Banner ImageBanner Image

Mulai Sekarang, Jangan Buang Slip Gaji Kamu, Ini Alasan dan Keuntungannya

4 menit
Fungsi slip gaji bisa untuk pengajuan kredit.

Slip gaji merupakan bukti penghasilan yang kamu dapat selama satu bulan bekerja di perusahaan. Meski terlihat sepele dan kamu seringkali abai akan benda yang satu ini, tetapi sesungguhnya memiliki banyak fungsi.

Beberapa pengajuan kredit tentu menggunakan slip gaji untuk membuktikan kepada bank, kamu memiliki penghasilan. Namun, gak sedikit pula perusahaan yang tidak memberikan slip gaji sebelum diminta oleh karyawan.

Biasanya, di dalam slip gaji tertulis komponen-komponen pendapatan dan potongan kamu. Terkait seperti berapa gaji bersih yang kamu terima, uang tunjangan, transport serta makan, termasuk jumlah potongan jika ada.

Slip gaji tetap diterbitkan, baik perusahaan tersebut menggunakan metode gaji netto maupun gross up. Tanda bukti itu bukan hanya penting bagi kamu, melainkan juga perusahaan.

Slip gaji berfungsi sebagai pencatatan pengeluaran upah dana perusahaan. Sementara bagi kamu, slip gaji juga berfungsi sebagai informasi potongan pajak, penyetoran pajak penghasilan dan lainnya.

Akan tetapi, ternyata ada lho manfaat lain yang jarang diketahui oleh pegawai. Apa saja sih kegunaan slip gaji? Simak artikel berikut yuk.

Baca juga: Jangan Asal Jual, Tiru 5 Trik Sukses Ini Agar Barang Bekas Kamu Laku Keras

1. Syarat KPR

KPR BNI (IG kprbni)
KPR BNI (IG kprbni)

Kalau kamu ingin mengambil cicilan rumah atau yang lazim disebut KPR (Kredit Pemilikan Rumah), memiliki tanda bukti ini mempermudah pengajuanmu terhadap bank. Malah, slip gaji ini merupakan syarat utama yang harus kamu penuhi.

Melihat slip gaji yang kamu berikan, bank akan menganalisa kemampuanmu dalam membayar cicilan rumah setiap bulannya.

Slip gaji yang diserahkan kepada bank penyedia kredit rumah harus memiliki penghasilan lebih besar dari jumlah cicilan per bulan.

Biasanya tiga kali lipatnya. Oleh karena itu, sebelum mengambil cicilan, pastikan gaji kamu sesuai dengan jumlah kredit yang akan diambil ya.

2. Syarat membuat kartu kredit

Kartu kredit BNI (Instagram).

Selain untuk membayar cicilan KPR, untuk membuat kartu kredit juga harus menyertakan slip gaji lho. Slip gaji juga menjadi penentu apakah pengajuan akan diterima dan berapa jumlah limit yang nantinya kamu dapat.

Tapi biasanya, syarat awal dari membuat kartu kredit pada umumnya adalah kamu sudah memiliki jenis kartu kredit terlebih dahulu. Karena saat ini, kalau kamu ingin membuat kartu kredit tanpa memiliki sebelumnya, menjadi hal mustahil untuk dilakukan.

Baca juga: Rasakan Serunya Jadi Atlet dengan 5 Ide Aktivitas di Jabodetabek, Gak Sampai Rp 700 Ribu

3. Syarat pengajuan KTA

Pinjaman KTA BCA

Selain KPR, slip gaji juga berfungsi sebagai syarat pengajuan KTA (Kredit Tanpa Agunan). Kesesuaian dengan kemampuan membayar dapat dilihat dari besarnya gaji yang kamu terima.

Jadi, jika ingin mengajukan KTA, pastikan dulu gaji yang kamu terima lebih besar dari jumlah pinjamanmu ya.

Jangan sampai pinjaman lebih besar dari penghasilan. Kalau seperti ini, bank tidak akan memproses pengajuanmu lho. Dan, sesuaikan pula dengan kemampuan yang kamu bisa setiap bulannya ya.

4. Kredit alat elektronik

Electronic City (MoneySmart/Dewi Puri)
Electronic City (MoneySmart/Dewi Puri)

Hampir banyak orang membeli elektronik dengan cara mencicilnya setiap bulan dengan tenor bermacam-macam. Ditambah lagi, saat ini lembaga pengajuan kredit barang elektronik sudah semakin banyak.

Alasan membeli barang elektronik secara kredit juga beragam. Banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi menjadi salah satu alasannya. Nah, kamu bisa ajukan ke perusahaan seperti FIF atau ADIRA yang menawarkan jasa pembelian alat-alat elektronik secara kredit.

Salah satu syarat adalah dengan melampirkan berkas slip gaji dengan pertimbangan kemampuan debitur dalam membayar cicilan setiap bulan untuk menentukan tenor.

Baca juga: 5 Negara Bebas Visa yang Menarik untuk Dikunjungi dengan Bujet di Bawah Rp 10 Juta

5. Kredit kendaraan bermotor

Kredit Kendaraan Bermotor
Kredit Kendaraan Bermotor (asuransijiwaku)

Selain elektronik, kredit kendaraan bermotor juga wajib menyertakan slip gaji dari pemohon beserta dokumen lain. Fungsinya adalah untuk mengukur berapa kemampuan yang kamu bisa untuk membayar cicilan per bulannya.

6. Mendapatkan gaji di perusahaan baru

Gaji di startup dan perusahaan mapan berbeda (Pixabay).

Fungsi yang lainnya adalah untuk menawar penghasilan di perusahaan baru. Dengan slip gaji, perusahaan tempatmu melamar pekerjaan bisa mengetahui kebenaran bahwa kamu telah atau sedang bekerja di perusahaan dengan bayaran yang tertera.

Ini bisa menjadi tolak ukur kemampuan si perusahaan membayarmu kelak jika kamu diterima bekerja disana. Siapa tahu kamu bisa mendapatkan 3 kali lipat dari gaji di perusahaan awal kan?

Bagaimana? sudah tahu kan manfaat slip gaji selain untuk mengetahui jumlah potongan dan besaran gaji pokok setiap bulan, ternyata bisa digunakan untuk hal lain. Mulai dari sekarang, jangan buang slip gajimu ya.

Dan jika belum mendapatkannya dari perusahaan, segeralah meminta, karena itu merupakan dokumen penting yang wajib dimiliki setiap karyawan. (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong