Mudik Lebaran Pakai Mobil Bekas? Ini Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membelinya

3 menit
Mudik Lebaran sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. (Pexels).
Mudik Lebaran sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. (Pexels).

Mudik Lebaran atau pulang kampung sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia, berbagai persiapan dilakukan. Bagi yang berkantong cukup tak jarang mencari mobil (beli) untuk pulang kampung.

Biasanya jelang lebaran pasar mobil bekas akan banyak permintaan. Nah jika ingin mudik menggunakan mobil idaman namun tidak memiliki cukup anggaran, mobil bekas (mobkas) solusinya.

Seperti yang kita ketahui, saat ini banyak sekali situs jual beli mobil yang menyajikan banyak informasi mobil bekas. Tidak sedikit juga terjebak oleh ketidaksesuaian produk mobkas yang telah dibeli. Lalu berujung rongrongan biaya tambahan jadi membebani. Melansir laman Carmudi Indonesia, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil bekas.

Baca juga: Pilihan Beda Jelang Mudik Lebaran, Segini Harga Mobil Vios Bekas Sekarang

Hal yang harus diperhatikan

Mudik Lebaran
Mudik dengan mobil bekas (Pexels).

Berikut ini tips mendapatkan mobil bekas dalam kondisi prima baik dari segi keamanan, kenyamanan hingga kelengkapan dokumen mobil.

1. Pahami kebutuhan

Pahami dan sesuaikan kebutuhan kamu dalam memilih mobil. Bila butuh mobil yang dapat mengangkut banyak orang dan barang dalam keseharian, cocoknya beli MPV. Namun bila butuh mobil yang lincah dan gesit, sebaiknya memilih jenis hatchback atau city car.

2. Tentukan dan pahami brand yang dipilih

Memahami merek kendaraan sangat penting karena kamu bakalan paham dengan harga pasaran brand tersebut. Jika sudah menentukan pilihan, kamu bisa dengan mudah melakukan komparasi harga melalui beberapa situs mobil bekas.

3. Pahami seluk beluk kendaraan

Jika kamu membelinya melalui penjual perorangan dari situs mobkas, ada baiknya memahami seluk beluk teknis mobil yang akan di beli. Biar tidak terjebak membeli kucing di dalam karung, ada baiknya ajak teman atau saudara yang mengerti teknis mobil.

Bila kamu membelinya langsung ke showroom mobkas, sebaiknya lakukan double check. Terkait kondisi mobil dengan promo yang kamu lihat dari iklan yang terpajang di situs yang kamu lihat. Walaupun umumnya showroom mobkas sudah menyeleksi kualitas mobkas yang mau dijualnya, namun tidak ada salahnya melakukan pengecekan ulang.

4. Lakukan pengecekan menyeluruh

Saat survey sebaiknya kamu melakukan pengecekan secara menyeluruh mulai dari eksterior. Pastikan tidak terlihat adanya bekas rekondisi body yang mungkin saja dikarenakan mobil pernah tabrakan.

Atau mobil pernah juga mengalami kejadian terendam banjir. Cara mudahnya kamu putari keseluruhan mobil dan perhatikan dengan seksama.

5. Cek interior dengan teliti

Secara kasat mata bisa saja terlihat dalam kondisi bagus. Tapi bukan tidak mungkin ada sesuatu yang coba ditutupi. Langkah pertama bisa membuka karpet dasar dan perhatikan listing karet jendela dan pintu mobil. Jika saja terlihat ada karat ataupun listing yang getas, bisa jadi bagian interior sudah tidak kedap atau bahkan pernah terendam banjir.

Masih dari bagian interior, kamu wajib cek semua fitur mobil. Pastikan semua fitur masih berfungsi dengan baik, yang tentunya dapat menunjang keamanan dan keselamatan berkendara. Jika sudah confirm semua aman dan berfungsi, langsung cek bagian mesin.

6. Cek mesin di bengkel

Cara mudahnya bila diizinkan kamu bisa melakukan pengecekan di bengkel resmi terdekat. Atau deteksi mudahnya bisa dilihat dari ruang mesin yang tampak kering dan tidak ada rembesan oli.

Baca juga: Ini yang Wajib Kamu Lakukan Ketika Berkendara Sepeda Motor Saat Berpuasa

Pilih Showroom Terpercaya

Mudik Lebaran
Pilih showroom terpercaya

Memang tak mudah mencari mobil bekas berkualitas, karena banyak sekali hal detail yang harus menjadi perhatian. Namun lain halnya jika Anda membeli mobkas dari gerai mobkas yang merupakan mitra  resmi pabrikan alias APM nya.

Seperti yang dipaparkan Taufiqi Andreawan, Digital Marketing Executive for Business Development PT Suzuki Indomobil Sales, setidaknya ada beberapa uji kelayakan yang telah dilakukan agar konsumen bebas cemas saat membeli mobkas yang diidamkannya.

“Kami paham saat ini belum tentu semua orang mengerti seputar teknis atau detail ketika melakukan pengecekan mobil bekas yang akan dibelinya. Makanya kami coba menyederhanakan prosesnya agar pemilihan mobkas tetap memberikan rasa aman bagi konsumen. Di AutoValue, kami menjamin mobil yang kami jual adalah mobil bukan bekas banjir, bukan bekas kecelakaan, kilometer/odometer asli. Serta surat-surat dijamin resmi. Kendaraan yang lolos pada 135 titik pengecekan akan diberikan sertifikat jaminan mutu berupa Certified Used Car,” ujarnya kepada Carmudi.

Kendaraan dengan kategori Certified Used Car, konsumen bahkan mendapatkan garansi mesin atau transmisi selama 1 tahun atau 20.000 km. Jika didapati ada masalah, konsumen dapat melakukan klaim di seluruh jaringan bengkel resmi Suzuki manapun.

Nah itu tadi beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli mobil bekas untuk mudik lebaran. Pikirkan baik-baik apa kebutuhanmu ya. Jangan sampai malah tekor gara-gara salah pilih kendaraan. Selamat mudik! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan