Agar Nyetir Mudik Lebaran Gak Ngantuk, Batasi 7 Makanan Ini Saat Sahur

3 menit
Ilustrasi Keluarga Mudik Lebaran (Shutterstock)
Hindari 7 makanan bikin ngantuk saat hendak mudik Lebaran (Shutterstock)

Bagi pengemudi kendaraan pribadi sangat penting mengisi perut sebelum berangkat mudik Lebaran. Apalagi, saat bulan puasa, sahur menjadi waktu krusial untuk makan.

Tapi, tahukah kamu ada beberapa jenis makanan yang bisa bikin ngantuk dan sebaiknya dibatasi?

Setelah hampir 11 bulan bekerja di perantauan, orang memanfaatkan kesempatan Lebaran untuk bersilaturahmi dengan teman, tetangga dan orang terdekat.

Pergi pulang kampung menjelang Idul Fitri merupakan momen paling dinanti sebagian besar warga Indonesia yang kangen melepas rindu berkumpul bareng sanak saudara.

Selain membawa badan, tetapi juga ada yang membawa bingkisan seperti pakaian, kue kering dan uang untuk dibagi-bagikan.

Namun, kadang kita masih sering mendengar berita kecelakaan mobil yang terjadi di sepanjang jalur mudik. Salah satu penyebab yang lumrah terjadi karena pengemudi yang mengantuk ketika membawa kendaraannya.

Amit-amit ya, kalau sampai kejadian! Untuk mencegah hal seperti itu terjadi ada baiknya kamu membatasi tujuh makanan ini ketika sahur karena bisa bikin ngantuk dan mengganggu perjalanan mudik Lebaran.

1. Nasi putih

Mudik lebaran
Kurangi mengonsumsi nasi putih saat akan mudik lebaran (Pixabay)

Mengutip Good House Keeping, meski sulit menghindari nasi putih saat sahur merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah diri kamu mengantuk saat bekendara mudik Lebaran.

Salah satu alasan mengapa nasi putih membuat kamu mudah mengantuk, karena mengandung karbohidrat yang tinggi dan berpotensi meningkatkan gula dalam darah. Atau biasa dikenal dengan indeks glikemik.

Baca juga: Lebaran di Jakarta Aja? Ini 5 Spot Menarik yang Bisa Kamu Kunjungi

2. Buah ceri

Mudik lebaran
Jangan mengonsumsi buah ceri saat hendak mudik lebaran (Pixabay)

Ternyata, gak semua buah-buahan memiliki manfaat baik. Contohnya, buah ceri yang bisa menyebabkan kantuk kepada pengemudi.

Dalam sebuah riset yang dibuat European Journal of Nutriotion menyebutkan, buah ceri seberat 1 ons yang dimakan seseorang bisa memberikan efek tidur lebih lama sekitar 30 menit di bandingkan mereka yang gak memakannya.

3. Ikan salmon

Mudik lebaran
Jangan mengonsumsi ikan salmon saat akan mudik lebaran (Pixabay)

Makan sushi ketika sahur mungkin terdengar ide yang cemerlang untuk dicoba sesekali. Tapi, jangan coba-coba lakukan ketika kamu pengin mudik Lebaran. Kenapa?

Pasalnya, ikan salmon mengandung omega-3 yang tinggi. Zat tersebut bakal menghasilkan senyawa bernama melatonin ketika masuk ke dalam tubuh.

Berdasarkan penelitian dari Journal of Sleep Research, zat melatonin bisa bikin seseorang cepat mengantuk.

4. Oatmeal

Mudik lebaran
Hindari mengonsumsi banyak oatmeal saat akan mudik lebaran (Pixabay)

Mengonsumsi oatmeal emang sangat bagus untuk tubuh, karena bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Tetapi kalau dimakan secara berlebihan juga memiliki efek samping cukup mengganggu, yaitu menyebabkan orang yang melakukannya mengantuk.

Pasalnya, oatmeal berpotensi menghasilkan zat melatonin seperti ikan salmon ketika kita konsumsi saat sahur. Jadi, batasi makan oatmeal ya saat mudik Lebaran!

5. Kacang almond

Mudik lebaran
Hindari makan banyak kacang almond saat hendak mudik lebaran (Pixabay)

Buat kamu yang suka nyemil kacang-kacangan, sebaiknya hentikan dulu pas mau berangkat mudik Lebaran. Penyebabnya, kandungan triptofan yang cukup banyak dalam sebuah kacang almond.

Efek senyawa triptofan akan membuat seluruh saraf dan otot jadi rileks dan tenang. Irama jantung juga semakin menurun yang berpotensi membuat mata jadi ngantuk.

6. Ubi jalar

Mudik lebaran
Jangan makan umbi-umbian saat hendak mudik lebaran (Pixabay)

Untuk yang suka makan ubi jalar di menu gorengan, perlu diketahui kalau jenis umbi-umbian ini bisa menyebabkan ngantuk.

Kandungan nutrisi potassium, magnesium dan kalsium yang terkandung di dagingnya bisa membuat badan menjadi rileks, sehingga perlahan-lahan jadi mengantuk.

7. Dark chocolate

Mudik lebaran
Hindari mengonsumsi dark chocolate saat hendak mudik lebaran (Pixabay)

Di urutan terakhir, makanan favorit hampir setiap orang, yaitu dark chocolate. Cokelat terkenal bisa membuat pikiran menjadi bahagia dan rileks.

Itu disebabkan zat serotonin yang ada di dalamnya. Jadi, mending kamu hindari tuh ngemil cokelat ketika menyetir mudik Lebaran karena bisa menimbulkan kantuk!

Itulah beberapa makanan yang harus kamu batasi pas sahur dan berkendara mudik Lebaran. Pilihlah makanan yang sekiranya bisa buat mata melek seperti asinan, jeruk, kopi dan sajian pedas.

Semoga perjalanan pulang kamu bisa berjalan lancar hingga bisa berkumpul bersama saudara! (Editor: Chaerunnisa)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1