Direncanakan Sejak 13 Tahun Lalu, Segini Biaya buat Motret Lubang Hitam

3 menit
Bersejarah! Segini Biaya yang Dibutuhkan buat Motret Lubang Hitam, (Ilustrasi/Shutterstock).

Baru-baru ini seluruh dunia digemparkan dengan foto lubang hitam yang pertama kalinya dirilis oleh Event Horizon Telescope. Objek kosmik ini besarnya 6,5 miliar kali dari matahari. Untuk menghasilkan gambar tersebut membutuhkan biaya yang gak murah, kira-kira berapa ya totalnya?

Dari kecil kita mengetahui bahwa lubang hitam adalah sebuah benda luar angkasa yang memiiki gaya gravitasi sangat kuat, saking kuatnya dapat menghisap apapun yang berada di sekitarnya seperti planet, bintang bahkan galaksi sekalipun.

Dan di visualisasikan oleh teknologi komputer, jadi selama ini belum ada foto asli yang dimiliki seperti apa bentuk yang sebenarnya.

Jarak lubang hitam yang berhasil diabadikan tersebut mencapai 55 juta tahun cahaya dari bumi, tepatnya berada di jantung galaksi Messier 87. Bentuknya yang seperti cincin dan memiliki warna oranye membuat takjub ratusan juta netizen di media sosial, menurut kamu gimana?

Usaha keras yang telah dilakukan oleh peneliti buat menghasilkan foto lubang hitam tersebut ternyata memerlukan biaya yang gak sedikit. Penasaran? Berikut ini faktanya:

Baca juga: Bisa Untuk Beli Rumah dan Mobil Mewah, Ini 7 Barang Sehari-hari Termahal di Dunia

Proyek lubang hitam membutuhkan biaya sampai Rp 850 miliar

Lubang hitam
Habiskan Rp 850 miliar buat melakukan penelitian ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dikutip dari Abc 13, sebagai salah satu proyek paling ambisius di dunia, Event Horizon Telescope bertanggung jawab besar atas keberhasilan misi ini yang membutuhkan dana sekitar Rp 850 miliar. Tapi dana tersebut gak berasal dari mereka semua, ada segelintir pemberi dana lainnya yang ikut membantu seperti The National Science Foundation.

Ada beberapa alasan mengapa proyek ini memakan biaya yang mahal. Namun yang paling memakan banyak ongkos adalah operasional teknologi teleskop agar gambar yang dihasilkan bisa jelas walaupun jarak antara bumi dan benda tersebut jauh banget.

Baca juga: Gak Cuma Ada Rawon, Surabaya Punya Universal Studio Mirip Singapura Lho!

Udah direncanakan dari tahun 2006

Lubang hitam
Proyek ini udah direncanakan sejak tahun 2006, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selain biaya yang mahal, waktu yang dibutuhkan buat mengumpulkan foto lubang hitam ini tergolong cukup lama yakni dari tahun 2006. Jadi perlu waktu selama 13 tahun bagi para peneliti sampai merilisnya beberapa waktu lalu.

Sebenarnya mereka baru menemukan titik terangnya pada tahun 2017, ketika mendapatkan sampel dari galaksi Messier 87 yang sebelumnya gak teramati. Jadi bisa dikatakan mereka efektif bekerja mengolah foto selama 2 tahun belakangan.

Baca juga: Bertabur 2 Juta Kristal, Begini Penampakan Lamborghini Sosialita Cantik Ini

Melibatkan paling gak 200 peneliti

Lubang hitam
Lebih dari 200 peneliti terlibat dalam proyek yang menghabiskan Rp 850 miliar ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Buat mengawasi serta menjalankan misi ini diperlukan paling gak 200 peneliti. Salah satu yang menarik perhatian dunia ketika press conference dilakukan terdapat seorang wanita bernama Katie Bouman.

Usianya padahal baru 29 tahun tapi prestasi yang diraihnya terbilang sangat mengagumkan. Dia bertugas menghitung logaritma supaya gambar yang dihasilkan bisa bagus. Kamu mau pengin kayak dia?

Menggunakan 8 teleskop dari seluruh dunia

Lubang hitam
Teleskop dari seluruh dunia membantu penelitian buat menangkap lubang hitam ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Biar hasil foto lubang hitamnya bisa jelas, butuh kolaborasi 8 teleskop yan tersebar di seluruh dunia. Beberapa di antaranya adalah teleskop IRAM dari Spanyol, James Clerk dan Submiiter Array di Hawaii, Submiliter Telescope di Amerika Serikat, ALMA dan Atacana Pathfinder di Chili, Large Militer di Mexico dan South Pole Telescope di Kutub Selatan.

Kerja sama kedelapan teleskop tersebut dikordinasikan oleh Event Horizon Telescope.

Nah, itu dia biaya serta fakta unik di balik proyek foto lubang hitam pertama di dunia. Gimana kesan-kesan kamu tentang proyek tersebut? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan