Dihargai Puluhan Juta Rupiah, 5 Motor Jadul Legendaris Ini Jadi Buruan Kolektor!

3 menit
Motor jadul
Motor jadul buruan kolektor (YouTube)

Motor jadul seperti hanya uang kuno mulai dilirik para kolektor. Gak bisa dipungkiri, pesona motor zaman dulu memang memiliki daya tarik tersendiri bagi pencinta otomotif.

Bisa dibilang, motor jadul mempunyai makna tersendiri bagi para kolektor karena bisa membuat mereka kembali mengingat masa lalu alias nostalgia.

Namun, hanya segelintiran orang yang masih memiliki motor lawas. Ada yang diurus dengan baik oleh si pemiliknya, tapi ada juga yang rusak karena diabaikan.

Fenomena itulah yang membuat kolektor semakin tertantang untuk memiliki motor zaman dahulu kala. Gak main-main, para kolektor pun tak sungkan untuk menggelontorkan bujet besar untuk membeli motor jadul yang ia inginkan.

Berikut ini lima motor jadul di Indonesia yang kini jadi buruan para kolektor. Apa saja? Yuk, simak di sini:

1. Suzuki GP125

Motor jadul
Motor jadul (suzukicycles.org)

Sepeda motor merek Suzuki tipe GP125 menjadi salah satu motor jadul yang kini banyak diburu kolektor. Motor bergaya sporty yang diproduksi pada awal tahun 1981 ini memiliki desain tampak seperti ekor itik pada bagian belakangnya.

Selain itu, motor tersebut juga memiliki tenaga mencapai 14 daya kuda pada 8.000 rpm. Gak heran kalau motor jadul tersebut jadi salah satu motor balap yang sangat populer di zamannya. Saat ini, motor Suzuki GP125 dijual sekitar Rp 7 jutaan.

Baca juga: Daftar Motor yang Dikenakan PPh 5 Persen, Apa Jenisnya dan Berapa Harganya?

2. Yamaha RX-King

Motor jadul
Motor jadul (Kaskus)

Kamu tentu sudah tak asing lagi dengan motor jadul Yamaha RX-King yang kerap dicap sebagai motor “jambret”.

Bukan tanpa alasan, karena memang jenis sepeda motor satu ini memiliki kecepatan seperti kilat yang superkencang.

Sebenarnya Yamaha telah banyak mengeluarkan banyak tipe untuk model RX. Namun, untuk tipe King memang lebih banyak dilirik.

Motor ini pertama kali muncul pada tahun 1983 dengan nama Yamaha RX-King Cobra karena setang dan tangki bahan bakarnya yang terlihat seperti ular. Motor lawas tersebut dibanderol dengan harga sekitar Rp 13 jutaan. Berminat?

3. Kawasaki Binter Merzy

Motor jadul
Motor jadul (Otoasia)

Sepeda motor Kawasaki Binter Merzy pertama kali diperkenalkan di tahun 1980-an dengan nama asli Kawasaki KZ200 (KZ200) dan sudah terlebih dahulu dipasarkan di Jepang pada 1976.

Lewat PT Bintang Terang Indonesia, motor tersebut menjadi Kawasaki Binter Merzy. Nah, nama Binter merupakan singkatan dari “Bintang Terang” yang tak lain adalah nama distributornya. Motor berjenis sport ini kini ditaksir memiliki harga dengan kisaran Rp 20 jutaan.

4. Suzuki TS125

Motor jadul
Motor jadul (wikimedia)

Selanjutnya, ada juga sepeda motor Suzuki TS125 yang semakin menjadi incaran kolektor. Pasalnya, motor yang diproduksi tahun 1993 ini harus berhenti produksi pada tahun 2005 karena emisi.

Jadi bisa dibilang produksi sepeda motor Suzuki TS125 tidaklah banyak. Gak heran kalau sepeda motor yang satu ini dibanderol dengan kisaran harga Rp 30 jutaan.

5. Kawasaki AR125

Motor jadul
Motor jadul (YouTube)

Sepeda motor Kawasaki AR125 menjadi salah satu motor sport yang paling banyak diburu orang pada zamannya.

Motor ini juga dilengkapi dengan fairing depan dan velg racing keluaran Enkei yang kapasitas mesinnya mencapai 125 cc 2 tak 1 silinder.

Faktor itulah yang membuat motor jadul Kawasaki AR125 masih dijual dengan harga tinggi di pasaran yaitu mencapai Rp 70 jutaan.

Itulah lima motor jadul yang sempat sangat populer pada zamannya dan kini terus menjadi incaran para kolektor. Punya salah satu motor lawas di atas di rumah? Asyik, dapat rezeki nomplok nih! (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.