5 Cara Mudah Mendapatkan Modal Investasi Biar Kaya Raya Seperti Warren Buffett

3 menit
Modal Investasi Bisa Didapatkan dengan mudah (Shutterstock).
Modal Investasi Bisa Didapatkan dengan mudah (Shutterstock).

Banyak orang yang kepentok modal investasi karena masih saja beranggapan kalau investasi itu hanya diperuntukkan buat orang-orang tajir.

Padahal di era yang sudah serba modern seperti ini, kamu udah bisa berinvestasi dengan modal murah meriah. Bahkan ada yang hanya perlu mengeluarkan uang Rp 100 ribu lho.

Meski begitu, masih ada saja orang yang enggan menggelontorkan uang setiap bulan dengan alasan penghasilannya pas-pasan buat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Tapi gak perlu khawatir, kalau kata pepatah “banyak jalan menuju Roma”, jadi banyak sekali jalan untuk menggapai sesuatu. Salah satunya mendapatkan modal investasi tanpa perlu mengutak-ngatik penghasilanmu yang memang sudah memiliki pos-pos masing-masing.

Asalkan memang niat dan memiliki pendirian kuat. Apapun caranya asal masih dijalan yang benar, kamu pasti bisa kok tajir lewat investasi seperti Warren Buffett yang kisahnya sangat inspiratif.

Pasalnya, kemahirannya dalam berinvestasi membuat pengusaha sekaligus investor tersukses di dunia itu menjadi orang terkaya ketiga di dunia menurut Forbes dengan total kekayaan mencapai US$ 84,5 miliar yang jika dirupiahkan sekitar Rp 1.206 triliun.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan modal investasi? Berikut lima caranya:

1. Menjual barang tak terpakai

Modal Investasi
Menjual barang gak terpakai (Shutterstock).

Punya barang yang sudah tak terpakai di rumah? Nah, daripada cuma bikin rumah semakin sumpek dan bahkan bisa menjadi sarang nyamuk, alangkah baiknya jika kamu jual.

Ditambah lagi kini sudah sangat mudah menjual barang bekas untuk menghasilkan uang yang bisa kamu gunakan untuk modal investasi.

Kamu bisa menjualnya dengan membuat akun sosial media khusus barang-barang preloved kamu atau menjual di situs jual beli khusus barang bekas. Salah satunya adalah Carousell.

2. Mencari freelance atau part time

Modal Investasi
Mencari pekerjaan lepas (Shutterstock).

Freelance atau part time juga bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang tambahan yang memang akan kamu alokasikan untuk investasi.

Misalnya saja kamu bisa menulis artikel, nah kamu bisa banget tuh mengambil job itu untuk mengisi waktu luang di akhir pekan.

Selain itu, jenis pekerjaan yang satu ini juga bisa kamu lakukan di rumah karena hanya bermodalkan internet dan tentu saja laptop.

Setiap artikel yang dihasilkan, kamu akan mendapatkan bayaran tergantung dengan kebijakan masing-masing perusahaan.

3. Menyisihkan Rp 10 ribu setiap hari

Modal Investasi
Menabung setiap hari (Shutterstock).

Gak punya barang bekas dan gak punya keahlian khusus juga buat melakukan freelance. Gak perlu khawatir, kamu masih tetap bisa kok mendapatkan modal investasi. Gimana caranya?

Ya, mulai dengan menyisihkan uang setiap hari. Gak perlu besar, sebagai tahap awal, kamu hanya perlu menggelontorkan uang Rp 10 ribu ke dalam celengan.

Perlu kamu ketahui kalau faktor utama keberhasilan investasi itu adalah konsisten. Jadi, setiap bulan kamu diharuskan untuk melakukan top up dana agar nominal investasi kamu semakin besar dan berkembang biak. Dengan begitu, keuntungan atau return yang kamu dapatkan juga lebih maksimal.

Asal kamu konsisten setiap hari menyisihkan Rp 10 ribu. Maka dalam sebulan kamu sudah mendapatkan uang Rp 300 ribu. Lumayan banget kan?

4. Memulai bisnis sampingan

Modal Investasi
Bisnis sampingan (Shutterstock).

Cara mudah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang agar bisa mendapatkan modal investasi adalah dengan mulai melakukan bisnis sampingan.

Kamu bisa menjual makanan atau pakaian di bazar saat akhir pekan maupun di online shop. Kalau tidak punya modal, kamu bisa menjadi dropshipper atau reseller.

Asal bersungguh-sungguh dan rajin, kamu bisa mengantongi uang ratusan ribu hingga jutaan rupiah setiap bulan.

5. Menyewakan ruangan kosong di rumah

Modal Investasi
Sewa ruangan di rumah (Shutterstock).

Ada ruangan kosong di rumah yang memang tak ditempati, nah daripada berdebu dan hanya dijadikan sebagai gudang, lebih baik ruangan tersebut disewakan untuk kos-kosan.

Kamu hanya perlu mempromosikan lewat internet atau menempelkan tulisan di pagar depan rumah. Lumayan banget lho, kamu bisa mendapatkan passive income secara konsisten. Jadi, gak perlu khawatir lagi cari duit buat investasi.

Bahkan kalau investasi kamu berjalan lancar, bisa-bisa kamu jadi juragan kos-kosan. Bermula dari satu pintu menjadi puluhan hingga ratusan pintu. Enak kan?

Nah, itu dia lima cara mudah mendapatkan uang untuk modal investasi agar nama kamu bisa masuk ke dalam daftar Forbes. Seru dan gak menyiksa kan? Yuk, mulai berinvestasi dari sekarang. (Editor: Winda Destiana Putri).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.