Punya Karier Cemerlang, Najwa Shihab Inspirasi Banyak Perempuan Modern

4 menit
Punya Karier Cemerlang, Najwa Shihab Inspirasi Banyak Perempuan Modern, (Helda Sihombing/MoneySmart.id).

Acara “Perempuan Bintang Awards 2018” merupakan ajang penghargaan tahunan yang dilakukan oleh Tabloid Bintang Tempo. Tujuan acara tersebut adalah buat mengapresiasi tokoh perempuan Indonesia yang udah berkarya dan memberikan kontribusi buat Indonesia yang lebih baik.

Keterlibatan aktif dari semua elemen masyarakat sangat diperlukan buat mewujudkan impian Indonesia yang lebih baik. Nah, termasuklah peran perempuan dalam berbagai bidang yang saat ini emang juga udah banyak didominasi para Kartini zaman now.

Acara “Perempuan Bintang Awards 2018” sendiri diselenggarakan di Dian Ballroom Raffles Hotel Jakarta (18/12). Perhelatan tersebut dilaksanakan usai dilakukannya voting secara online dan menyaring nama-nama perempuan yang menginspirasi di berbagai bidang.

Terdapat sejumlah nama yang udah populer di tengah masyarakat. Misalnya aja, Susi Pudjiastuti, Sri Mulyani, dan Tri Rismaharini yang dinominasikan sebagai Bintang Pemerintahan. Kemudian juga ada nominasi Bintang Profesi yang terdiri mulai dari Ligwina Hartanto, Dewi Lestari, dan Najwa Shihab.

Baca juga: 8 Kutipan Cerdas Najwa Shihab Ini Dijamin Bangkitkan Semangat Anak Muda

Seenggaknya ada 10 kategori yang diangkat pada penghargaan tersebut. Mulai dari Bintang Pemerintahan, Bintang Profesi, Bintang Seni dan Budaya, Bintang Komunitas, Bintang Profesi, Bintang UKM, Bintang Olahraga, Bintang Ilmiah, Bintang Pengusaha, dan Bintang Muda.

Acara tersebut diramaikan oleh pertunjukan musik dari grup musik perempuan bernama Kamila. Kemudian, tamu undangan terdiri dari publik figur hingga komunitas.

Najwa Shihab jadi inspirasi para jurnalis perempuan

Najwa Shihab dan para peraih penghargaan “Perempuan Bintang Awards 2018”, (Helda Sihombing/MoneySmart.id).

Ditemui usai pengumuman pemenang salah satu kategori penghargaan Bintang Awards, Najwa Sihab menggandeng plakat dan piala. Dirinya memperoleh nih sebagai perempuan yang menginspirasi banget bagi jurnalis.

Nama Najwa Shihab emang udah terkenal banget sebagai perempuan yang menekuni profesi sebagai jurnalis.Kepintarannya dan mahirnya dalam menyampaikan informasi ke khalayak emang udah gak bisa dipungkiri lagi kemampuan Najwa Shihab.

Gak salah putri dari Quraish Shihab ini memperoleh salah satu nominasi di ajang “Perempuan Bintang Awards 2018″ semalam. Najwa yang dikenal salah satu pembaca berita dan jurnalis yang lantang saat membawakan acaranya, ibu satu anak ini juga memiliki pesona perempuan pintar banget.

Baca juga: Bukan Emas, Begini Cara Najwa Shihab Berinvestasi Jangka Panjang

Najwa berujar bahwa penghargaan ini jadi suntik vitamin buat dirinya. Mau tahu gak buat Najwa saat kamu menjalankan sebuah profesi emang mesti dari dalam hati.

“Yang jelas mendapatkan penghargaan atas profesi yang dicintai jadi kebahagiaan luar biasa. Saya jadi jurnalis baru 18 tahun. Sebetulnya kebahagiaan seorang jurnalis itu adalah bahwa ketika karyanya membawa dampak sekecilnya apapun untuk kemajuan bangsa. Dan mendapatkan penghargaan atas karya yang selama ini sudah dibakukan. Jadi, seperti suntikan semangat.” ujarnya.

