5 Cara Gampang Genjot Tabungan Supaya Bisa Traveling

2 menit
Ilustrasi Nabung Traveling (Shutterstock)
Ilustrasi Nabung Traveling (Shutterstock)

Jalan-jalan atau yang dikenal anak zaman sekarang traveling kini sudah menjadi gaya hidup yang booming. Apalagi saat ini media sosial sudah menjadi bagian dari kehidupan banyak orang.

Sehingga mengunggah konten yang menarik telah menjadi sebuah keharusan. Namun untuk bisa melakukan traveling gak jarang membutuhkan uang yang besar.

Tentu saja pilihan untuk menjadi pelancong tas ransel atau yang disebut juga backpacker, bisa menjadi opsi. Tapi yang perlu diketahui adalah tidak semua orang bisa menjadi backpacker.

Sebab membutuhkan tekad yang kuat dan tahan banting untuk melakukan perjalanan dengan budget minim. Pasalnya, kamu harus menyesuaikan akomodasi, makan, dan lain-lainnya berdasarkan budget terbatas yang dimiliki.

Biasanya orang yang memilih untuk menjadi backpacker adalah mereka yang ingin jalan-jalan dengan cara yang sederhana. Hal ini agar bisa mendapatkan sensasi menjelajah tempat baru atau karena memiliki budget yang terbatas.

Sehingga bisa jalan-jalan dengan lebih hemat. Tipe traveler pun ada banyak macamnya. Mulai dari yang memang pintar mengatur keuangan untuk menyisihkan sebagian pendapatan dan masih bisa bersosialisasi dengan teman.

Hingga yang rela tidak jajan sama sekali dan rela bawa bekal dari rumah tiap hari supaya bisa memiliki cukup uang untuk biaya traveling. Agar perjalananmu lebih menyenangkan dan nyaman, ada baiknya untuk menyisihkan sebagian pendapatan ke dalam tabungan khusus untuk traveling.

Lalu bagaimana caranya agar bisa menabung untuk biaya traveling tapi tetap bisa kumpul bersama teman? Kamu bisa mencoba beberapa cara di bawah ini, seperti dikutip dari Giladiskon.

1. Buat Budget Planning

Untuk memudahkanmu mengetahui berapa banyak uang yang bisa kamu sisihkan setiap bulannya, ada baiknya kamu membuat budget planning. Misalnya, kamu perlu menyisihkan Rp 2 juta untuk bayar kartu kredit setiap bulannya, Rp 1.5 juta untuk biaya transportasi ke kantor, dan lain-lain.

Dengan budget planning, kamu bisa mengetahui berapa lama harus menabung agar bisa memiliki biaya jalan-jalan ke destinasi yang diinginkan.

2. Kurangi Pengeluaran Gak Penting

Ya, yang ini memang tergolong agak sulit untuk dilakukan. Terkadang kamu tidak dapat memprediksi pengeluaran apa saja yang akan terjadi dalam sebulan.

Misalnya tiba-tiba kamu diajak makan di tempat yang agak mewah oleh teman kantor, atau nonton film keluaran terbaru. Oleh karena itu, budget planning akan berperan sangat penting.

Terutama dalam memastikan keuanganmu tetap terkendali walaupun ada keperluan yang mendadak. Ada kalanya kamu bisa menolak ajakan teman untuk pergi ke suatu tempat.

Tapi tentu hal itu tidak akan bisa bertahan lama karena akan merusak hubungan sosialmu dengan lingkungan sekitar. Oleh karenanya, salah satu alternatif yang bisa kamu lakukan adalah memanfaatkan promo atau diskon ketika membeli sesuatu.

Daripada benar-benar menghilangkan pengeluaran yang tidak penting. Hal ini dikarenakan jika kamu benar-benar menghilangkan pengeluaran yang tidak penting malah akan belanja semakin tidak terkendali.

Dengan memanfaatkan promo atau diskon, hubungan sosialmu tetap terjaga dan tetap bisa berhemat.

Di zaman yang sudah serba mudah ini, kamu bisa mencari promo atau diskon dimanapun. Karena telah banyak platform yang menyediakan informasi tersebut. Para penggila diskon pasti sudah tak asing dengan berbagai platform yang bisa membantu mereka untuk berhemat.

3. Cari Uang Tambahan

Setelah membuat budget planning dan memanfaatkan promo atau diskon agar bisa lebih berhemat dalam pengeluaran, kamu bisa mencoba cari uang tambahan. Hal ini untuk mempercepat tabunganmu terkumpul. Jika kamu memiliki kemampuan lainnya sangat disarankan untuk mencoba menjadi freelance untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Dengan begitu, tabungan traveling kamu akan  cepat bertambah.

Ayyi Hidayah
Ayyi Hidayah

Pecinta film yang senang berinvestasi. Menulis merupakan passion, menjadi perencana investasi merupakan panggilan hati