Pengeluaran Banyak Saat Natal? Ini Cara Mengencangkan Kembali Dompet Kamu

3 menit
Pengeluaran Banyak Saat Natal? Ini Cara Mengencangkan Kembali Dompet Kamu, (Ilustrasi/Pixabay).

Banyak uang yang keluar ketika perayaan hari Natal? Saatnya nabung lagi nih biar dompet kamu makin tebal. Emang yang namanya merayakan hari Natal mau gak mau kamu bakal banyak pengeluaran.

Betul gak pernyataan di atas? Pasti benar deh. Ya, gimana gak, mau gak mau kamu mesti membeli segala perintilan demi meriahkan perayaan Natal. Mulai dari mendekor rumah dan pohon Natal, baju baru, sampai mempersiapkan kado buat sanak keluarga.

Belum lagi nih, namanya perayaan hari besar kamu pasti mau gak mau pengin perayaan yang berkesan banget. Yaitu tadi, mulai dari baju baru sampai beli kado buat orang terdekat. Gak cuma itu, jamuan di meja makan pastinya juga meriah banget nih.

Belum lagi nih mau menjelang tahun baru kamu pasti udah punya banyak rencana juga kan. Uang tabungan kamu selama setahun bisa-bisa berkurang, ya meskipun emang buat keperluan perayaan hari Natal.

Tapi gak ada salahnya kok, kamu mulai mengencangkan dompet kamu lagi biar makin tebal nih. Jangan sampai uang yang udah kamu tabung selama setahun gak bertambah. Bahkan, jangan sampai kamu keadaan uang kamu mengalami defisit.

Wah! Kalau hal itu sampai terjadi bisa-bisa merepotkan kamu banget nih. Amit-amit jangan sampai mengutang sana-sini yang ada gali lobang tutup lobang nih.

Jadi ada baiknya sih kamu memulai mengencangkan dompet kamu alias irit kembali. Siapa tahu di tahun depan kamu udah punya banyak rencana, misalkan investasi, liburan, atau mau memulai nyicil KPR.

Baca juga: Biar Impian Beli Rumah Cepat Terwujud, Ikuti 4 Tips Menabung Mudah Ini

Mau tahu gak sih apa aja yang mesti kamu lakukan buat bisa nabung lagi demi mengumpulkan uang yang udah banyak keluar. Gak ada salahnya lho mulai nabung kembali.

Ini nih cara yang paling oke banget buat kamu memulai nabung kembali. Biar uang kamu semakin bertambah dan hati pun senang. MoneySmart.id udah merangkum beberapa hal yang bisa kamu nabung kembali usai perayaan hari Natal. Yuk, kita lihat bareng-bareng di bawah ini:

1. Jangan tergiur dengan diskonan akhir tahun

Jangan pernah sekali-sekali melihat diskonan lagi yang ada kamu gak bisa nabung, (Ilustrasi/Pixabay).

Diskon akhir tahun emang bakal panjang lagi nih. Apalagi kemarin sebelum Natal kamu udah banyak belanja buat keperluan sendiri maupun dalam rumah.

Baca juga: Mau Liburan Saat Tahun Baru? Begini Cara Mudah Menabung yang Mudah

Menjelang pergantian akhir tahun biasanya nih bakal banyak banget promo maupun diskon yang bikin menggiurkan kamu. Jangan sekali-sekali buat melirik hal ini, diusahakan buat nabung ya uangnya.

2. Catat pengeluaran usai Natal kemarin

Catat pengeluaran kamu saat perayaan Natal kemarin dan mulai nabung ya, (Ilustrasi/Pixabay).

Nah, buat kamu yang kemarin belanja gila-gilaan demi merayakan hari Natal ada baiknya mencatat berapa banyak pengeluarannya kala itu. Usahakan kamu melihat seberapa besar pengeluaran kemarin ketika membeli baju baru maupun kado buat Natal.

Baca juga: Target Beli Mobil Tahun Depan? Ikuti 5 Tips Menabung Ini Biar Bisa Dapat Duit Banyak

Catat berapa banyak dan lihat seberapa banyak uang yang kamu keluarkan. Usahakan nabung kembali dengan cara menambal jumlah pengeluaran saat itu.

3. Jangan tergiur buat lari ke mesin ATM

Jangan sekali-sekali pergi ke mesin ATM demi tarik tunai itu bakal menambah pengeluaran kamu, (Ilustrasi/Pixabay).

Nah, ini juga bisa kamu lakukan biar bisa nabung kembali. Jangan pernah sekali-sekali buat lari ke mesin ATM buat melakukan tarik tunai.

Yang ada uang kamu dalam tabungan bakal semakin berkurang nih. Kamu mesti memikirkan rencana di tahun depan mau melakukan apa, jadi ada baiknya nabung usai perayaan Natal.

4. Jual barang-barang yang gak terpakai

Jual barang-barang yang gak terpakai demi bisa nabung kembali, (Ilustrasi/Pixabay).

Nah, cara ini juga bisa lho kamu lakukan demi nabung kembali. Dengan cara menjual barang-barang yang gak terpakai pastinya kamu bakal mendapatkan uang.

Uang hasil menjual barang-barang gak terpakai di rumah bisa kamu tabung ke dalam rekening. Jadi nabung sedikit-sedikit gak ada salahnya lho.

Nah, gimana nih melihat cara jitu di atas? Gak apa-apa sih kamu menikmati hasil kerja keras di akhir tahun ya dengan banyak belanja saat perayaan Natal. Asalkan kamu bisa mengatur kembali pengeluaran usai perayaan Natal. Yaitu tadi dengan cara nabung pelan-pelan demi menambah pundi-pundi di tabungan kamu.

Jadi meskipun kamu udah banyak pengeluaran saat perayaan Natal, ada baiknya nih mengencangkan kembali dompet biar bisa nabung. Siapa tahu di tahun depan banyak rencana yang bakal kamu lakukan, entah itu liburan atau pengin membeli sesuatu.

Atau juga bisa uang hasil nabung usai perayaan Natal ini digunakan buat dana darurat. Ya, semoga sih gak ada hal-hal yang gak mengenakkan nanti di tahun depan. Tapi gak ada salahny kamu memiliki pemikiran buat nabung kembali usai perayaan Natal. (Editor: Mahardian Prawira). 

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi ini perlahan mulai menyukai dan mempelajari dunia finansial, keuangan dan bisnis di era digital saat ini.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan