Pilihan Beda Jelang Mudik Lebaran, Segini Harga Mobil Vios Bekas Sekarang

3 menit
Mobil vios bekas yang kini banyak dicari untuk armada mudik ke kampung halaman (Carmudi).

Menjelang mudik lebaran tahun ini, harga mobil Vios bekas rupanya cukup dicari di mesin pencari online. Hal ini disinyalir lantaran banyak masyarakat yang tengah mencari armada mudik, dan mobil bekas adalah salah satu alternatifnya. Selain cost-nya tentu lebih rendah dibandingkan harga mobil baru, pilihannya pun beragam.

Toyota Vios memang sebenarnya cukup banyak diminati meskipun mengusung model sedan dimana kurang banyak diminati oleh masyarakat pada umumnya.

Seperti yang kita tahu, kebanyakan orang tentu akan lebih memilih mobil keluarga yang punya kapasitas penumpang hingga 7 penumpang. Bahkan dalam kurun beberapa tahun ini, tren mobil keluarga MPV mulai bergeser ke model SUV yang dianggap punya daya jelajah lebih advance.

Melansir laman Carmudi kami mencoba untuk merangkum perihal harga mobil Vios bekas hingga di awal kuartal II tahun 2019. Menariknya, Vios pun bisa menjadi pilihan terbaik bagi pemilik mobil pertama yang mengidamkan mobil berharga di bawah Rp100 jutaan.

Toyota Vios bisa menjadi pilihan buat masyarakat yang ingin tampil beda, artinya tidak ingin melulu ikutan tren MPV atau SUV. Secara garis besar harga mobil Vios bekas lansiran 2008 hingga 2010 bisa jadi pilihan yang sangat layak.

Baca juga: Ramah Kantong! Deretan Mobil China yang Merajai dan Senja di Indonesia

Sejarah Toyota Vios

Mobil Vios Bekas
Mobil Vios bekas taksi (Carmudi)

Toyota Vios adalah mobil sedan kecil yang dibuat oleh Toyota untuk pasar Asia Tenggara. Vios juga dibuat dan dijual di Cina.

Vios menggunakan platform P yang sama dengan Vitz/Yaris, dan Echo/Platz. Seperti mobil kecil Toyota lainnya yang menggunakan platform sama, Vios juga memiliki dashboard dengan panel instrumen di tengah.

Generasi pertama diluncurkan pada tahun 2003-2007, Vios di Asia Tenggara bermesin 1500 cc 1NZ-FE. Di Filipina ada yang menggunakan mesin 1300 cc 2NZ-FE. Vios di Cina bermesin 1300 cc 8A-FE, atau 1500 cc 5A-FE.

Trim level untuk Asia Tenggara adalah J (standard), E (kelas menengah), S (sporty dengan body kit), dan G (mewah dengan instrumen digital). Vios bermesin turbo 1500 cc (trim level S) dengan body kit hanya dipasarkan di Thailand.

Di Indonesia, model yang beredar adalah trim level E (hanya transmisi manual) dan G (tersedia manual dan otomatis). Model dasar untuk taxi disebut Limo merupakan tipe J di negara lain.

Baca juga: Dibanderol Rp 400 Jutaan, Ini Spesifikasi Lengkap Crossover Premium Mazda CX-3

Harga Mobil Vios Bekas Taksi Lebih Rendah

Mobil Vios Bekas
Vios sering dipakai untuk taksi

Toyota Vios juga punya varian rendah, Limo yang digunakan sebagai armada taksi. Sudah tentu, mobil taksi akan punya sejarah pemakaian yang melebihi kewajaran.

Sehingga kesehatan mesin dan komponen lainnya pun patut diwaspadai. Ciri awalnya, ya dari harga mobil Vios dengan banderol terlampau murah boleh dicurigai kesehatannya.

Pada dasarnya Limo hanya dibekali aksesori yang kalah lengkap dibanding Vios. Tetapi bagian mesin, bodi dan sasis sama persis dengan Vios.

Perbedaan antara keduanya yaitu pada kelengkapan fitur pendukung dan kenyamanan. Limo biasanya hanya dijual dengan fitur minim karena fungsinya hanya sebagai alat angkut.

Untuk pemakaian mobil pribadi, Toyota menyiapkan fitur standar yang lebih canggih dan penampilannya pun tentu lebih kece pada Vios. Pasalnya, Vios dibekali pelek alloy dan tambahan body kit OEM untuk tipe tertinggi.

Perhatian kembali ke persoalan dapur pacu. Perbedaan mencolok antara Toyota Vios dan Limo sebagai mobil bekas taksi adalah pada jarak tempuhnya. Apabila speedometer masih bawaan, akan terlihat jelas jarak tempuh Limo cenderung lebih tinggi.

Dalam kurun waktu lima tahun saja, biasanya jarak tempuh Limo bisa mencapai 300 km. Ini lebih tinggi dua kali lipat dibandingkan pemakaian normal Vios dengan kurun waktu yang sama.

Kesimpulan dari harga mobil Vios bekas ini bisa dilihat dari selisih harga antara Vios dengan Limo yang berkisar antara Rp 30 – Rp 40 jutaan untuk keluaran di tahun yang sama. Nah kira-kira apakah kamu tertarik membelinya buat mudik lebaran nanti? (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!