Banner ImageBanner Image

Mau Mulai Usaha dengan Modal Ngutang? Ini Untung Ruginya

3 menit
Reseller atau dropshipper

Mau mulai usaha, tapi kurang modal? Gak sedikit orang mengambil utang sebagai solusinya. Maklum aja, saat dana terbatas, utang menjadi pilihan yang paling bisa diandalkan.

Seperti kita tahu, utang dapat membantu orang-orang yang butuh dana dalam jumlah besar dalam waktu singkat. Misalnya, butuh dana buat membeli rumah. Tanpa KPR, mustahil banyak orang bisa memiliki rumah sekarang ini.

Meski pada dasarnya bertujuan baik, banyak orang keliru dalam memandang utang. Cara mereka yang keliru menyikapi utang yang kemudian membuat kondisi keuangan memburuk.

Misalnya, pakai kartu kredit tanpa hitung-hitungan. Kebayang gak gimana jadinya kalau kamu gesek kartu kredit, tapi gak tahu udah berapa banyak transaksi yang dilakukan?

Gimana pas dihitung, ternyata cicilan per bulannya udah lebih dari 50 persen penghasilan? Pastinya kamu bakal tekor bayar cicilan tersebut. Ini kenapa pentingnya memastikan utang tersebut digunakan secara tepat dan benar.

Pertanyaannya, gimana kalau utangnya dipakai buat mulai usaha? Kira-kira apa ya untung ruginya? Buat menjawab pertanyaan tersebut, simak ulasannya berikut ini:

Keuntungan mulai usaha bermodalkan utang

Usaha modal ngutang
Usaha modal ngutang

Meski utang bertujuan membantu, tetap aja ada untung rugi yang harus kamu perhatikan. Seperti apa keuntungan mulai usaha dengan utang?

1. Gak butuh waktu lama mempersiapkan modal usaha

Banyak yang menyarankan daripada berutang, lebih baik menabung buat mengumpulkan modal usaha. Setuju kalau menabung jadi cara aman mendapatkan modal usaha. Kamu gak dipusingkan lagi dengan pembayaran cicilan tiap bulan.

Namun, kebayang gak sih berapa lama waktu yang kamu butuhkan buat mengumpulkan modal usaha? Kalau gak buru-buru direalisasikan, bisa-bisa rencana usaha kamu tinggal wacana saja.

Dengan berutang, tentu kamu gak perlu lagi menunggu atau menunda rencana buat mulai usaha. Jadi, gak ada ceritanya tuh gagal mulai usaha gara-gara modalnya kurang atau gak ada.

2. Kemungkinan besar bisa mendapat kepercayaan dari bank

Usaha modal ngutang
Usaha modal ngutang

Gak menutup kemungkinan bank menaruh kepercayaan kepada kamu dengan mempercepat proses aplikasi pinjaman seandainya mengajukan pinjaman lagi, atau menawarkan tambahan pinjaman kepadamu.

Namun, semua kemungkinan tersebut bisa aja kamu dapatkan asalkan kolektibilitas kredit kamu berstatus bagus di mata bank. Kolektibilitas kredit kamu bisa bagus asalkan selama punya uang berjalan, kamu bayar cicilan tepat waktu tiap bulan.

Dengan gak pernah terlambat hingga menunggak, bank bakal menganggap kamu sebagai debitur yang baik dan potensial. Di sini urusan kamu dengan bank bisa dipermudah. Jadi, kalau ajukan pinjaman lagi, kamu gak perlu khawatir dengan adanya penolakan nantinya.

3. Gak perlu sampai jual aset buat mulai usaha

Banyak orang yang memilih menjual asetnya sebagai modal buat mulai usaha. Sebenarnya sah-sah aja kalau pengin jual aset demi menjalankan usaha.

Sayangnya, gimana tiga tahun atau lima tahun mendatang aset yang dijual semisal tanah harganya udah selangit? Apa gak rugi tuh.

Terlebih lokasi tanah tersebut rupanya potensial buat jalankan usaha. Kamu bisa dapat banyak untung banyak tuh dengan bangun tempat usaha di tanahmu itu.

Lain cerita dengan berutang buat mulai usaha. Aset tanahmu gak perlu sampai terjual malah bisa menjadi memacu kenaikan omzet karena bangun tempat usaha di situ.

Ini kerugian manfaatkan utang buat mulai usaha

Usaha modal ngutang
Usaha modal ngutang

Kalau tadi dibahas mengenai keuntungan utang sebagai modal usaha, berikut kerugian yang didapat dengan berutang buat mulai usaha. Apa aja? Yuk disimak:

1. Untung bisa gak dinikmati karena dipakai buat bayar utang

Mulai usaha itu selain untung, harus siap rugi juga. Gak selalu usaha yang dijalankan menghasilkan untung. Kadang-kadang ada satu waktu usaha juga mengalami kerugian.

Sialnya, kerugian tersebut mau gak mau kamu tutupi dengan keuntungan yang kamu dapat. Konsekuensinya udah pasti kamu gak nikmati utang dari usahamu karena dipakai buat bayar utang.

2. Gak boleh gagal kalau gak mau terlilit utang

Semua pengusaha pasti berusaha semampu-mampunya agar usahanya berhasil. Apalagi kalau punya utang, gak ada ceritanya gagal menjalankan usaha.

Pasalnya, kalau gagal, utang bisa-bisa gak terbayar. Akibatnya, utang yang terbayar ini menumpuk dan bikin kamu terlilit utang.

Nah, itu tadi untung rugi mulai usaha dengan memanfaatkan utang. Harus diakui, pakai utang sebagai modal usaha emang berisiko.

Karena itu, benar-benar harus dipertimbangkan mengambil utang sebagai modal usaha. Setidaknya, kamu punya rencana bisnis yang jelas dan hitung-hitungan yang benar dalam menjalankan bisnis nanti. Semoga informasi di atas membantu ya! (Editor: Chaerunnisa)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong