Gak Sampai Rp 600 Juta! Ini Mobil Murah Milik 5 Orang Terkaya di Dunia

4 menit
Gak Sampai Rp 600 Juta! Ini Mobil Murah Milik 5 Orang Terkaya di Dunia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak cuma Jeff Bezos, Warren Buffett, atau Mark Zuckerberg aja yang suka mengendarai mobil murah. Ternyata banyak miliuner lain di dunia ini yang punya kebiasaan memilih barang murah.

MoneySmart.id sempat merilis daftar lima orang terkaya di dunia yang mengendarai mobil murah. Sekarang kita bakal membahas nama-nama lain yang ternyata juga mengendarai mobil harganya gak sampai Rp 600 juta. Dan beberapa di antaranya juga masuk ke dalam jajaran orang terkaya di dunia.

Penasaran dengan nama-nama yang dimaksud? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah sini:

Baca juga: Serba Putih dan Ada yang Seharga Rp 3 Miliar, Ini Koleksi Mobil Verrel Bramasta

1. Michael Bloomberg

Michael Bloomberg memilih mengendarai mobil murah yang harganya gak lebih dari Rp 600 juta, (The New York Times).

Pebisnis sekaligus politisi asal Amerika Serikat yang memiliki kekayaan sebesar US$ 52,1 miliar atau Rp 734 triliun ini juga gemar mengendarai mobil murah. Bloomberg merupakan mantan wali kota New York dari tahun 2002 sampai 2014, sekaligus taipan media yang menduduki posisi 11 orang terkaya di dunia versi Forbes.

Sebagai crazy rich, Bloomberg juga terbilang sederhana. Dirinya hanya punya dua sepatu kerja yang digunakan selama 10 tahun. Sepatu itu pun digunakan saat dirinya masih menjabat sebagai Walikota New York lho!

Soal mobil, Bloomberg mengendarai Chevrolet Suburban yang saat itu ia beli di harga Rp 552 juta aja. Mobil SUV ini merupakan mobil terlarisnya Chevrolet yang udah ngetop di tahun 1930-an. Buat kita mungkin mahal tapi buat Bloomberg, ini sih mobil murah.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Honda 2019, Tampilkan Desain dan Model Kendaraan Kian Berkelas

2. Sergey Brin

Sergey Brin memiliki mobil murah yang harganya gak lebih dari Rp 600 jutaan, (www.ntv.ru)

Familiar dengan nama yang satu ini? Sergey Brin adalah orang terkaya ke-13 di dunia yang mengantongi kekayaan sebesar US$ 50,8 miliar atau setara dengan Rp 716 triliun. Brin saat ini menduduki posisi sebagai President Alphabet sebuah perusahaan induk dari Google.

Asal kamu tahu mesin pencarian internet yaitu mbah Google didirikan oleh Brin dan Larry Page pada 1998. Di tahun 2004, Google pun melantai di bursa saham dan mengubah nama holdingnya jadi Alphabet.

Bicara soal tunggangan, Brin juga mengendarai mobil yang tergolong murah untuk orang setajir dirinya. Mobil itu adalah mobil listrik Toyota Prius yang ia beli di harga Rp 435 juta.

Baca juga: Seharga Miliaran Rupiah, Ini Dua Mobil SUV yang Jadi Favorit Ahok

3. Larry Page

Larry Page mengendarai mobil yang gak mewah lebih dari Rp 600 juta, (9to5google.com).

Wah, ternyata partner Brin yaitu Larry Page juga menggemari mobil murah. Udah gitu, mobilnya juga sama-sama Toyota Prius.

Dalam daftar orang terkaya versi Forbes, Page menempati urutan ke-12 yang artinya berada di atas Brin. Total kekayaan beliau mencapai US$ 51,9 miliar atau setara dengan Rp 731 triliun.

Seru kali ya, uang banyak tapi mobil murah. Perawatan gak tekor, uangnya juga bisa digunakan buat yang lain. Beli properti misalnya atau liburan ke luar negeri.

4. Jack Ma

Jack Ma mengendarai mobil murah yang harganya gak lebih dari Rp 600 juta, (Yahoo).

Tunggangan dari orang terkaya di dunia urutan ke-20 ini juga merupakan sebuah mobil murah buatan Negeri Tirai Bambu. Mobil itu adalah crossover bermerk Roewe RX5 yang terbilang irit bensin.

Harganya juga gak mahal-mahal banget, yaitu cuma Rp 211 juta. Mobil ini diproduksi dalam dua varian, pertama adalah yang 1.500 cc dan satu lagi 2.000 cc.

Pendiri Ali Baba yang satu ini mengantongi kekayaan US$ 37,5 miliar atau setara dengan Rp 503 triliun. Selain jadi orang terkaya di dunia ke-20, Jack Ma juga masuk dalam daftar orang terkaya di China.

5. Jim Walton

Jim Walton lebih memilih mengendarai mobil murah meskipun dirinya tergolong orang terkaya di dunia, (topspeed.com).

Adik dari Alice Walton juga mengendarai Ford King Ranch jadul yang harganya Rp 500 jutaan. Sedangkan Jim mengendarai Dogde Dakota sebuah mobil double cabin yang ia beli seharga Rp 124 juta.

Jim merupakan orang terkaya di dunia urutan ke-14 yang mengantongi US$ 46,4 miliar atau setara dengan Rp 654 triliun. Walton bersaudara adalah pendiri Walmart yang kerap disebut sebagai keluarga terkaya sejagad.

Walmart didirikan Sam Walton pada tahun 1962 di Arkansas, Amerika Serikat. Intinya, konsep Walmart merupakan sebuah toko yang menjual barang lebih murah ketimbang gerai lainnya.

Tapi siapa sangka, berkat Walmart, Keluarga Walton dilaporkan memiliki kekayaan dari US$ 151,5 miliar – US$ 174,5 miliar. Kalau dirupiahkan, kekayaan keluarga ini mencapai Rp 2.149 triliun – atau setara dengan Rp 2.475 triliun.

Itu dia orang-orang terkaya di dunia yang mengendarai mobil murah di bawah Rp 600 juta. Sejatinya harga segitu memang gak ada apa-apanya buat mereka, tapi nyatanya mereka memandang kendaraan hanyalah sebagai alat transportasi aja bukan buat gaya atau meningkatkan status sosial.

Toh juga, orang kaya seperti mereka udah diakui kesuksesannya oleh banyak media. Buat apa pamer-pamer harta. Hal seperti ini bisa kamu contoh lho, meskipun kamu terbilang sukses dalam berkarier ada baiknya memilih kendaraan yang gak mahal-mahal amat. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.