6 Cara Mudah Mendapatkan Pekerjaan Hanya Bermodalkan Profil LinkedIn

4 menit
profil linkedin
Dapat kerja lewat optimasi profil LinkedIn. (Shutterstock)

Profil LinkedIn yang kamu miliki kini menjadi salah satu modal untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan. Tapi bukan sembarang profil, karena kamu perlu mempercantiknya dengan beragam informasi yang bisa meningkatkan ‘nilai jualmu’ di perusahaan perekrut. 

LinkedIn merupakan media sosial untuk kalangan profesional. Berbeda dengan Twitter dan Facebook, di sini informasi yang tersajikan lebih tentang informasi-informasi seputar kerjaan, tips karier, saling berbagi pemikiran cerdas, dan tentunya lowongan pekerjaan. 

Dengan LinkedIn, kamu dimungkinkan membangun jaringan seluas-luasnya dengan siapa saja di kalangan profesional. Nah berikut ini kita mau kasih tips bagaimana caranya cepat dapat kerja hanya dengan modal profil LinkedIn seperti dikutip dari Robert Walters

Baca juga: Berharta Rp 26 Triliun tapi Ogah Punya Mobil Mewah! Ini 5 Fakta Pendiri LinkedIn

1. Lengkapi profil LinkedIn

profil linkedin
Lengkapi profil kamu. (Instagram/@linkedin)

Agar profil milikmu dilirik HRD lengkapi seluruh kolom yang ada. Mulai dari ringkasan diri, riwayat karier, riwayat pendidikan, skill, dan lain-lainnya. Semakin lengkap data yang diisikan, semakin besar pula peluang profilmu untuk dilirik oleh perusahaan.

Jangan lupa juga untuk mengunggah foto profilmu. Usahakan gunakan foto yang resmi dengan pakaian rapi. Menggunakan foto resmi memiliki kemungkinan lebih besar untuk dilirik oleh HRD. 

Baca juga: 5 Tips Modif Profil LinkedIn Biar Dilirik Para Perekrut Karyawan

2. Bangun jaringan sebanyak-banyaknya 

profil linkedin
Bangun jaringan. (Instagram/@linkedin)

Kesalahan terbesarnya para pengguna LinkedIn adalah, mereka cenderung hanya terhubung dengan orang-orang yang dikenal saja. Perlu diingatkan bahwa LinkedIn itu bukan media sosial semacam Twitter, melainkan media sosial yang memungkinkan kamu memiliki ruang jaringan seluas-luasnya. Jangan malu-malu untuk terhubung dengan orang-orang yang tak dikenal, lebih bagus lagi kalau mereka yang memiliki jabatan tinggi, siapa tahu profilmu bisa dilirik. 

Usahakan untuk menjaring koneksi sebanyak-banyaknya, bahkan sampai 500+. Semakin banyak maka semakin besar pula kesempatanmu untuk dapat kerjaan. 

Baca juga: Cara Buat Akun LinkedIn Memukau Agar Dilirik HRD

3. Jangan lupa merekomendasikan orang lain 

profil linkedin
Akui kemampuan orang lain. (Instagram/@linkedin)

Jumlah rekomendasi atau endorsement dalam skill di LinkedIn merupakan salah satu bentuk pengakuan dari orang lain kalau kamu memang orang yang mumpuni. Perusahaan atau pencari pekerja bakal melihat berapa banyak orang yang mengakui kemampuanmu. Semakin banyak maka semakin besar kesempatanmu untuk dipanggil perekrut. 

Untuk mendapatkan banyak rekomendasi, kamu bisa terlebih dahulu memberikan rekomendasi ke orang lain khususnya terhadap mereka yang pernah bekerja dengan kamu. Dengan begitu, kamu juga bakal menerima rekomendasi dari mereka. Mungkin cara di atas terlalu berbasa-basi ya. Alternatif lainnya, kamu bisa secara langsung meminta rekan-rekan yang pernah bekerja dengan kamu untuk memberikan rekomendasi, tapi dengan imbalan kamu bakal merekomendasikan mereka balik. 

4. Bergabung dengan grup lain 

profil linkedin
Bergabung dengan banyak grup. (Instagram/@linkedin)

Cara lain agar kamu bisa terkoneksi dengan orang lain adalah dengan bergabung ke grup LinkedIn. Di dalam grup biasanya terdapat banyak ahli yang saling berbagi informasi dan tips tentang karier. Gak jarang juga ada yang menebar info lowongan pekerjaan. 

Gabunglah dengan grup yang memiliki minat dan topik sesuai keahlianmu. Misalnya kamu seorang penulis, gabung ke grup SEO atau grup media. 

5. Optimalkan pencarian profilmu

profil linkedin
Optimalkan pencarian profil. (Instagram/@linkedin)

Sama dengan media sosial lainnya, apapun kata kunci yang di-klik di kolom pencarian bakal ditampilkan oleh LinkedIn. Cara seperti ini juga kerap dipakai perusahaan untuk mencari kandidat yang cocok untuk mengisi posisi yang mereka buka. 

Masukkan lebih dari 40 kata di ringkasan tentang diri kamu dan gunakan kata-kata yang umum atau sering digunakan. Hindari kata-kata yang tidak diketahui orang-orang di industrimu. Misalnya kamu seorang guru Bahasa Inggris, maka jelaskan di ringkasan tersebut sejak kapan kamu menjadi guru dan apa visi ke depannya. 

Dengan cara seperti ini, profil LinkedIn milikmu berpeluang lebih besar untuk dilirik oleh perusahaan. 

6. Rajin-rajin melihat lowongan

profil linkedin
Rajin-rajin cari lowongan. (Instagram/@linkedin)

Setelah profil LinkedIn diperindah, jangan lupa juga untuk rajin-rajin melihat lowongan. Setiap harinya pasti ada lowongan baru bermunculan. Beberapa di antaranya ada yang menyematkan mode easy apply yang artinya kamu tinggal klik-klik saja. Tapi ada juga yang mengarahkan kamu langsung ke website mereka untuk menginput CV dan lain-lainnya. 

Itulah enam cara agar cepat dapat kerja hanya bermodalkan profil LinkedIn. Tapi perlu diingat, LinkedIn bukan satu-satunya cara untuk mendapatkan pekerjaan, gunakan media lainnya juga seperti datang ke job fair dan mengecek langsung ke kolom karier perusahaan yang ingin dituju. (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!