Bagi Najwa Shihab banyak perempuan yang mampu jadi jurnalis berbobot

Para komunitas blogger yang hadir di acara “Perempuan Bintang Awards 2018” semalam, (Helda Sihombing/MoneySmart.id).

Najwa memberikan penjelasan mengenai profesi jurnalis. Plus, keunggulan perempuan buat menekuni profesi tersebut. Wanita kelahiran 1977 itu mengatakan bahwa perempuan punya kelebihan tersendiri saat terjun ke dunia jurnalistik.

Beberapa alasannya disebutkan dalam komentar Najwa berikut ini, “Saya melihat ada jurnalis-jurnalis perempuan yang punya kelebihan buat bisa memotret peristiwa tidak hanya sekadar 5W1H. Tetapi bisa menangkap mungkin yang apa yg tidak begitu jelas ditampakkan, mendengarkan, dan melihat lebih dalam,” tambahnya.

Istri Ibrahim Sjarief Assegaf pun kemudian menimpali beberapa tips agar sukses di bidang jurnalistik. Dia mengatakan bahwa dia banyak belajar dari senior-seniornya.

Baca juga: Keluar dari Zona Nyaman, Ini Perjalanan Najwa Shihab Rintis Narasi TV

Dirinya melihat gimana karya-karya para seniornya di bidang jurnalistik. Kemudian, Najwa juga menganjurkan agar sesama perempuan saling mendukung buat sama-sama sukses dalam mencapai tujuan hidup termasuk karier.

Melihat sepak terjang Najwa Shihab yang emang inspiratif, gak salah banyak orang menjadikan dia panutan. Ia pun sangat membebaskan banyak orang buat berkarier dan baginya, setiap individu punya kelebihannya masing-masing lho.

“Kalau kemudian apa yang kita lakukan bisa diakui kemudian bisa dijadikan patokan atau standar itu sesuatu yang membanggakan. Dan saya rasa setiap orang pasti akan punya ciri khas masing-masing,” tambahnya.

Di balik penampilannya yang serius, Najwa Shihab lebih suka dasteran dan nonton serial misteri

Najwa Shihab suka banget nonton serial misteri saat gak kerja, (Helda Sihombing/MoneySmart.id).

Buat kamu perempuan-perempuan zaman now yang pengin terjun ke dunia jurnalistik gak ada salahnya lho. Siapa tahu profesi ini bisa menjamin kamu dalam memiliki karier yang bagus banget di masa depan.

Kamu tahu gak di balik pekerjaanya yang serius dan selalu tampil rapih serta serius, Najwa Shihab punya cara buat menghabiskan waktunya lho. Mau tahu gak? Asal kamu tahu ya, Najwa Shihab itu suka banget sama yang namanya dasteran dan nonton serial televisi.

“Me time saya dasteran sambil nonton apa namanya nonton serial. Korea saya gak paham Korea. Saya sukanya itu misteri gitu, film-film misteri, kalau gak baca buku,” ungkapnya terbahak.

“Pokoknya dasteran sambil ngemil depan televisi atau depan laptop. Sekarang seringan depan laptop ya,” pungkasnya.

Tips-tips dari Najwa Shihab di atas bisa lho kamu terapkan dalam diri kamu demi mencapai karier yang oke banget. Dan gak ada salahnya kok kamu perempuan memiliki jabatan atau posisi strategis di semua instansi atau kantor.

Sejatinya, perempuan itu memiliki banyak kelebihan dan bisa sejajar dengan pria-pria yang juga memiliki karier bagus. Jadi buat kamu, jangan pernah patah semangat dan jangan merasa karena kamu perempuan kamu gak berhak mendapatkan kehidupan yang lebih baik. (Editor: Mahardian Prawira). 

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.