produsen mobil tersebut untuk melindungi privasi pelanggan.

Apa sih yang membuat Rolls Royce Sweeptail jadi mobil termahal di dunia? Apa bedanya Sweeptail dengan Phantom atau Ghost yang dimiliki Tung Desem Waringin?

Gimana kalau kita ulas saja fakta-fakta menarik mobil mahal ini. Yuk simak ulasannya.

1. Terinspirasi desain Rolls Royce tahun 1920

Rolls Royce Sweeptail terinspirasi desain Rolls Royce tahun 1920. (Topspeed.com)
Rolls Royce Sweeptail terinspirasi desain Rolls Royce tahun 1920. (Topspeed.com)

Desain dari Sweeptail ternyata mengadopsi desain pendahulunya yang lahir pada 1920 silam. Penampakan interior mobil termahal di dunia ini gak kayak mobil pada umumnya, melainkan kayak kapal pesiar yang luar biasa mewah.

Bisa dibilang desain ini adalah persilangan dari Phantom I 1925, Phantom II 1934 Streamline Saloon, Phantom II 1934 Two Door Light Saloon dan Phantom Coupe 1934. Makanya mobil ini benar-benar keren, wong “DNA”-nya saja sudah bagus.

Konsep desain ini jelas gak dimiliki oleh pabrikan mobil manapun. Itulah yang akhirnya menjadikan Sweeptail sebagai sebuah mobil yang eksklusif, gak pasaran, dan gak ada yang mampu beli juga karena saking mahalnya.

Usut punya usut, salah satu arsitek di balik Sweeptail adalah Giles Taylor. Dia memang berhasil menjadikan mobil ini sebagai yang termahal sekaligus terlangka di dunia.

CEO Rolls Royce, Torsten Müller-Otvös juga mengatakan bahwa Sweeptail adalah mobil yang luar biasa. Rolls Royce gak akan membuat para pelanggannya kecewa ketika mengeluarkan uang yang banyak untuk memiliki mobil mewah buatan mereka.

2. Mobil modern satu-satunya dengan grill terbesar

Rolls Royce Sweeptail punya grill yang besar. (Instagram)
Rolls Royce Sweeptail punya grill yang besar. (Instagram)

Walaupun mobil ini dirilis tahun 2017 dan notabennya modern, tapi secara desain Rolls Royce memang klasik. Malah, sempat dibilang bahwa Sweeptail adalah satu-satunya mobil modern dengan grill yang sangat besar.

Sementara itu, bagian depannya juga dilengkapi dengan desain bemper dan lampu baru. Aksen alumunium di bagian depannya juga membuat mobil ini makin gagah.

Apalagi, mobil ini adalah coupe alias dua pintu! Otomatis, kesan eksklusifnya pun makin ketara. Ditambah lagi, bagian atapnya kalau diperhatikan mirip dengan yacht.

3. Kabin minimalis tapi mewahnya gak ketulungan

Kabin minimalis Rolls Royce mewah banget. (Instagram)
Kabin minimalis Rolls Royce mewah banget. (Instagram)

Namanya juga mobil termahal di dunia, udah gak mungkin dashboardnya sama kayak mobil-mobil di pasaran.

Dashboard dari Sweeptail terbuat dari kayu Ebony yang asalnya dari Makassar. Bangga juga ya ada material Indonesia di dalam mobil termahal ini! Di atas dashboard, ada jam merek Rolls Royce.

Kayu Ebony Makassar berwarna hitam kecokelatan dengan tekstur seratnya yang khas. Dan biasanya, kayu tersebut digunakan untuk material gitar listrik di bagian fretnya.

Dan memang bukan rahasia lagi, Ebony Makassar merupakan saingan dari Ebony Brazil yang warna hitamnya lebih legam.

Kabin Rolls Royce Sweeptail memang sangat elegan karena dilengkapi panoramic roof dan bertabur lampu. Sementara itu untuk joknya, mobil ini menggunakan jok GT Classic untuk memperkuat kesan eksklusif.

Kabin Rolls Royce mewah banget. (Instagram)
Kabin Rolls Royce mewah banget. (Instagram)

Di mobil itu juga ada meja champagne yang bisa disetting otomatis. Bisa dibilang, konsep interiornya kayak rumah minimalis yang elegan. Semakin simple dan sederhana, justru makin kelihatan elegannya.

Dalam mobil itu juga terdapat rak-rak kayu dan panniers dari serat carbon yang bisa memudahkan pemilik buka laptop di mobil. Luar biasa eksklusif bukan? Ini adalah mobilnya bos-bos yang sudah sukses!

4. Mesinnya luar biasa kuat dan ganas

Rolls Royce diperkuat mesin 12 silinder. (Instagram)
Rolls Royce diperkuat mesin 12 silinder. (Instagram)

Selain punya interior yang sangat berkelas dengan material pilihan, Rolls Royce juga gak ingin mobil buatannya cuma mengandalkan kemewahan. Soal mesin ya wajib banget hukumnya untuk jadi kuat dan ganas.

Bisa dibilang, mobil berkonsep elegan ini juga bisa lari kencang. Walaupun gak sekencang supercar Lamborghini, Ferrari, Koeniggseg, dan kawan-kawan, tapi cukup kencang untuk sebuah mobil mewah yang erat kaitannya dengan kenyamanan.

Mobil termahal di dunia ini diperkuat mesin berkapasitas 6,75 liter 12 silinder! Wow, ini merupakan spesifikasi yang mirip dengan Lamborghini Aventador!

Akan tetapi, tenaga maksimal yang dihasilkan mobil ini tentu gak sebesar Aventador ya. Karakter mesinnya beda, bobot mobilnya pun beda, belum lagi material interior di dalamnya juga berkontribusi dalam menambah bobot total.

Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan mobil ini kabarnya mencapai 453 tk! Sementara itu torsinya 531 nm. Sangat bertenaga tentunya.

Itulah mobil termahal di dunia yang harganya benar-benar setara dengan rumah para selebriti Hollywood!

Sweeptail mungkin bukan sekadar mobil yang fungsinya sebagai alat transportasi. Ini adalah sebuah masterpiece yang tak ternilai harganya.

Dan sebagai mobil mewah, tentu saja Rolls Royce Sweeptail gak akan sama dengan mobil-mobil lain yang harganya terdepresiasi. Bisa jadi mobil ini akan semakin mahal dan dicari kolektor di masa depan, mengingat eksklusifitasnya yang gak ternilai. (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.