Catat! 5 Tips Membawa Bekal Makanan Saat Mudik Lebaran, Apa Aja?

4 menit
Catat! 5 Tips Membawa Bekal Makanan Saat Mudik Lebaran, Apa Aja?, (Ilustrasi/Pixabay).

Mudik Lebaran udah menjadi keharusan nih bagi kebanyakan masyarakat Indonesia yang pengin bertemu dan berkumpul dengan keluarga di kampung halaman. Ketika dalam perjalanan mudik, penting juga mempersiapkan bekal makanan lho.

Ketika hendak pulang kampung segala persiapan pasti udah dipikirkan dan disiapkan dari jauh-jauh hari. Mulai dari pesan tiket kepergian dan kepulangan, melakukan servis kendaraan roda empat bagi yang menggunakan mobil pribadi, menyiapkan anggaran mudik lebaran hingga perintilannya.

Perjalanan mudik Lebaran emang bakal menempuh jarak dan waktu yang cukup lama lho. Bermacet-macetan menerobos jalus yang padat saat berpuasa emang menjadi seninya nih bagi orang-orang yang mudik Lebaran.

Jika semua amunisi seperti yang udah disebutkan di atas tadi nih, ada baiknya kamu juga memperhatikan hal ini. Meskipun sepele tapi ini sangat penting banget lho bagi yang pengin menghemat waktu sehingga gak perlu lagi deh buat menepi di rest area dan mengantre pesan makananan.

Nah, buat yang bakal menjalankan mudik lebaran ada baiknya juga mempersiapkan bekal makanan saat pulang kampung. Kedengarannya sepele, tapi jika kamu persiapkan dari rumah dijamin deh bakal mempermudah perjalanan ke kampung halaman.

Yaitu tadi, kamu gak perlu lagi tuh cari parkir yang padat lantaran mesti berebutan dengan pemudik lainnya. Pasalnya kamu udah mempersiapkan bekal makanan buat perjalanan mudik.

Kira-kira apa aja ya yang mesti dipersiapkan buat bekal makanan kamu dan sekeluarga saat mudik? Yuk, kita simak aja di bawah ini:

Baca juga: Deretan Restoran Termahal di Dunia, Bayangin Sekali Makan Rp 30 Juta!

Nasi paling penting buat bekal, sajikan dalam keadaan dingin

mudik lebaran
Nasi dalam keadaan dingin itu perlu banget nih buat bekal saat perjalanan mudik lho, (Ilustrasi/Pixabay).

Nasi udah jadi makanan pokok nih bagi orang Indonesia. Oleh karena itu gak ada salahnya kamu membawa nasi buat bekal perjalanan mudik tahun ini.

Nah, ada tipsnya kalau bisa kamu itu mesti masak sebelum berangkat dan usai matang, sebaiknya dinginkan terlebih dahulu suhunya agar uap panasnya menghilang. Cara ini bakal bikin si nasi bakal bertahan lama dan gak cepat bau.

Baca juga: 7 Tips Aman Mudik Lebaran Menggunakan Mobil

Bawa lauk pauk yang gak mudah basi

mudik lebaran
Bawa aneka lauk pauk yang gak mudah basi ya, (Ilustrasi/Pixabay).

Gak ada salahnya kok membawa nasi dan lauk pauknya buat perjalanan mudik bareng keluarga. Gak usah gengsi karena gak makan di rest area seperti pemudik lainnya, hal itu malah bikin pengeluaran banyak banget nantinya.

Jadi ada baiknya nih kamu membawa nasi dan lauk pauknya. Masak dan bawa lauk pauk yang gak mudah basi ya, misalkan ayam goreng, empal, sambal kering, telur rebus, tempe goreng maupun abon.

Nah, jenis-jenis makanan di atas tadi jelas sangat dijamin nih ketahanan lamanya saat dibawa pulang kampung. Udah gitu praktis ya kan, karena gak mengandung kuah nih.

Baca juga: Persiapan Mudik Lebaran dengan Mobil, Ini yang Wajib Kamu Lakukan Sebelum Berangkat

Pisahkan setiap jenis lauk pauknya

mudik lebaran
Pisahkan jenis lauk pauk yang dibawa agar gak merusak cita rasa makanan kamu, (Ilustrasi/Pixabay).

Ini penting banget lho buat persiapan bekal makanan saat mudik ke kampung. Kamu mesti pintar-pintar memisahkan jenis lauk pauk yang ada. Jangan sampai rasanya nanti tercampur dengan rasa lainnya.

Misalkan kalau kamu membawa ikan goreng ada baiknya nih dipisahkan dari lauk lainnya. Gak mau kalau lauk pauk lainnya ternyata terasa amis karena aroma ikan goreng. Hal ini juga ternyata bikin ketahanan si makanan bakal lama banget nih kalau kamu pisahkan dari lauk pauk lainnya.

Jangan membawa makanan yang mengandung gas atau bikin kembung

mudik lebaran
Jangan membawa bekal makanan dengan masakan yang bikin kembung apalagi pedas, (Ilustrasi/Pixabay).

Ini juga mesti kamu perhatikan nih, apalagi kalau anggota keluarga ada yang memiliki asam lambung dan maag. Ada baiknya kamu jangan menyediakan makanan-makanan yang bisa menyebabkan kembung. Soalnya bakal repot nih kamu mau gak mau mesti mencari obat-obatan buat menangani keluarga yang punya masalah dengan urusan lambung.

Jadi hindari deh menu-menu makanan yang mengandung pedas dan gas. Misalkan sambel mentah, sayur kol, atau nangka. Sedia makanan yang mudah dan simpel serta praktis udah gitu aman nih.

Selalu bawa makanan berserat dan mengandung banyak air bisa sayur maupun buah

Mudik lebaran
Selalu bawa makanan berserat dan mengandung banyak air bisa sayur maupun buah, (Ilustrasi/Pixabay).

Serat itu sangat penting lho bagi tubuh, jadi usahakan bawa bekal makanan saat mudik lebaran itu mengandung banyak serat. Misalkan sayur-sayuran hijau maupun merah atau buah-buahan seperti apel, jeruk maupun pisang yang gak mudah layu saat dibawa pergi mudik.

Nah, itu dia tips mudik lebaran buat bekal makanan yang bisa kamu bawa saat perjalanan menuju kampung halaman. Cara ini juga salah satu gimana kamu bisa menghemat pengeluaran saat pulang kampung. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi yang mulai menyukai seputar dunia investasi, ekonomi dan bisnis. Lebih menyukai dan menghargai sebuah proses dalam mencapai sesuatu! Xoxo...