Mustahil Punya Penghasilan Tambahan Kalau Punya 6 Mindset Ini

4 menit
penghasilan tambahan

Semua orang tentu pengin punya penghasilan tambahan. Tapi herannya nih, gak semuanya pengin buat berjuang mendapatkan hal ini. Akhirnya, mereka pun cuma bisa mimpi sampai akhirnya bokek lagi di kemudian hari.

Apa kamu termasuk salah satu di antara mereka yang cuma bisa mimpi punya penghasilan tambahan? Jangan biarkan dirimu jadi seperti itu ya.

Ingat-ingat sama inflasi lho. Kamu tentunya butuh apa yang namanya penghasilan tambahan. Ingat juga kata Warren Buffett, “kalau kamu gak tahu caranya menghasilkan uang saat tidur, kamu bakal kerja sampai tua.”

Nah, gak pengin kan merana di usia tua karena gak punya penghasilan tambahan? Kalau gak pengin, yuk realisasikan mimpimu itu dengan membuang enam mindset alias pola pikir ini. Berikut deretan mindset penjegal kesuksesan yang harus kamu ketahui.

1. Gak ada waktu nyari penghasilan tambahan, kerjaan padat!

penghasilan tambahan
Seriusan tuh jam kerja padat? Kamu kerja 24 jam kali? (Liputan 6)

Gak ada waktu buat nyari penghasilan tambahan gara-gara jam kerja yang padat? Yang bener nih? Bukannya jam kerja kantor itu jam 08.00 sampai jam 17.00 atau jam 09.00 sampai 18.00 ya? Dan ada waktu istirahat juga jam 12.00 siang?

Sebetulnya waktu itu jelas ada, cuma aja kamu belum tahu kerja sampingan apa yang pas. Yang gak menyita waktu, dan gak mengganggu aktivitasmu.

Ketika kamu berpikiran bahwa kamu gak punya waktu, maka selamanya kamu bakalan malas buat melakukan kerja sampingan ini. Kerja sampingan buat karyawan itu ada banyak kok.

Selain itu, sebagai karyawan juga jam kerjamu pasti diatur. Mana mungkin harus melek 24 jam. Petugas keamanan, polisi, dan angkatan bersenjata aja kerjanya diatur dengan shift.

[Baca: 6 Pekerjaan Sampingan yang Cocok Buat Karyawan Sibuk]

2. Belum ada modal buat nyari penghasilan tambahan

Belum ada modal adalah alasan kedua yang sering diutarakan oleh seseorang yang bercita-cita punya bisnis tapi belum tercapai.

Belum tercapai ini juga ada kategorinya. Ada yang udah tahu pengin bisnis apa tapi belum ada modal beneran. Ada juga yang sebenarnya malas tapi malah beralasan gak punya modal.

Tahu gak sih kamu kalau gak sedikit bisnis sampingan atau usaha berbasis jasa yang bisa dilakukan tanpa keluar modal. Apalagi zaman sekarang teknologi udah canggih. Informasi kerja freelance bisa kamu dapatkan dengan mudah.

Seandainya toh kamu kekeuh berbisnis non jasa, modal pun bisa dicari lewat pinjaman bank. Mudah, kan?

3. Takut rugi ketika pengin bisnis atau investasi

penghasilan tambahan
Pengusaha dan investor yang sukses pasti pernah rugi. Kamu udah pernah belom? (Liputan 6)

Belum apa-apa udah mikirin rugi duluan. Ya kapan dapet untung besar bos.

Risiko dalam kerja sampingan, bisnis, atau investasi, tentunya ada. Sama aja seperti hidup yang gak jauh beda kayak prinsip roda, kadang di atas dan kadang di bawah.

Sekarang tinggal gimana kita bisa meminimalisir risiko itu dengan bertindak lebih cerdas. Demi penghasilan tambahan, mestinya kerugian-kerugian ini udah diantisipasi dari jauh-jauh hari.

Kalaupun benar-benar merugi, kamu kan karyawan yang masih punya gaji bulanan.

[Baca: Tanpa Modal, Ini 6 Peluang Usaha Online Berbasis Jasa]

4. Pengen punya penghasilan tambahan tapi gak tahu caranya

Cita-citanya sih pengin punya usaha kecil walau masih jadi karyawan, dan punya portfolio investasi reksadana serta saham. Tapi gak tahu nih caranya gimana.

Udah coba cari tahu belum? Jawabannya, belum. Terus kapan pengin cari tahu? Gak tahu kapan. Nah yang kayak gini-gini nih calon-calon susah punya penghasilan tambahan.

Kalau emang pengin dan niat, ya cari tahu dong. Di Internet udah banyak informasi yang beredar. Jangankan informasi, info kursus gratis pun bisa kamu cari di sana. Dari belajar jahit sampai digital marketing pun ada.

Kenapa masih malas mencari tahu? Jangan-jangan malasnya malas gerak alias mager aja kali nih?

5. Gaji udah cukup, tinggal belajar ngirit aja

Yakin tuh gaji udah cukup? Kalau cukup kenapa tiap bulan tetap bokek? Itu tandanya gaji numpang lewat doang bukan? Berapa rupiah yang udah kamu alokasikan buat investasi jangka panjang?

Sejatinya, seseorang emang bisa hidup tanpa kerja sampingan. Asalkan, pengeluarannya benar-benar terkontrol.

Ketika menabung dan investasi udah jadi fokus utamamu, maka gak usah khawatir deh gak ada kerja sampingan. Tapi kalau tiap akhir bulan tongpes alias kantong kempes melulu, itu tandanya kamu butuh penghasilan ekstra.

Mulai sekarang, cari tahu deh bisnis atau kerja sampingan yang cocok buatmu. Tentunya yang modalnya sesuai dengan kantong, dan yang kamu pahami jenis usahanya.

[Baca: Nyari Info Kursus, Semua Ada di 4 Situs atau Platform Ini]

6. Di kantor jadi supervisor, masa kerja sampingannya kasar? Malu dong

penghasilan tambahan
Tuh, Roni Dozer aja gak gengsi kok kalau harus jadi driver. Yang penting kerjanya halal (Viva)

Walah, mental kayak gini kalau dipelihara gawat lho. Gengsi itu gak baik apalagi soal cari penghasilan tambahan.

Kamu tahu artis Rony Dozer, kan? Setelah lama gak shooting, dia aktif jadi sopir taksi online lho. Dia pun blak-blakan mengatakan hal ini di media.

Menurutnya gak ada yang salah buat kerja sampingan seperti itu. Yang penting kan gak melanggar hukum.

Jadi masih mau memelihara enam mindset in, gak? Kalau gak pengin penghasilan tambahan ya gak apa-apa. Dilanjut aja. Tapi kalau pengin, maka buang jauh-jauh deh.

Selamat mencoba dan dapat uang dari penghasilan tambahan ya.

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.