6 Mobil Tangguh yang Cocok Dibawa Mudik ke Kampung Halaman

4 menit
Mudik lebaran dengan kendaraan pribadi (Pexels).

Supaya mudik lebaran berjalan dengan lancar kita membutuhkan kendaraan yang tangguh untuk dibawa jalan ke kampung halaman. Terdapat 6 mobil paling gak yang bisa jadi andalan supaya perjalanan tetap aman. Penasaran ada apa aja?

Agar bisa berkumpul dengan sanak saudara di daerah asal kita bisa menempuh beberapa transportasi seperti bus, kereta api, pesawat serta kapal laut. Pemerintah melalui beberapa pemprov dan BUMN juga mengadakan pulang kampung gratis ke beberapa kota tujuan favorit.

Tapi buat kamu yang punya jumlah keluarga banyak pasti akan kerepotan kalau harus pake armada transportasi tersebut. Salah satu solusinya adalah menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil di rental.

Memilih jenis dan merek mobil pun bukan perkara yang mudah bagi sebagian orang. Apalagi yang gak terlalu ngerti sama dunia otomotif. Bisa-bisa kalau salah pilih malah bikin buntung isi dompet nantinya.

Kalau kamu salah satu dari orang tersebut ada baiknya untuk menyimak panduan memilih mobil yang tangguh untuk dibawa mudik ke kampung halaman berikut ini:

Baca juga: Toyota Calya, LCGC Murah Meriah Berkapasitas 7 Penumpang yang Cocok untuk Mudik Lebaran

1. Mitsubishi Xpander

Mudik lebaran

Mobil tangguh pertama yang bisa diajak mudik adalah Mitsubishi Xpander. Tipe yang dikeluarkan oleh pabrikan asal Jepang ini sempat menjadi bahan perbincangan banyak orang saat peluncurannya.

Ini karena harganya yang terbilang sangat kompetitif dan fitur yang diberikan juga terbilang lengkap mulai dari Hill Start Assist Control, kamera parkir dan Active Stability Control.

Gak hanya kaya fitur, mesin berkapasitas  1.499 cc yang bandel juga jadi daya tarik banyak orang. Ruang kemudi yang besar jadi alasan utama mobil yang satu ini cocok dibawa jalan jauh.

2. Kijang Innova

Mudik lebaran
Kijang Innova

Di urutan kedua ada Toyota Kijang Innova yang udah menjadi legenda di dunia otomotif Tanah Air. Gimana gak, keberadaannya semenjak tahun 80an sampai hari ini menjadi alasan utamanya.

Kebanyakan orang  mengenal Kijang Innova memiliki ketahanan mobil yang tergolong baik dibanding tipe mobil lainnya. Itu bisa dilihat dari beberapa Kijang tua yang masih berkeliaran di jalan raya.

Kapasitas mobilnya yang bisa mengangkut 7 penumpang ditambah bagasi luas bisa bikin pengalaman mudik kamu semakin nyaman.

Baca juga: Mudik Lebaran Pakai Mobil Bekas? Ini Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membelinya

3. Daihatsu Xenia

Mudik lebaran
Daihatsu Xenia

Selanjutnya datang dari brand Daihatsu yakni Xenia. Mobil yang dulu sempat dijual dengan harga di bawah Rp 90 jutaan ini masih menjadi opsi masyarakat yang pengin punya mobil berpenumpang banyak.

Dari sisi dapur pacunya juga gak kalah bandel karena dipasok mesin sebesar 1.300 cc dan 1.500cc. Tinggal pilih mana yang lebih cocok sama kebutuhan serta selera kamu.

4. Honda Mobilio

Mudik lebaran
Honda Mobilio

Gak mau kalah dengan pabrikan yang lainnya Honda memiliki mobil yang cocok dibawa untuk mudik yaitu Mobilio.

Mesin mobilnya yang berkapasitas 1.500 cc bisa menghasilkan kekuatan sampai dengan 103 tenaga kuda. Sangat cukup untuk melibas medan yang agak menanjak selama perjalanan pulang.

Kursi penumpangnya bisa membawa 5 hingga 7 orang. Sedangkan bagasinya cukup untuk membawa koper serta tas.

Baca juga: Pilihan Beda Jelang Mudik Lebaran, Segini Harga Mobil Vios Bekas Sekarang

5. Suzuki Ertiga

Mudik lebaran
Suzuki Ertiga

Masih dari pabrikan asal Jepang ada Suzuki Ertiga yang punya model terbaru di tahun 2019.

Penampilannya jauh lebih keren dan elegan dibanding yang sebelumnya.

Dari sisi mesin Ertiga memiliki mesin sebesar 1.462 cc yang bisa mengeluarkan tenaga sampai 103 tenaga kuda. Mirip seperti yang dihasilkan oleh Mobilio.

Ertiga bisa menampung 6 sampai 8 penumpang dengan bagasi yang cukup luas.

6. Nissan Grand Livina

Mudik lebaran
Nissan Grand Livina

Yang terakhir ada Nissan Grand Livina. Mobil keluarga yang udah diluncurkan dari tahun 2007 ini masih bisa diandalkan buat dibawa jalan jauh seperti mudik.

Grand Livina memiliki 2 varian mesin yang bisa kamu pilih mulai dari 1.500cc hingga yang terbesar 1.800cc.

Karena mempunyai opsi mesin yang lebih besar jadi Grand Livina bisa dibilang sedikit lebih bandel dari yang lainnya.

Nah itu dia 6 mobil tangguh yang bisa menjadi pilihan mudik lebaran kamu tahun ini. Dari keenam nama tersebut kira-kira mana nih yang kamu sukai? Tapi yang terpenting adalah saat mengendarainya harus tetap aman dan mematuhi rambu-rambu yang ada ya. Selamat lebaran! (Editor: Winda Destiana Putri).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1