Tantang Menteri Susi, Gubernur Murad Ismail Punya 6 Mobil Senilai Rp 1,9 M!

3 menit
Murad Ismail
Tantang Menteri Susi, Gubernur Murad Ismail Punya 6 Mobil Senilai Rp 1,9 M!, (Wikipedia).

Kritikan antar pejabat negara kembali menjadi isu yang hangat diperbincangkan masyarakat Tanah Air. Kali ini Gubernur Maluku Murad Ismail yang melontarkan siap perang pada Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Susi Pudjiastuti. Nah, Gubernur Maluku ini mengoleksi mobil klasik buatan Jerman lho. 

Ungkapan tersebut terkait permasalahan kebijakan Moratorium yang dilakukan oleh Kementerian Perikanan dan Kelautan dianggap merugikan Provinsi Maluku.

“Ini supaya kalian semua tahu, kita perang,” ucap Murad Ismail saat memberikan sambutan di acara  pelantikan Sekretaris Daerah Maluku di kantor Gubernur, Senin, (2/9/2019),seperti dikutip dari Kompas.

Sontak uacapan Murad mengundang banyak perhatian warganet maupun peserta yang hadir pada saat itu. 

“Ibu Susi bawa ikan dari laut Arafura diekspor, tapi kita tidak dapat apa-apa. Berbeda dengan saat sebelum moratorium di mana uji mutunya ada di daerah,” tambahnya.

Pria yang lahir pada 11 September 1986 di Ambon ini udah menjabat sebagai Gubernur Maluku semenjak 24 April 2019. Sebelumnya ia merupakan anggota kepolisian berpangkat Inspektur Jenderal dan bertugas sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Brigade Mobil Korbrimob Polri.

Berdasarkan data LHKPN tahun 2018 Murad Ismail setidaknya memiliki dan mengoleki 7 kendaraan bermotor yang nilainya Rp 1.985.000.000. Yuk kita lihat daftar deretan mobil koleksi Gubernur Maluku ini. 

Baca juga: Wiih, Ini Dia 5 Mobil Termahal di Dunia dan Para Pemiliknya

1. Toyota Kijang

Murad Ismail
Toyota Kijang merupakan mobil yang dimiliki oleh Gubernur Maluku ini, (Wikipedia).

Kendaraan pertama yang masuk ke dalam garasi rumah Murad Ismail adalah mobil berjenis Toyota Kijang keluaran tahun 2007. Mobil ini ia peroleh dari hasil kerja kerasnya alias dari uang pribadi lho. 

Ketika dilaporkan di LHKPN KPK nilai mobil yang dimiliki oleh Murad harganya menyentuh angka Rp 160 juta.

Baca juga: Alami Kecelakaan Serius, Ini Deretan Mobil Mahal Kevin Hart yang Berharga Miliaran Rupiah

2. Mercedes Benz Tiger

Murad Ismail
Mercy klasik ini juga nangkring nih di garasi rumah Murad, (honestjohn.co.uk).

Selanjutnya datang dari deretan mobil klasik yakni Mercedes Benz Tiger yang mempunyai  selera tersendiri bagi para pecintanya. Pria berzodiak Virgo ini memiliki satu unit mobil pabrikan Jerman keluaran tahun 1984 yang dibelinya lewat hasil usaha sendiri.

Nilainya sendiri lebih mahal dari Toyota Kijang yang lebih modern yakni mencapai Rp 400 juta.

Baca juga: 10 Sepatu Air Jordan Koleksi Irfan Bachdim Nilainya di Atas Rp 40 Juta Lho!

3. Honda CRV

Murad Ismail
Honda CRV ini juga ada di garasi rumah Gubernur Maluku lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ketiga datang dari pabrikan asal Jepang yakni Honda CRV. Mobil berjenis SUV ini merupakan keluaran tahun 2015 yang dibeli oleh Murad Ismail dengan hasil usahanya sendiri.

Saat dilaporkan nilai dari Honda CRV tersebut menyentuh angka Rp 200 juta.

4. Jeep Rubicon Double Cabin

Murad Ismail
Jeep ini juga ada di garasi rumah Murad lho, (rubitrux.com).

Keempat ada merek yang terkenal sebagai produsen mobil off road yakni Jeep. Tipe yang dimiliki oleh Murad adalah Wrangler Rubicon Double Cabin keluaran tahun 2014. Mobil ini ia beli lewat hasil usaha sendiri alias uang pribadi nih guys!

Jeep Wrangler Rubicon Double Cabin ini saat dilaporkan nilainya mencapai Rp 900 juta.

5. Mercedes Benz tahun 1989

Murad ismail
Lagi-lagi mobil pabrikan Jerman nangkring di kediamannya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Di urutan kelima ini sayangnya gak disebutkan secara spesifik tipe mobilnya. Namun diketahui kendaraan ini bermerek Mercedes Benz yang dirilis pada tahun 1989 dan dibeli dengan hasil usaha sendiri. Untuk nilainya sendiri ditaksir sekitar Rp 100 juta.

6. Mercedes Benz sedan tahun 1985

Murad Ismail
Gak heran kalau total kendaraan pribadi miliknya mencapai Rp 1,9 M. Wong, pabrikan Jerman dan Jepang semuanya duduk di kelas high end, (Ilustrasi/Shutterstock).

Lagi-lagi berasal pabrikan Jerman, mobil Mercy berjenis sedan keluaran tahun 1985 ini ia beli dengan hasil usahanya sendiri. Untuk nilainya sendiri ditaksir sekitar Rp 200 juta. Diam-diam Bapak Murad ini senang mengoleksi mobil pabrikan Jerman ya!

7. Motor trail Honda

Murad Ismail
Honda trail ini juga nongkrong di garasi rumah Gubernur Maluku, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kendaraan terakhir yang masuk dalam LHKPN adalah sebuah motor trail bermerek Honda rilisan tahun 2007. Motor trail ini lagi-lagi ia beli dengan hasil usaha sendirinya. Gak tertulis tipe apa yang dibeli namun nilainya saat dilaporkan menyentuh Rp 25 juta.

Nah, itulah 7 alat transportasi dan mesin yang dimiliki oleh Gubernur Maluku Murad Ismail. Apakah kamu salah satu penggemar mobil klasik seperti beliau? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1