Murmer, Ini 5 Menu Starbucks yang Bisa Kamu Bikin Sendiri

4 menit
Menu Starbucks

Jatuh cinta dengan minuman atau camilan-camilan di menu Starbucks tentu bisa bikin kantong jebol. Pasalnya, harga segelas minuman di sana yang paling murah saja sudah Rp 25 ribuan. Belum lagi harga makanan dan pajaknya.

Nah, berikut ini DuitPintar bakal membocorkan resep menu Starbucks yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Minuman dan makanan ini juga bisa kamu jadikan suguhan untuk acara keluarga di rumah, atau buat seru-seruan pas ngumpul sama teman.

Beberapa bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat menu-menu ini antara lain:

– Susu full cream 1 liter Rp 14 ribu
– Gula pasir 1 kg Rp 13 ribu
– Garam 250 gram Rp  5 ribu
– Dark Chocolate Rp 15 ribu
– Cokelat bubuk Rp 15 ribu
– Whipped Cream 10ml Rp 24 ribu
– Xantham Gum 100 gram Rp 18 ribu
– Kopi instan serenceng Rp 9.900
– Sirup Karamel 250 gram Rp 19.500
– Terigu 1 kg Rp 9 ribu
– Mentega 500 gram Rp 7 ribu
– Telur ayam 4 butir Rp 6 ribu
– Ekstrak vanila 20 gram Rp 5 ribu
– Baking soda 500 gram Rp 15 ribu
– Choco Chip 250 gram Rp 15 ribu
– Pisang 1 sisir Rp 17 ribu
– Minyak sayur 1 liter Rp 14 ribu
Total: Rp 221.400

Coba bayangin, dengan Rp 221 ribu, jajan di Starbucks paling cuma dapat tiga minuman jenis Frappuchino, ditambah satu Tuna Puff, satu Muffin, dan satu chocolate croisant saja, alias cuma buat tiga orang. Sedangkan kalau kamu racik sendiri, dengan biaya segitu bisa dapat porsi banyak. Pilih yang mana hayoo..

Untuk menekan biaya, beli saja bahan bakunya secara online di marketplace. Atau kamu juga bisa beli di pasar.

[Baca: Belanja di Pasar Bakal Makin Untung Kalau Punya 8 Trik Tawar-Menawar Ini]

Penasaran sama lima menu Starbucks yang dimaksud? Mari disimak ulasan lengkapnya.

1.  Green Tea Frappuchino

menu starbucks
Green Tea Frappuchino (Starbucks)

Bahan baku:
– 1 sendok makan bubuk matcha
– 250 ml susu full cream cair
– 2,5 sendok makan gula pasir
– es batu

Cara membuat:
– Menu Starbucks yang satu ini gampang banget deh dibuatnya. Blender aja semua bahan bakunya. Setelah itu sajikan deh. Lebih gampang daripada bikin jajanan buat anak sekolah pokoknya.

[Baca: 5 Resep Jajanan Anak Murah Meriah dengan Bujet Rp 15 Ribu]

2. Mocha Frappuchino

menu starbucks
Mocha Frappuchino (Starbucks)

Bahan baku:
– ¾ cup kopi instan
– Gula secukupnya
– 1 scoop susu full cream bubuk
– Bubuk cokelat
– Garam
– Whipped cream
– Xantham gum

Cara membuat:

– Seduh kopi instannya
– Ketika masih panas, langsung masukkan ke blender, tambahkan gula dan langsung blender hingga tercampur
– Tambahkan susu, sirup cokelat, dan xantham gum
– Blender lagi, lalu masukkan ke kulkas selama 30 menit
– Sajikan dengan menambahkan whipping cream dan es batu

3. Caramel Frappuchino Coffee

menu starbucks
Caramel Frappuchino (starbucks)

Bahan baku:
– 3 sendok makan gula pasir
– 250 ml susu full cream
– 1 sendok makan kopi (seduh dengan air panas dan dinginkan)
– 2 cangkir es batu
– 3 sendok makan sirup karamel
– Whipped cream secukupnya

Cara membuat:
– Campurkan gula pasir, susu, cairan kopi, dan es batu dalam dan es batu, lalu blender hingga halus
– Tuang semuanya ke gelas
– Tambahkan sirup karamelnya
– Tambahkan whipped cream dan sajikan

4. Double Chocolate Brownies

menu starbucks
Double Chocolate Brownies (Starbucks)

Bahan baku:
– 65 gram terigu pro sedang
– 35 gram bubuk cokelat
– 40 gram kopi instan 3 in 1
– Garam secukupnya
– 115 gram mentega
– 150 gram gula pasir
– 1,5 sendok makan vanilla ekstrak
– 2 butir telur
– 250 gram dark chocolate

Cara membuat:

– Panaskan oven 170 derajat Celsius, lapisi loyang dengan kertas baking, lebihkan sampai keluar.
– Campurkan terigu, bubuk coklat, kopi, serta garam, lalu aduk hingga rata.
– Siapkan mangkuk besar, dan masukkan mentega leleh, gula pasir, dan vanila, lalu aduk rata. Tambahkan telur yang sudah dikocok, dan aduk rata lagi hingga gula larut.
– Masukkan campuran terigu, 2/3 potong coklat, dan aduk rata
– Tuang adonan ke loyang, ratakan dan taburi dengan dark chocolate yang dipotong dadu. Tekan dark chocolate agar agak tenggelam.
– Panggang di oven kurang lebih 25-30 menit, keluarkan, dan tes dengan cara ditusuk dan pastikan gak terlalu garing. Sajikan deh.

5. Buttlermilk Banana Cake

menu starbucks
Banana Cake (pinterest)

Bahan baku:
– 1 cup pisang yang sudah dihancurkan
– 1 butir telur, kocok
– ½ cup minyak sayur
– ⅓ buttermilk
– 1 ¼ cup terigu merek Segitiga Biru
– 110 gula putih
– 1 sendok teh baking soda
– Chocochip secukupnya
– Garam secukupnya

Cara membuat:
– Panaskan oven hingga 180 derajat Celcius
– Buat buttermilk, dengan cara mencampur susu cair dengan 1 sendok makan perasan jeruk lemon masak, lalu diamkan 10 menit.
– Kocok telur dan tempatkan di mangkuk terpisah
– Tuang buttermilk di wadah besar, tambahkan minyak dan telur,  aduk rata menggunakan wisk.
– Masukkan vanilla extract dan gula, aduk sampai gula larut
– Masukkan bahan kering terigu, baking soda dan garam aduk rata
– Masukkan pisang yang sudah dihancurkan, aduk asal saja dan jangan halus-halus
– Tuang ke loyang loaf medium dan taburkan chocochip
– Masukkan ke oven dan tunggu 55 menit
– Ketika baunya sudah tercium, segera keluarkan dan sajikan

Mudah dan praktis kan semuanya? Dan pastinya, untuk meracik lima menu Starbucks ini, kamu cuma harus punya blender, oven, dan peralatan membuat kue yang sederhana.

Kalau kamu mau kreasikan menu ini juga bisa kok, asalkan campuran bahannya sesuai. Dan rasanya gak tabrakan.

Seandainya tercipta menu baru yang enak, kamu bisa buka gerai semodel Starbucks deh. Siapa tahu bisa sukses kayak Howard Schultz di masa depan.

[Baca: Kisah Orang Sukses: Howard Schultz, Loper Koran yang Jadi Bos Starbucks]

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.